AL-JAATSIYAH : 26-

قُلِ اللَّهُ يُحْيِيكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يَجْمَعُكُمْ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ لَا رَيبَ فِيهِ وَلَكِنَّ أَكَثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Allah-lah yang menghidupkan kamu kemudian mematikan kamu, setelah itu mengumpulkan kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya; akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

TAFSIR :

Katakanlah (wahai Rasul) kepada orang-orang musyrikin yang mendustakan kebangkitan : Allah telah menghidupkan kalian di dunia dengan kehidupan yang dikehendaki-Nya, kemudian Dia mematikan kalian padanya, kemudian mengumpulkan kalian semuanya dalam keadaan hidup di Hari Kiamat yang tidak diragukan. Akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui kodrat Allah untuk mematikan mereka, kemudian membangkitkan mereka di Hari Kiamat.

AL-JAATSIYAH : 27-

وَلَلَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرضِ وَيَومَ تَقُومُ السَّاعَةُ يَوْمَئِذٍ يَخْسَرُ الْمُبْطِلُونَ

TERJEMAH :

Dan hanya kepunyaan Allah kerajaan langit dan bumi. Dan pada hari terjadinya kebangkitan, akan rugilah pada hari itu orang-orang yang mengerjakan kebathilan.

TAFSIR :

Dan milik Allah kekusaaan langit yang tujuh dan bumi, penciptaan, kepemilikan dan penghambaan. Di hari di mana Kiamat tiba di mana saat itu orang-orang yang mati dibangkitkan dari kubur mereka dan dihisab, di hari itu merugilah orang-orang yang kafir kepada Allah yang mengingkari ayat-ayat Allah yang terang dan bukti-bukti-Nya yang nyata yang Dia turunkan kepada Rasul-Nya.

AL-JAATSIYAH : 28-

وَتَرَى كُلَّ أُمَّةٍ جَاثِيَةً كُلُّ أُمَّةٍ تُدْعَى إِلَى كِتَابِهَا الْيَوْمَ تُجْزَوْنَ مَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

TERJEMAH :

Dan (pada hari itu) kamu lihat tiap-tiap umat berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya. Pada hari itu kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan.

TAFSIR :

Kamu melihat (wahai Rasul) di saat Kiamat tiba, setiap pengikut agama berdiam diri di atas lutut mereka. Setiap umat akan dipanggil kepada buku catatan amalnya, dan kepada mereka dikatakan : Hari ini kalian akan diberi balasan sesuai dengan apa yang kalian kerjakan, baik atau buruk.

AL-JAATSIYAH : 29-

هَذَا كِتَابُنَا يَنطِقُ عَلَيْكُم بِالْحَقِّ إِنَّا كُنَّا نَسْتَنسِخُ مَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

TERJEMAH :

(Allah berfirman): “Inilah kitab (catatan) Kami yang menuturkan terhadapmu dengan benar. Sesungguhnya Kami telah menyuruh mencatat apa yang telah kamu kerjakan”.

TAFSIR :

Ini adalah kitab Kami yang berbicara atas kalian dengan segala amal perbuatan kalian tanpa tambahan dan pengurangan. Sesungguhnya Kami memerintahkan para malaikat penjaga agar mencatat amal perbuatan kalian.

AL-JAATSIYAH : 30-

فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَيُدْخِلُهُمْ رَبُّهُمْ فِي رَحْمَتِهِ ذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْمُبِينُ

TERJEMAH :

Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh maka Tuhan mereka memasukkan mereka ke dalam rahmat-Nya (surga). Itulah keberuntungan yang nyata.

TAFSIR :

Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya di dunia, menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, maka Allah akan memasukkan mereka ke Surga dengan rahmat-Nya. Dan masuknya mereka ke dalamnya adalah kemenangan yang nyata yang tidak ada kemenangan lagi sesudahnya.

Tafsir Al-Muyasar Surat Al- Jaatsiyah Ayat 26-30
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*