AL-JAATSIYAH : 11-

هَذَا هُدًى وَالَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِ رَبِّهِمْ لَهُمْ عَذَابٌ مَّن رِّجْزٍ أَلِيمٌ

TERJEMAH :

Ini (Al Qur’an) adalah petunjuk. Dan orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Tuhannya bagi mereka azab yaitu siksaan yang sangat pedih.

TAFSIR :

Al-Qur’an yang Kami turunkan kepadamu ini (wahai Rasul) adalah petunjuk dari kesesatan, dalil kepada kebenaran; membimbing orang yang mengikuti dan mengamalkannya ke jalan yang lurus. Sedangkan orang-orang yang mengingkari apa yang ada di dalam al-Qur’an berupa ayat-ayat yang menunjukkan kepada kebenaran dan tidak membenarkannya, bagi mereka adzab yang pedih lagi menyakitkan, termasuk ke dalam adzab yang paling buruk di Hari Kiamat.

AL-JAATSIYAH : 12-

اللَّهُ الَّذِي سخَّرَ لَكُمُ الْبَحْرَ لِتَجْرِيَ الْفُلْكُ فِيهِ بِأَمْرِهِ وَلِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

TERJEMAH :

Allah-lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizin-Nya dan supaya kamu dapat mencari karunia -Nya dan mudah-mudahan kamu bersyukur.

TAFSIR :

Allah adalah yang menundukkan lautan bagimu sehingga bahtera-bahtera bisa berjalan diatasnya dengan perintah-Nya, agar kalian bisa mencari karunia-Nya melalui berbagai bentuk perniagaan dan mata usaha. Dan agar kalian bersyukur kepada Rabb kalian karena Dia telah menundukkan hal itu untuk kalian, sehingga kalian hanya menyembah Dia semata dan menaati-Nya dalam apa yang Dia perintahkan kepada kalian dan apa yang Dia larang.

AL-JAATSIYAH : 13-

وَسَخَّرَ لَكُم مَّا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا مِّنْهُ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لَّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

TERJEMAH :

Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir.

TAFSIR :

Dia menundukkan untuk kalian segala apa yang ada di langit berupa matahari, rembulan dan bintang-bintang, dan apa yang ada di bumi berupa hewan, pohon, bahtera dan lain-lainnya untuk manfaat kalian. Seluruh nikmat ini merupakan karunia dari Allah semata, Dia melimpahkannya kepada kalian sebagai nikmat, memberikannya kepada kalian sebagai karunia, maka hanya kepada-Nya-lah hendaknya kalian beribadah, jangan mengangkat sekutu bagi-Nya. Sesungguhnya dalam apa yang Dia tundukkan mengandung bukti-bukti dan petunjuk-petunjuk atas keesaan Allah bagi kaum yang merenungkan ayat-ayat, hujjah-hujjah dan dalil-dalil Allah, lalu mereka mengambil pelajaran darinya.

AL-JAATSIYAH : 14-

قُل لِّلَّذِينَ آمَنُوا يَغْفِرُوا لِلَّذِينَ لا يَرْجُون أَيَّامَ اللَّهِ لِيَجْزِيَ قَوْمًا بِما كَانُوا يَكْسِبُونَ

TERJEMAH :

Katakanlah kepada orang-orang yang beriman hendaklah mereka memaafkan orang-orang yang tiada takut hari-hari Allah [1384] karena Dia akan membalas sesuatu kaum terhadap apa yang telah mereka kerjakan.


[1384] Yang dimaksud hari-hari Allah ialah hari-hari di waktu Allah menimpakan siksaan-siksaan kepada mereka.

TAFSIR :

Katakanlah (wahai Rasul) kepada orang-orang yang membenarkan Allah dan mengikuti Rsul-Nya agar mereka memaafkan dan memaklumi orang-orang yang tidak berharap pahala Allah dan tidak takut kepada hukuman-Nya, bila mereka menimpakan gangguan dan hal-hal yang dibenci kepada orang-orang yang beriman. Karena Allah akan membalas orang-orang musyrikin itu dengan apa yang mereka lakukan di dunia, berupa dosa-dosa dan menyakiti orang-orang beriman.

AL-JAATSIYAH : 15-

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا فَلِنَفْسِهِ وَمَنْ أَسَاء فَعَلَيْهَا ثُمَّ إِلَى رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

TERJEMAH :

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, maka itu adalah untuk dirinya sendiri, dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan, maka itu akan menimpa dirinya sendiri, kemudian kepada Tuhanmulah kamu dikembalikan.

TAFSIR :

Barangsiapa dari hamba-hamba Allah yang beramal shalih dan menaati-Nya, maka untuk dirinya sendiri dia beramal. Barangsiapa yang amal perbuatannya di dunia ini buruk dengan sering bermaksiat kepada Allah, maka dia hanya melakukan kejahatan atas dirinya. Kemudian kalian (wahai manusia) akan berjalan menuju Rabb kalian setelah kematian kalian, lalu Dia membalas orang yang berbuat baik dengan kebaikannya dan orang yang berbuat buruk dengan keburukannya.

Tafsir Al-Muyasar Surat Al- Jaatsiyah Ayat 11-15
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*