TAFSIR AL-MUYASAR SURAT AL-HASYR 16-20

AL-HASYR : 16

كَمَثَلِ الشَّيْطَانِ إِذْ قَالَ لِلْإِنسَانِ اكْفُرْ فَلَمَّا كَفَرَ قَالَ إِنِّي بَرِيءٌ مِّنكَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ رَبَّ الْعَالَمِينَ

TERJEMAHAN :

(Bujukan orang-orang munafik itu adalah) seperti (bujukan) shaitan ketika dia berkata kepada manusia: “Kafirlah kamu”, maka tatkala manusia itu telah kafir, maka ia berkata: “Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu, karena sesungguhnya aku takut kepada Allah, Rabb semesta Alam”.

TAFSIR :

Permisalan orang-orang munafik itu, dalam hal membujuk kaum Yahudi supaya mau berperang dan menjanjikan mereka kemenangan atas Rasulullah, adalah seperti bujukan setan, ketika menjadikan manusia memandang baik kekafiran dan mengajaknya kepadanya. Lalu ketika manusia itu telah kafir, makai a berkata : Sesungguhnya aku berlepas diri darimu. Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Rabb semesta alam.

AL-HASYR : 17

فَكَانَ عَاقِبَتَهُمَا أَنَّهُمَا فِي النَّارِ خَالِدَيْنِ فِيهَا وَذَلِكَ جَزَاء الظَّالِمِينَ

TERJEMAHAN :

Maka adalah kesudahan keduanya, bahwa sesungguhnya keduanya (masuk) ke dalam neraka, mereka kekal di dalamnya. Demikianlah balasan orang-orang yang zalim.

TAFSIR :

Akibat perintah setan dan manusia yang menaatinya lalu menjadi kafir, ialah keduanya masuk ke dalam neraka dalam keadaan kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah balasan orang-orang zhalim yang melampaui ketentuan-ketentuan Allah.

AL-HASYR : 18

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

TERJEMAHAN :

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

TAFSIR :

Hai orang-orang yang membenarkan Allah dan Rasul-Nya serta mengamalkan syariat-Nya. Takutlah kepada Allah dan takutlah siksa-Nya dengan melaksanakan apa yang diperintahkan-Nya kepada kalian dan meninggalkan apa yang dilarang-Nya terhadap kalian. Hendaklah setiap diri memperhatikan amalan yang telah diperbuatnya untuk Hari Kiamat. Dan takutlah kepada Allah dalam semua yang kalian lakukan dan yang kalian tinggalkan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan. Tidak ada sedikit pun dari perbuatan kalian yang luput dari pengetahuan-Nya, dan akan membalas kalian atas perbuatan tersebut.

AL-HASYR : 19

وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ نَسُوا اللَّهَ فَأَنسَاهُمْ أَنفُسَهُمْ أُوْلَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

TERJEMAHAN :

Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.

TAFSIR :

Janganlah kalian, wahai orang-orang beriman, seperti orang-orang yang tidak menunaikan hak Allah yang di wajibkan-Nya atas mereka. Lalu dengan sebab itu, Allah menjadikan mereka lupa akan bagian diri mereka berupa kebaikan-kebaikan yang dapat menyelamatkan mereka dari adzab Hari Kiamat. Mereka itulah orang-orang yang disifati dengan kefasikan, lagi keluar dari ketaatan kepada Allah dan ketaatan kepada Rasul-Nya.

AL-HASYR : 20

لَا يَسْتَوِي أَصْحَابُ النَّارِ وَأَصْحَابُ الْجَنَّةِ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ هُمُ الْفَائِزُونَ

TERJEMAHAN :

Tidaklah sama penghuni-penghuni neraka dengan penghuni-penghuni jannah; penghuni-penghuni jannah itulah orang-orang yang beruntung.

TAFSIR :

Tiada sama para penghuni neraka yang mendapatkan adzab dengan para penghuni surga yang mendapatkan kenikmatan. Para penghuni surga itulah orang-orang yang mendapat segala keinginan, lagi selamat dari segala yang dibenci.