AL-JAATSIYAH : 31-

وَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُوا أَفَلَمْ تَكُنْ آيَاتِي تُتْلَى عَلَيْكُمْ فَاسْتَكْبَرْتُمْ وَكُنتُمْ قَوْمًا مُّجْرِمِينَ

TERJEMAH :

Dan adapun orang-orang yang kafir (kepada mereka dikatakan): “Maka apakah belum ada ayat-ayat Ku yang dibacakan kepadamu lalu kamu menyombongkan diri dan kamu jadi kaum yang berbuat dosa?”

TAFSIR :

Adapun orang-orang yang mengingkari bahwa Allah adalah Illah yang haq, mendustakan utusan-utusan-Nya dan tidak mengamalkan syariat-Nya, maka dikatakan kepada mereka sebagai pengingkaran dan perendahan : Bukankah ayat-ayat-Ku telah dibacakan kepada kalian di dunia, lalu kalian menyombongkan diri sehingga kalian tidak mendengarnya dan tidak mau beriman kepadanya, dan kalian adalah kaum yang musyrik yang melakukan kemaksiatan-kemaksiatan dan tidak beriman kepada pahala dan hukuman??

AL-JAATSIYAH : 32-

وَإِذَا قِيلَ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ لَا رَيْبَ فِيهَا قُلْتُم مَّا نَدْرِي مَا السَّاعَةُ إِن نَّظُنُّ إِلَّا ظَنًّا وَمَا نَحْنُ بِمُسْتَيْقِنِينَ

TERJEMAH :

Dan apabila dikatakan (kepadamu): “Sesungguhnya janji Allah itu adalah benar dan hari berbangkit itu tidak ada keraguan padanya”, niscaya kamu menjawab: “Kami tidak tahu apakah hari kiamat itu, kami sekali-kali tidak lain hanyalah menduga-duga saja dan kami sekali-kali tidak meyakini(nya)”.

TAFSIR :

Bila dikatakan kepada kalian : Sesungguhnya janji Allah untuk membangkitkan manusia dari kubur mereka adalah haq, dan bahwa Kiamat tidak ada keraguan padanya, Maka kalian akan menjawab : Kami tidak tahu apa itu Kiamat/? Kami tidak yakin ia akan terjadi kecuali dugaan lemah saja. Kami tidak yakin bahwa Kiamat akan datang.

AL-JAATSIYAH : 33-

وَبَدَا لَهُمْ سَيِّئَاتُ مَا عَمِلُوا وَحَاقَ بِهِم مَّا كَانُوا بِهِ يَسْتَهْزِؤُون

TERJEMAH :

Dan nyatalah bagi mereka keburukan-keburukan dari apa yang mereka kerjakan dan mereka diliputi oleh (azab) yang mereka selalu memperolok-olokkannya.

TAFSIR :

Dan nampak bagi orang-orang musyrikin yang dulu di dunia mendustakan ayat-ayat Allah apa yang mereka kerjakan di dunia berupa perbuatan-perbuatan buruk. Adzab Allah turun menimpa mereka sebagai balasan atas apa yang mereka tertawakan.

AL-JAATSIYAH : 34-

وَقِيلَ الْيَوْمَ نَنسَاكُمْ كَمَا نَسِيتُمْ لِقَاء يَوْمِكُمْ هَذَا وَمَأْوَاكُمْ النَّارُ وَمَا لَكُم مِّن نَّاصِرِينَ

TERJEMAH :

Dan dikatakan (kepada mereka): “Pada hari ini Kami melupakan kamu sebagaimana kamu telah melupakan pertemuan (dengan) harimu ini dan tempat kembalimu ialah neraka dan kamu sekali-kali tidak memperoleh penolong”.

TAFSIR :

Dikatakan kepada orang-orang kafir itu : Hari ini Kami membiarkan kalian dalam adzab Jahanam, sebagaimana kalian tidak beriman kepada Rabb kalian dan tidak beramal untuk menghadapi hari kalian ini. Tempat tinggal kalian adalah Neraka Jahanam, kalian tidak memiliki penolong-penolong yang membantu kalian dari adzab Allah.

AL-JAATSIYAH : 35-

ذَلِكُم بِأَنَّكُمُ اتَّخَذْتُمْ آيَاتِ اللَّهِ هُزُوًا وَغَرَّتْكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا فَالْيَوْمَ لَا يُخْرَجُونَ مِنْهَا وَلَا هُمْ يُسْتَعْتَبُونَ

TERJEMAH :

Yang demikian itu, karena sesungguhnya kamu menjadikan ayat-ayat Allah sebagai olok-olokan dan kamu telah ditipu oleh kehidupan dunia, maka pada hari ini mereka tidak dikeluarkan dari neraka dan tidak pula mereka diberi kesempatan untuk bertaubat.

TAFSIR :

Adzab Allah yang menimpa kalian ini disebabkan karena kalian menjadikan ayat-ayat Allah dan hujjah-hujjah sebagai bahan penghinaan dan permainan, dan kehidupan dunia berikut kenikmatannya telah mengecoh kalian. Hari ini kalian tidak dikeluarkan dari neraka dan mereka juga tidak dikembalikan ke dunia untuk bertaubat dan beramal shalih.

AL-JAATSIYAH : 36-

فَلِلَّهِ الْحَمْدُ رَبِّ السَّمَاوَاتِ وَرَبِّ الْأَرْضِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

TERJEMAH :

Maka bagi Allah-lah segala puji, Tuhan langit dan Tuhan bumi, Tuhan semesta alam.

TAFSIR :

Hanya milik Allah semata segala pujian atas nikmat-nikmat-Nya yang tidak terhitung atas makhluk-Nya, Rabb langit dan bumi, pencipta keduanya dan pengatur keduanya, Rabb seluruh makhluk.

AL-JAATSIYAH : 37-

وَلَهُ الْكِبْرِيَاء فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

TERJEMAH :

Dan bagi-Nyalah keagungan di langit dan bumi, Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

TAFSIR :

Hanya milik-Nya semata segla keagungan, kebesaran,kesombongan,kekuasaan, kodrat dan kesempurnaan di langit dan di bumi. Dia-lah yang Mahaperkasa yang tidak terkalahkan, Maha Bijaksana dalam perkataan-perkataan, perbuatan-perbuatan, takdir dan syariat-Nya. Mahatinggi lagi Mahasuci Allah, tiada Illah yang haq selain-Nya.

Tafsir Al-Muyasar Surat Al- Jaatsiyah Ayat 31-37
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*