MUHAMMAD: 36-

إِنَّمَا الحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَإِن تُؤْمِنُوا وَتَتَّقُوا يُؤْتِكُمْ أُجُورَكُمْ وَلَا يَسْأَلْكُمْ أَمْوَالَكُمْ

TERJEMAH :

Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman dan bertakwa, Allah akan memberikan pahala keppadamu dan Dia tidak akan memint harta-hartamu.

TAFSIR :

Kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan tipu daya. Jika kalian berimankepada Allah dan rasul-Nya serta bertakwa kepada Allah dengan melaksanakan kewajiban-kewajiban dari-Nya dan menjauhi dari bermaksiat kepada-Nya, niscaya dia akan memberikan pahala amal kalian. Dia tidak meminta kalian mengeluarkan harta kalian seluruhnya untuk dizakatkan, tetapi Dia meminta kalian mengeluarkan sebagiannya.

MUHAMMAD: 37-

إِن يَسْأَلْكُمُوهَا فَيُحْفِكُمْ تَبْخَلُوا وَيُخْرِجْ أَضْغَانَكُمْ

TERJEMAH :

Jika Dia meminta harta kepadamu lalu mendesak kamu (supaya memberikan semuanya) niscaya kamu akan kikir dan Dia akan menampakkan kedengkianmu.

TAFSIR :

Jika Dia meminta harta kepada, dengan mendesak dan memaksa kalian, niscaya kalian akan kikir dan menghalanginya, serta akan tampak kedengkian yang ada dalam hati kalian, jika Dia meminta dari kalian apa yang kalian tidak suka mendermakannya.

MUHAMMAD: 38-

هَاأَنتُمْ هَؤُلَاء تُدْعَوْنَ لِتُنفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَمِنكُم مَّن يَبْخَلُ وَمَن يَبْخَلْ فَإِنَّمَا يَبْخَلُ عَن نَّفْسِهِ وَاللَّهُ الْغَنِيُّ وَأَنتُمُ الْفُقَرَاء وَإِن تَتَوَلَّوْا يَسْتَبْدِلْ قَوْمًا غَيْرَكُمْ ثُمَّ لَا يَكُونُوا أَمْثَالَكُمْ

TERJEMAH :

Ingatlah, kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan Allah. Maka di antara kamu ada yang kikir, dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang berkehendak (kepada-Nya); dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain; dan mereka tidak akan seperti kamu ini.

TAFSIR :

Ingatlah, hai orang-orang yang beriman, kalian ini di ajak menafkahkan harta untuk jihad melawan musuh Allah dan menolong agama-Nya. Di antara kalian ada orang yang kikir menafkahkan harta di jalan Allah. Barangsiapa yang kikir maka sesunggguhnya ia hanyalah kikir kepada terhadap dirinya sendiri. Allah Mahakaya tidak butuh kepada kalian, sedangkan kalian adalah orang–orang yang membutuhkan-Nya. Jika kalian berpaling dari keimanan kepada Allah dan melaksanakan perintah-Nya, niscaya Dia akan membinasakan kalian dan mengganti dengan kaum yang lain, kemudian mereka tidak akan seperti kalian dalam hal berpaling dari perintah Allah. Bahkan mereka menaati-Nya dengan harta dan jiwa.

Tafsir Al-Muyasar Surat Muhammad 31-35
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*