ASY-SYUURAA: 26

وَيَسْتَجِيبُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَيَزِيدُهُم مِّن فَضْلِهِ وَالْكَافِرُونَ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيدٌ

TERJEMAH :

dan Dia memperkenankan (doa) orang-orang yang beriman serta mengerjakan amal yang saleh dan menambah (pahala) kepada mereka dari karunia-Nya. Dan orang-orang yang kafir bagi mereka azab yang sangat keras.

TAFSIR :

Dan orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya menjawab seruan Rasul-Nya dan mereka tunduk kepadanya. Dan Allah menambahkan taufik dan pelipatgandaan pahala dan balasan dengan karunia-Nya. Sedangkan orang-orang yang kafir kepada Allah dan Rasul-Nya akan memperoleh adzab yang keras lagi menyakitkan di Hari Kiamat.

ASY-SYUURAA: 27

وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَكِن يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَّا يَشَاء إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

TERJEMAH :

Dan jikalau Allah melapangkan rezki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.

TAFSIR :

Sekiranya Allah mengucurkan rizki-Nya kepada hamba-hamba dan melapangkannya, niscaya mereka akan berbuat kerusakan di muka bumi dengan kesombongan dan keangkuhan, sebagian dari mereka akan melanggar sebagian yang lain. Akan tetapi Allah menurunkan rizki-rizki mereka dengan kadar yang sesuai dengan kehendak-Nya yang bisa mencukupi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengenal kemaslahatan-kemaslahatan hamba-Nya, Maha Mengetahui bagaimana mengatur dan mengurusi perkara mereka.

Asbabun Nuzul :

Al-Hakim meriwayatkan dan dia menshahihkannya dari Ali berkata : Ayat 27 ini turun pada Ashhabus Shuffah. Hal itu karena mereka berkata : Kalau saja kita mempunyai. Mereka berharap dunia. Ath-Thabrani meriwayatkan senada dari Amru bin Huraits.

ASY-SYUURAA: 28

وَهُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِن بَعْدِ مَا قَنَطُوا وَيَنشُرُ رَحْمَتَهُ وَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ

TERJEMAH :

Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.

TAFSIR :

Hanya Allah semata yang bisa menurunkan hujan dari langit, dengannya Allah menolong manusia setelah mereka melupakan-Nya. Dia menebarkan rahmat-Nya di antara makhluk-Nya. Dia meratakan hujan kepada mereka. Dialah penolong yang mengurusi perkara hamba-hamba-Nya dengan kebaikan dan karunia-Nya, Maha Terpuji dalam pengaturan dan pertolongan-Nya.

ASY-SYUURAA: 29

وَمِنْ آيَاتِهِ خَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَثَّ فِيهِمَا مِن دَابَّةٍ وَهُوَ عَلَى جَمْعِهِمْ إِذَا يَشَاء قَدِيرٌ

TERJEMAH :

Di antara (ayat-ayat) tanda-tanda-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya.

TAFSIR :

Di antara tanda-tanda yang menunjukkan kebesaran Allah, kodrat dan kekuasaan-Nya adalah penciptaan langit dan bumi tanpa contoh sebelumnya, dan berbagai jenis hewan yang Dia terbarkan di muka bumi, dan Dia Mahakuasa untuk mengumpulkan seluruh makhluk setelah mereka semuanya mati di Hari Kiamat, tiada sesuatu pun yang sulit bagi Allah.

ASY-SYUURAA: 30

وَمَا أَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَن كَثِيرٍ

TERJEMAH :

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).

TAFSIR :

Musibah apa pun (wahai manusia) yang menimpa kalian pada agama dan dunia kalian maka ia diakibatkan oleh dosa-dosa dan kemaksiatan-kemaksiatan yang kalian lakukan. Dan Rabb akalian memaafkan banyak keburukan, sehingga Dia tidak menghukum kalian karenanya.

Tafsir Al-Muyasar Surat Asy-Syuuraa Ayat 26-30
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*