QAAF : 26-

الَّذِي جَعَلَ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ فَأَلْقِيَاهُ فِي الْعَذَابِ الشَّدِيدِ

TERJEMAH :

yang menyembah sembahan yang lain beserta Allah maka lemparkanlah dia ke dalam siksaan yang sangat “.

TAFSIR :

yang mempersekutukan Allah lalu menyembah sembahan yang lain dari makhluk-Nya beserta Allah. Maka lemparkanlah ia ke dalam adzab Jahannam yang sangat keras.

QAAF : 27-

قَالَ قَرِينُهُ رَبَّنَا مَا أَطْغَيْتُهُ وَلَكِن كَانَ فِي ضَلَالٍ بَعِيدٍ

TERJEMAH :

Yang menyertai dia berkata (pula) : ” Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh”.

TAFSIR :

Setannya yang menyertainya di dunia berkata, “Wahai Rabb kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada di jalan yang jauh dari jalan kebenaran.”

QAAF : 28-

قَالَ لَا تَخْتَصِمُوا لَدَيَّ وَقَدْ قَدَّمْتُ إِلَيْكُم بِالْوَعِيدِ

TERJEMAH :

Allah berfirman : ” Janganlah kamu bertengkar di hadapan-Ku, padahal sesungguhnya Aku dahulu telah memberikan ancaman kepadamu “.

TAFSIR :

Allah berfirman, : ”Janganlah kalian bertengkar di hadapanKu pada hari ini di tempat pembalasan dan hisab, karena tidak ada gunanya. Padahal sesungguhnya Aku dahulu telah memberikan ancaman kepada kalian sewaktu di dunia, bagi siapa yang kafir dan durhaka kepada-Ku”.

QAAF : 29-

مَا يُبَدَّلُ الْقَوْلُ لَدَيَّ وَمَا أَنَا بِظَلَّامٍ لِّلْعَبِيدِ

TERJEMAH :

Keputusan di sisi-Ku tidak dapat diubah dan Aku sekali-kali tidak menganiaya hamba-hamba-Ku

TAFSIR :

“Keputusan-Ku tidak dapat diubah, dan Aku tidak akan mengadzab seorang pun karena dosa orang lain, dan Aku tidak akan mengadzab seorang pun kecuali karena dosanya setelah ditegakkan hujjah atasnya.”

QAAF : 30-

يَوْمَ نَقُولُ لِجَهَنَّمَ هَلِ امْتَلَأْتِ وَتَقُولُ هَلْ مِن مَّزِيدٍ

TERJEMAH :

(Dan ingatlah akan) hari (yang pada hari itu) Kami bertanya kepada jahannam : ” Apakah kamu sudah penuh ?” Dia menjawab : ” Masih ada tambahan ?”

TAFSIR :

Sebutkanlah, wahai Rasul, kepada kaummu akan hari ketika Kami bertanya kepada Jahannam, yaitu Hari Kiamat, “Apakah kamu sudah penuh?” Jahannam menjawab, “Masih adakah tambahan dari golongan jin dan manusia?” Lalu Rabb meletakkan telapak kaki-Nya di dalamnya, lalu satu sama lain mengisut, dan Jahannam berkata, “Cukup, cukup,” yakni sudah cukup bagiku, “Aku sudah penuh, aku tidak bisa menambah lagi.”

TAFSIR AL-MUYASAR SURAT QAAF 26-30
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*