ASY-SYUURAA: 36-

فَمَا أُوتِيتُم مِّن شَيْءٍ فَمَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَمَا عِندَ اللَّهِ خَيْرٌ وَأَبْقَى لِلَّذِينَ آمَنُوا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

TERJEMAH :

Maka sesuatu yang diberikan kepadamu, itu adalah keni’matan hidup di dunia; dan yang ada pada sisi Allah lebih baik dan lebih kekal bagi orang-orang yang beriman, dan hanya kepada Tuhan mereka, mereka bertawakkal.

TAFSIR :

Apapun yang diberikan kepada kalian wahai manusia, baik berupa harta atau anak-anak atau lainnya maka ia adalah; kesenangan bagi kalian dalam hidup di dunia ini, ia akan lenyap dengan cepat. Sedangkan apa yang ada disisi Allah berupa kenikmatan surga yang langgeng adalah lebih baik bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan para utusan-Nya, dan mereka bertawakal kepada Rabb mereka.

ASY-SYUURAA: 37-

وَالَّذِينَ يَجْتَنِبُونَ كَبَائِرَ الْإِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ وَإِذَا مَا غَضِبُوا هُمْ يَغْفِرُونَ

TERJEMAH :

Dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan- perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf.

TAFSIR :

Dan orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar yang dilarang atas mereka, dan kemaksiatan-kemaksiatan yang buruk lagi jelek, bila mereka marah terhadap orang yang berbuat buruk kepada mereka, maka mereka memaafkan perbuatan buruk tersebut, tidak membalas pelaku keburukan, demi mencari pahala dan maaf dari Allah. Dan ini termasuk kemuliaan akhlak.

ASY-SYUURAA: 38-

وَالَّذِينَ اسْتَجَابُوا لِرَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَمْرُهُمْ شُورَى بَيْنَهُمْ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنفِقُونَ

TERJEMAH :

Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka.

TAFSIR :

Orang-orang yang menjawab seruan Rabbnya saat Dia mengajak mereka kepada tauhid dan ketaatan, mendirikan shalat-shalat wajib dengan batasan-batasan dan pada waktu-waktunya, bila.mereka hendak melakukan sesuatu maka mereka bermusyawarah terlebih dulu. Mereka menyedekahkan sebagian harta yang Kami berikan kepada mereka di jalan Allah. Mereka menunaikan hak-hak yang harus ditunaikan kepada yang berhak berupa zakat, nafkah dan bentuk-bentuk pemberian yang lain.

ASY-SYUURAA: 39-

وَالَّذِينَ إِذَا أَصَابَهُمُ الْبَغْيُ هُمْ يَنتَصِرُونَ

TERJEMAH :

Dan ( bagi) orang-orang yang apabila mereka diperlakukan dengan zalim mereka membela diri.

TAFSIR :

Dan orang-orang yang bila dizhalimi, maka mereka menuntut haknya kepada orang yang melanggarnya tanpa melampaui batas. Namun bila mereka bersabar, maka akibat kesabaran mereka mengandung kebaikan yang banyak.

ASY-SYUURAA: 40-

وَجَزَاء سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِّثْلُهَا فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

TERJEMAH :

Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa mema’afkan dan berbuat baik [1346] maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.


[1346] Yang dimaksud “berbuat baik” di sini ialah berbuat baik kepada orang yang berbuat jahat kepadanya.

TAFSIR :

Hukuman keburukan atas pelakunya adalah keburukan semisalnya tidak lebih. Namun barangsiapa yang memaafkan pelaku keburukan dan tidak menghukumnya, memperbaiki hubungan dirinya dengan pelaku yang dimaafkan tersebut demi mencari wajah Allah, maka pahala maafnya dijamin oleh Allah. Sesungguhnya Allah tidak menyintai orang-orang yang zhalim yang melakukan pelanggaran terhadap manusia, dan berbuat buruk kepada mereka.

Tafsir Al-Muyasar Surat Asy-Syuuraa Ayat 36-40
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*