AL-JAATSIYAH : 6-

تِلْكَ آيَاتُ اللَّهِ نَتْلُوهَا عَلَيْكَ بِالْحَقِّ فَبِأَيِّ حَدِيثٍ بَعْدَ اللَّهِ وَآيَاتِهِ يُؤْمِنُونَ

TERJEMAH :

Itulah ayat-ayat Allah yang Kami membacakannya kepadamu dengan sebenarnya; maka dengan perkataan manakah lagi mereka akan beriman sesudah (kalam) Allah dan keterangan-keterangan-Nya.

TAFSIR :

Ayat-ayat dan hujjah-hujjah ini, Kami bacakan kepadamu (wahai Rasul) dengan benar. Lalu kepada pembicaraan apa setelah Allah, ayat-ayat-Nya serta dalil-dalil-Nya yang menunjukkan bahwa Dia adalah Illah yang haq semata, tiada sekutu bagi-Nya, mereka akan beriman, membenarkan dan mengamalkan??

AL-JAATSIYAH : 7-

وَيْلٌ لِّكُلِّ أَفَّاكٍ أَثِيمٍ

TERJEMAH :

Kecelakaan besarlah bagi tiap-tiap orang yang banyak berdusta lagi banyak berdosa,

TAFSIR :

Kebinasaan besar atas setiap pembual lagi pendosa.

AL-JAATSIYAH : 8-

يَسْمَعُ آيَاتِ اللَّهِ تُتْلَى عَلَيْهِ ثُمَّ يُصِرُّ مُسْتَكْبِرًا كَأَن لَّمْ يَسْمَعْهَا فَبَشِّرْهُ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

TERJEMAH :

dia mendengar ayat-ayat Allah dibacakan kepadanya kemudian dia tetap menyombongkan diri seakan-akan dia tidak mendengarnya. Maka beri khabar gembiralah dia dengan azab yang pedih.

TAFSIR :

Dia mendengar ayat-ayat Allah dibacakan kepadanya, kemudian dia tetap bersikukuh di atas kekufurannya dan menyombongkan diri sehingga menolak untuk tunduk kepada Allah dan Rasul-Nya, seolah-olah dia tidak mendengar ayat-ayat Allah yang dibacakan kepadanya. Sampaikan kepada pendusta lagi pendosa ini (wahai Rasul) berita gembira, yaitu adzab yang pedih dan menyakitkan di dalam Neraka Jahanam di Hari Kiamat.

AL-JAATSIYAH : 9-

وَإِذَا عَلِمَ مِنْ آيَاتِنَا شَيْئًا اتَّخَذَهَا هُزُوًا أُوْلَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُّهِينٌ

TERJEMAH :

Dan apabila dia mengetahui barang sedikit tentang ayat-ayat Kami, maka ayat-ayat itu dijadikan olok-olok. Merekalah [1383] yang memperoleh azab yang menghinakan.


[1383] Maksudnya: Orang-orang yang banyak berdusta dan berdosa yang tersebut dalam ayat 7 di atas.

TAFSIR :

Bila pendusta lagi pendosa ini mengetahui sebagian dari ayat-ayat Kami, maka dia akan menjadikannya bahan olok-olokan dan hinaan. Mereka akan mendapatkan adzab yang merendahkan dan menghinakan mereka di Hari Kiamat sebagai balasan atas penghinaan mereka terhadap al-Qur’an.

AL-JAATSIYAH : 10-

مِن وَرَائِهِمْ جَهَنَّمُ وَلَا يُغْنِي عَنْهُم مَّا كَسَبُوا شَيْئًا وَلَا مَا اتَّخَذُوا مِن دُونِ اللَّهِ أَوْلِيَاء وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ

TERJEMAH :

Di hadapan mereka neraka Jahannam dan tidak akan berguna bagi mereka sedikitpun apa yang telah mereka kerjakan, dan tidak pula berguna apa yang mereka jadikan sebagai sembahan-sembahan (mereka) dari selain Allah. Dan bagi mereka azab yang besar.

TAFSIR :

Di depan orang-orang yang menghina al-Qur’an itu adalah Jahanam, harta dan anak yang mereka miliki tidak berguna bagi mereka sedikit pun, tidak pula tuhan-tuhan yang mereka sembah selain Allah. Bagi mereka adzab yang besar dan menyakitkan.

Tafsir Al-Muyasar Surat Al- Jaatsiyah Ayat 6-10
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*