AL-HASYR : 1

سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

TERJEMAHAN :

Telah bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan bumi; dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

TAFSIR :

Segala yang ada di langit dan yang di bumi mensucikan Allah dari segala yang tidak patut bagi-Nya ; Dan dialah Yang Mahaperkasa yang tidak terkalahkan lagi maha bijaksana dalam qadar (ketentuan) , pengaturan , perbuatan dan tasyri ( penetapan syariat) – Nya Karena Dia meletakkan segala urusan pada tempatnya.

ASBABUN NUZUL :

Al – Hakim meriwayatkan dan menshahihkannya dari Aisyah berkata , “ perang bani an – nadhir salah satu kabilah yahudi terjadi setelah enam bulan setelah perang badar , kampung dan kebun kurma mereka berada di salah satu sudut Madinah , Rasulullah saw mengepung mereka sampai akhirnya mereka menyerah dengan syarat mereka harus pergi dari Madinah dengan membawa harta dan peralatan yang mungkin di bawa oleh unta selain senjata , Pada mereka Allah menurunkan , “ Telah bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan bumi …….. “ Ayat 1.

AL-HASYR : 2

هُوَ الَّذِي أَخْرَجَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ مِن دِيَارِهِمْ لِأَوَّلِ الْحَشْرِ مَا ظَنَنتُمْ أَن يَخْرُجُوا وَظَنُّوا أَنَّهُم مَّانِعَتُهُمْ حُصُونُهُم مِّنَ اللَّهِ فَأَتَاهُمُ اللَّهُ مِنْ حَيْثُ لَمْ يَحْتَسِبُوا وَقَذَفَ فِي قُلُوبِهِمُ الرُّعْبَ يُخْرِبُونَ بُيُوتَهُم بِأَيْدِيهِمْ وَأَيْدِي الْمُؤْمِنِينَ فَاعْتَبِرُوا يَا أُولِي الْأَبْصَارِ

TERJEMAHAN :

Dia-lah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara ahli kitab dari kampung-kampung mereka pada saat pengusiran yang pertama [1464]. Kamu tidak menyangka, bahwa mereka akan keluar dan merekapun yakin, bahwa benteng-benteng mereka dapat mempertahankan mereka dari (siksa) Allah; maka Allah mendatangkan kepada mereka (hukuman) dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. Dan Allah melemparkan ketakutan dalam hati mereka; mereka memusnahkan rumah-rumah mereka dengan tangan mereka sendiri dan tangan orang-orang mu’min. Maka ambillah (kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, hai orang-orang yang mempunyai wawasan.


[1464] Yang dimaksud dengan ahli kitab ialah orang-orang Yahudi bani Nadhir, merekalah yang mula-mula dikumpulkan untuk diusir keluar dari Madinah.

TAFSIR :

Dia-lah Yang telah mengeluarkan orang –orang yang mengingkari kenabian Muhammad saw di antara ahli kitab , yaitu yahudi Bani Nadhir dari pemukiman –pemukiman mereka yang berdekatan dengan kaum muslimin di sekitar Madinah. Itu adalah awal pengusiran mereka dari jazirah Arab ke negeri syam.Kalian tidak menyangka , Wahai kaum muslimin , mereka akan Keluar dari pemukiman –pemukiman mereka dengan kehinaan seperti ini ; Karena kekuatan mereka dan kekuatan pertahanan mereka orang –orang yahudi juga yakin bahwa benteng-benteng mereka akan dapat mempertahankan mereka dari adzab Allah , dan tidak ada seorang pun yang sanggup menembusnya , maka datanglah hukuman Allah kepada mereka yang tak terlintas di benak mereka. Allah mencampakkan ke dalam hati mereka ketakutan yang hebat. Mereka menghancurkan Rumah – rumah mereka dengan tangan mereka sendiri dan tangan orang –orang beriman. Maka ambillah kejadian yang menimpa mereka itu sebagai pelajaran , wahai orang –orang yang mempunyai pandangan yang lurus dan akal   yang cerdas.

AL-HASYR : 3

وَلَوْلَا أَن كَتَبَ اللَّهُ عَلَيْهِمُ الْجَلَاء لَعَذَّبَهُمْ فِي الدُّنْيَا وَلَهُمْ فِي الْآخِرَةِ عَذَابُ النَّارِ

TERJEMAHAN :

Dan jika tidaklah karena Allah telah menetapkan pengusiran terhadap mereka, benar-benar Allah mengazab mereka di dunia. Dan bagi mereka di akhirat azab neraka.

TAFSIR :

Seandainya bukan karena Allah telah menetapkan pengusiran terhadap mereka , niscaya Allah telah mengadzab mereka di dunia dengan pembunuhan dan penawaran (untuk di jadikan sebagai budak) . Sementara di akhirat kelak , mereka akan mendapatkan adzab neraka.

AL-HASYR : 4

ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ شَاقُّوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَمَن يُشَاقِّ اللَّهَ فَإِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

TERJEMAHAN :

Yang demikian itu adalah karena Sesungguhnya mereka menentang Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, Sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya.

TAFSIR :

Yang demikian itu – yaitu peristiwa yang menimpa kaum yahudi di dunia dan apa yang mereka nanti di akhirat – karena mereka sangat menyelisihi perintah Allah dan perintah rasul-Nya , memerangi keduanya , dan bermaksiat kepada keduanya. Barang siapa menyelisihi Allah dan rasul-Nya , sesungguhnya Allah sangat keras siksa-Nya terhadapnya .

AL-HASYR : 5

مَا قَطَعْتُم مِّن لِّينَةٍ أَوْ تَرَكْتُمُوهَا قَائِمَةً عَلَى أُصُولِهَا فَبِإِذْنِ اللَّهِ وَلِيُخْزِيَ الْفَاسِقِينَ

TERJEMAHAN :

Apa saja yang kamu tebang dari pohon kurma (milik orang-orang kafir) atau yang kamu biarkan (tumbuh) berdiri di atas pokoknya [1465], maka (semua itu) adalah dengan izin Allah; dan karena Dia hendak memberikan kehinaan kepada orang-orang fasik.


[1465] Maksudnya: pohon kurma milik musuh, menurut kepentingan dan siasat perang dapat ditebang atau dibiarkan tumbuh.

TAFSIR :

Apa saja yang kalian tebang , wahai orang –orang Mukmin , dari pohon kurma atau yang kalian biarkan tetap berdiri di atas batangnya , tanpa mengusiknya , maka semua itu dengan se izin Allah ; dan agar dengan hal itu , Dia memberi kehinaan kepada orang – orang yang keluar dari ketaatan pada-Nya lagi menyelisihi perintah dan larangan-Nya, di mana dia menguasakan kalian untuk menebang pohon kurma mereka dan membakarnya .

ASBABUN NUZUL :

Al – Bukhari dan lainnya meriwayatkan dari ibnu umar bahwa Rasulullah saw membakar pohon kurma Bani an – Nadhir dan menebangnya , maka Allah menurunkan , “ Apa saja yang kamu tebang dari pohon kurma ( milik orang – orang kafir) atau yang kamu biarkan ( tumbuh) ……”Ayat 5.

TAFSIR AL-MUYASAR SURAT AL-HASYR 1-5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *