AL-AHQAAF: 1-

حم

TERJEMAH :

Haa Miim [1386].


[1386] Lihat not 10.

TAFSIR :

Haa Miim. Pembicaraan tentang potongan huruf-huruf ini telah dikemukakan diawal surat al-Baqarah.

AL-AHQAAF: 2-

تَنْزِيلُ الْكِتَابِ مِنَ اللَّهِ الْعَزِيزِ الْحَكِيمِ

TERJEMAH :

Diturunkan Kitab ini dari Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

TAFSIR :

Kitab ini diturunkan dari Allah Yang Mahaperkasa yang tidak terkalahkan, lagi maha bijaksana dalam pengaturan dan perbuatan-Nya.

AL-AHQAAF: 3-

مَا خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَجَلٍ مُّسَمًّى وَالَّذِينَ كَفَرُوا عَمَّا أُنذِرُوا مُعْرِضُونَ

TERJEMAH :

Kami tiada menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan dalam waktu yang ditentukan. Dan orang-orang yang kafir berpaling dari apa yang diperingatkan kepada mereka.

TAFSIR :

Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya melainkan dengan tujuan yang benar, tidak main-main dan sia-sia; dan supaya tujuannya supaya para hamba mengetahui keagungan pencipta keduanya lalu mereka menyembah-Nya semata, mengetahui keagungan pencipta keduanya lalu mereka menyembah-Nya semata, mengetahui bahwa Dia Mahakuasa untuk mengembalikan para hamba setelah kematian mereka, dan agar mereka menegakkan kebenaran dan keadilan di antara mereka, sampai pada batas waktu yang ditentukan di sisi-Nya. Dan orang-orang yang mengingkari bahwa Allah-lah sesembahan yang haq berpaling dari apa yang diperingatkan oleh al-Qur’an kepada mereka, mereka tidak mengambil pelajaran dan tidak pula berpikir.

AL-AHQAAF: 4-

قُلْ أَرَأَيْتُم مَّا تَدْعُونَ مِن دُونِ اللَّهِ أَرُونِي مَاذَا خَلَقُوا مِنَ الْأَرْضِ أَمْ لَهُمْ شِرْكٌ فِي السَّمَاوَاتِ اِئْتُونِي بِكِتَابٍ مِّن قَبْلِ هَذَا أَوْ أَثَارَةٍ مِّنْ عِلْمٍ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Terangkanlah kepadaku tentang apa yang kamu sembah selain Allah; perlihatkan kepada-Ku apakah yang telah mereka ciptakan dari bumi ini atau adakah mereka berserikat (dengan Allah) dalam (penciptaan) langit? Bawalah kepada-Ku Kitab yang sebelum (Al Qur’an) ini atau peninggalan dari pengetahuan (orang- orang dahulu), jika kamu adalah orang-orang yang benar”

TAFSIR :

Katakanlah, -wahai Rasul- kepada orang-orang kafir itu, “Terangkanlah kepadaku tentang sembahan-sembahan dan berhala-berhala yang kalian sembah selain Allah, perhatikanlah kepadaku apakah yang telah mereka ciptakan dari bumi ini, atau apakah mereka memiliki bagian (saham) bersama Allah dalam penciptaan langit ? bawalah kepadaku kitab dari sisi Allah sebelum Al-Qur’an ini atau peninggalan dari ilmu pengetahuan, jika memeang kalian adalah orang-orang yang benar dalam persangkaan kalian.

AL-AHQAAF: 5-

وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّن يَدْعُو مِن دُونِ اللَّهِ مَن لَّا يَسْتَجِيبُ لَهُ إِلَى يَومِ الْقِيَامَةِ وَهُمْ عَن دُعَائِهِمْ غَافِلُونَ

TERJEMAH :

Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyembah sembahan-sembahan selain Allah yang tiada dapat memperkenankan (do’a) nya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari (memperhatikan) do’a mereka?

TAFSIR :

Tidak ada yang lebih sesat dan lebih jahil dari pada orang yang menyembah sesembahan-sesembahan selai  Allah yang tiada dapat memperkenankan do’anya selama-lamanya; karena sembahan-sembahan itu berupa orang-orang yang sudah mati, batu, pohon dan sebagainya, sedangkan mereka sendiri lalai dari memperhatikan doa orang-orang yang menyembah mereka, tidak mampu memberikan manfaat atau menolak mudhorot dari mereka.

Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Ahqaaf 1-5
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*