AL-JAATSIYAH : 1-

حم

TERJEMAH :

Haa Miim [1382]


[1382] Lihat not 10.

TAFSIR :

Haa, miim. Pembicaraan huruf-huruf terpenggal telah hadir di awal surat al-Baqarah.

AL-JAATSIYAH : 2-

تَنزِيلُ الْكِتَابِ مِنَ اللَّهِ الْعَزِيزِ الْحَكِيمِ

TERJEMAH :

Kitab (ini) diturunkan dari Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

TAFSIR :

Al-Qur’an ini diturunkan dari Allah yang Mahaperkasa, dalam pembalasan-Nya terhadap musuh-musuh-Nya, Maha Bijaksana dalam pengaturan dan penciptaan-Nya.

AL-JAATSIYAH : 3-

إِنَّ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَآيَاتٍ لِّلْمُؤْمِنِينَ

TERJEMAH :

Sesungguhnya pada langit dan bumi benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk orang-orang yang beriman.

TAFSIR :

Sesungguhnya langit yang tujuh dan bumi sebagai asal-usul manusia, berikut makhluk-makhluk yang ada padanya dengan keanekaragaman jenisnya merupakan bukti dan hujjah bagi orang-orang yang beriman.

AL-JAATSIYAH : 4-

وَفِي خَلْقِكُمْ وَمَا يَبُثُّ مِن دَابَّةٍ آيَاتٌ لِّقَوْمٍ يُوقِنُونَ

TERJEMAH :

Dan pada penciptakan kamu dan pada binatang-binatang yang melata yang bertebaran (di muka bumi) terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk kaum yang meyakini,

TAFSIR :

Pada penciptaan kalian (wahai manusia) dan penciptaan makhluk-makhluk lainnya yang melata di muka bumi merupakan hujjah-hujjah dan dalil-dalil bagi kaum yang meyakini Allah dan syariat-Nya.

AL-JAATSIYAH : 5-

وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَمَا أَنزَلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاء مِن رِّزْقٍ فَأَحْيَا بِهِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ آيَاتٌ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

TERJEMAH :

dan pada pergantian malam dan siang dan hujan yang diturunkan Allah dari langit lalu dihidupkan-Nya dengan air hujan itu bumi sesudah matinya; dan pada perkisaran angin terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berakal.

TAFSIR :

Pada perbedaan malam dengan siang dan pergantian keduanya, hujan yang Allah turunkan dari langit lalu dengannya Dia menghidupkan bumi setelah sebelumnya ia kering, lalu ia pun bergerak dengan tumbuhnya tanaman dan pohon-pohonan, berhembusnya angin untuk kalian dari segala arah dan pengaturannya untuk manfaat kalian, semua itu mengandung bukti-bukti dan hujjah-hujjah bagi kaum yang memahami hujjah-hujjah dan bukti-bukti Allah.

Tafsir Al-Muyasar Surat Al- Jaatsiyah Ayat 1-5
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*