AZ-ZUKHRUF : 56-

فَجَعَلْنَاهُمْ سَلَفًا وَمَثَلًا لِلْآخِرِينَ

TERJEMAH :

dan Kami jadikan mereka sebagai pelajaran dan contoh bagi orang-orang yang kemudian.

TAFSIR :

Kami menjadikan orang-orang yang Kami tenggelamkan itu sebagai pendahulu bagi siapa yang melakukan perbuatan seperti perbuatan mereka dari kalangan orang-orang yang datang sesudah mereka, bahwa mereka pun akan mendapatkan adzab dan sekaligus pelajaran dan nasihat bagi yang lainnya.

AZ-ZUKHRUF : 57-

وَلَمَّا ضُرِبَ ابْنُ مَرْيَمَ مَثَلًا إِذَا قَوْمُكَ مِنْهُ يَصِدُّونَ

TERJEMAH :

Dan tatkala putra Maryam (Isa) dijadikan perumpamnaan tiba-tiba kaummu (Quraisy) bersorak karenanya.

TAFSIR :

Manakala orang-orang musyrikin menjadikan Isa putra Maryam sebagai perumpamaan ketika mereka mendebat Muhammad Shallallahu’alaihiwasallam dan berdalih atasnya dengan penyembahan orang-orang Nasrani kepada Isa, maka kaummu karena itu dan demi itu bersuara keras bersuka cita dan berbahagia. Hal itu manakala Allah menurunkan : “Sesungguhnya kalian dan apa yang kalian sembah selain Allah adalah kayu bakar api Neraka Jahanam. Kalian akan memasukinya.” Maka orang-orang musyrikin berkata : Kami rela bila Illah-Illah kami sama dengan Isa. Maka Allah menurunkan : “Sesungguhnya orang-orang yang telah Kami tetapkan kebaikan untuknya, mereka dijauhkan darinya.” Yang dimasukkan ke dalam api neraka dari Illah-Illah kaum musyrikin adalah yang merelakan disembah oleh para penyembahnya.

AZ-ZUKHRUF : 58-

وَقَالُوا أَآلِهَتُنَا خَيْرٌ أَمْ هُوَ مَا ضَرَبُوهُ لَكَ إِلَّا جَدَلًا بَلْ هُمْ قَوْمٌ خَصِمُونَ

TERJEMAH :

Dan mereka berkata: “Manakah yang lebih baik tuhan-tuhan kami atau dia (Isa)?” Mereka tidak memberikan perumpamaan itu kepadamu melainkan dengan maksud membantah saja, sebenarnya mereka adalah kaum yang suka bertengkar [1363].


[1363] Ayat 57 dan 58 di atas menceritakan kembali kejadian sewaktu Rasulullah membacakan di hadapan orang Quraisy ayat 98 Surat Al-Anbiya yang artinya “Sesungguhnya kamu dan yang kamu sembah selain Allah adalah kayu bakar Jahannam”. Maka seorang Quraisy bernama Abdullah bin Az Zab’ari menanyakan kepada Rasulullah  tentang keadaan Isa yang disembah orang Nasrani apakah beliau juga menjadi kayu bakar neraka Jahannam seperti halnya sembahan-sembahan mereka. Rasulullah terdiam dan merekapun mentertawakannya; lalu mereka menanyakan lagi mengenai mana yang lebih baik antara sembahan-sembahan mereka dengan Isa.  Pertanyaan-pertanyan mereka ini hanyalah mencari perbantahan saja, bukanlah mencari kebenaran. Jalan pikiran mereka itu adalah kesalahan yang besar. Isa bahwa beliau disembah dan tidak pula rela dijadikan sembahan.

TAFSIR :

Orang-orang musyrikin dari kaummu berkata wahai Rasul : Apakah tuhan-tuhan yang kami sembah ini lebih baik atau Isa yang disembah oleh kaumnya?? Bila Isa di dalam neraka, maka kami dan tuhan-tuhan kami juga di neraka. Mereka tidak membuat perumpamaan tersebut kecuali hanya untuk membantah, karena mereka adalah kaum yang selalu mendebat dengan kebatilan.

AZ-ZUKHRUF : 59-

إِنْ هُوَ إِلَّا عَبْدٌ أَنْعَمْنَا عَلَيْهِ وَجَعَلْنَاهُ مَثَلًا لِّبَنِي إِسْرَائِيلَ

TERJEMAH :

Isa tidak lain hanyalah seorang hamba yang Kami berikan kepadanya ni’mat (kenabian) dan Kami jadikan dia sebagai tanda bukti (kekuasaan Allah) untuk Bani lsrail [1364]


[1364] Ayat ini menegaskan pandangan Islam terhadap kedudukan lsa

TAFSIR :

Isa putra Maryam hanya seorang hamba yang telah Kami beri nikmat dengan derajat kenabian dan Kami menjadikannya sebagai bukti dan pelajaran bagi Bani Israil, bukti yang menetapkan kodrat Kami.

AZ-ZUKHRUF : 60-

وَلَوْ نَشَاء لَجَعَلْنَا مِنكُم مَّلَائِكَةً فِي الْأَرْضِ يَخْلُفُونَ

TERJEMAH :

Dan kalau Kami kehendaki benar-benar Kami jadikan sebagai gantimu di muka bumi malaikat-malaikat yang turun temurun.

TAFSIR :

Kalau Kami berkenan, niscaya Kami menjadikan sebagai ganti kalian para malaikat yang sebagian meneruskan sebagian yang lain sebagai ganti Bani Adam.

Tafsir Al-Muyasar Surat Az-Zukhruf Ayat 56-60
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*