TAFSIR AL-MUYASAR SURAT AL-HASYR 21-24

AL-HASYR : 21

لَوْ أَنزَلْنَا هَذَا الْقُرْآنَ عَلَى جَبَلٍ لَّرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ اللَّهِ وَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ

TERJEMAHAN :

Kalau sekiranya Kami turunkan Al-Quraan ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir.

TAFSIR :

Seandainya Kami menurunkan al-Qur’an ini kepada salah satu gunung, lalu ia bisa memahami janji dan ancaman yang disebutkan didalamnya, maka niscaya kamu akan melihatnya tunduk lagi terpecah, meskipun dia sedemikian kuat, keras dan besarnya, karena takutnya kepada Allah. Perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat, dan Kami jelaskan kepada manusia, agar mereka memikirkan kuasa Allah dan keagungan-Nya. Ayat ini berisikan anjuran untuk memperhatikan al-Qur’an, memahami maknanya dan mengamalkannya.

AL-HASYR : 22

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ

TERJEMAHAN :

Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

TAFSIR :

Dia-lah Allah Sembahan yang haq. Tiada Illah yang berhak disembah selain Dia. Dia Maha Mengetahui perkara rahasia dan perkara yang nyata, lagi Maha Mengetahui perkara yang ghaib dan yang nampak. Dia-lah Yang Maha Pemurah dimana rahmat-Nya mencakup segala sesuatu, lagi Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman kepada-Nya.

AL-HASYR : 23

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

TERJEMAHAN :

Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

TAFSIR :

Dia-lah Allah Sembahan yang haq. Tiada Illah yang berhak disembah selain Dia, Raja bagi segala sesuatu lagi mengaturnya dengan tanpa ada yang bisa mencegah dan menghalaginya, Yang disucikan dari semua kekurangan, Yang terbebas dari semua aib, Yang membenarkan para Rasul dan para nabi yang diutus-Nya dengan membawa bukti-bukti nyata, Yang Mengawasi semua makhluk-Nya dalam semua perbuatan mereka, Yang Mahaperkasa yang tidak terkalahkan, Yang Mahakuasa yang menguasai semua hamba-Nya dan menundukkan semua makhluk kepada-Nya. Yang Memiliki segala keagungan dan kebesaran. Mahasuci Allah dari segala apa yang mereka persekutukan dengan-Nya dalam beribadah kepada-Nya.

AL-HASYR : 24

هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الْأَسْمَاء الْحُسْنَى يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

TERJEMAHAN :

Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepadaNya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

TAFSIR :

Dia-lah Allah Yang Menciptakan lagi menentukan ciptaan, Yang Mengadakan mereka sesuai hikmah-Nya, Yang Membentuk Rupa ciptaan-Nya bagaimana saja yang disukai-Nya. Dia mempunyai nama-nama yang paling indah dan sifat-sifat paling luhur. Semua yang ada di langit dan bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dia-lah Yang Mahaperkasa, yang sangat keras pembalasan-Nya terhadap musuh-Nya, lagi Maha Bijaksana dalam mengatur urusan makhluk-Nya.

Bagikan

PPDB ONLINE

VIDEO PROFIL IBNU UMAR

Putar Video

TAFSIR AL- MUYASSAR

TAFSIR AL-MUYASAR SURAT ATH-THAGHAABUN AYAT 1

ATH-THAGHAABUN : 1- يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ TERJEMAHAN : Bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi; hanya Allah lah yang

Selengkapnya »