Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Ahqaaf 31-35

AL-AHQAAF: 31-

يَا قَوْمَنَا أَجِيبُوا دَاعِيَ اللَّهِ وَآمِنُوا بِهِ يَغْفِرْ لَكُم مِّن ذُنُوبِكُمْ وَيُجِرْكُم مِّنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ

TERJEMAH :

Hai kaum kami, terimalah (seruan) orang yang menyeru kepada Allah dan berimanlah kepada-Nya, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosa kamu [1391] dan melepaskan kamu dari azab yang pedih.


[1391] Maksudnya: dosa-dosa terhadap Allah.

TAFSIR :

“Wahai kaum kami, terimalah seruan Rasulullah, Muhammad, percayailah, dan amalkanlah ajarn yang dibawanya, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosa kalian, dan menyelamatkan kalian dari adzab yang paling menyakitkan.”

AL-AHQAAF: 32-

وَمَن لَّا يُجِبْ دَاعِيَ اللَّهِ فَلَيْسَ بِمُعْجِزٍ فِي الْأَرْضِ وَلَيْسَ لَهُ مِن دُونِهِ أَولِيَاء أُوْلَئِكَ فِي ضَلَالٍ مُّبِينٍ

TERJEMAH :

Dan orang yang tidak menerima (seruan) orang yang menyeru kepada Allah maka dia tidak akan melepaskan diri dari azab Allah di muka bumi dan tidak ada baginya pelindung selain Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata”.

TAFSIR :

Dan barang siapa yang tidak menerima seruan Rasulullah, maka ia tidak bisa melemahkan Allah di muka bumi jika Dia berkehaendak untuk mengadzabnya, dan tidak ada baginyaselain Allah pelindung ydng dapat melindunginya dari adzab-Nya. Mereka itu nyata-nyata jauh dari kebenaran.

AL-AHQAAF: 33-

أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّ اللَّهَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَمْ يَعْيَ بِخَلْقِهِنَّ بِقَادِرٍ عَلَى أَنْ يُحْيِيَ الْمَوْتَى بَلَى إِنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

TERJEMAH :

Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwa sesungguhnya Allah yang menciptakan langit dan bumi dan Dia tidak merasa payah karena menciptakannya, kuasa menghidupkan orang-orang mati? Ya (bahkan) sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

TAFSIR :

Apakah mereka lupa dan tidak mengetahui bahwa Allah-lah yang menciptakan langit langit dan bumi dengan tanpa contoh sebelumnya, dan dia tidak merasa lemah karena menciptakannya, lagi kuasa menghidupkan orang-orang mati yang pada awalnya Dia pula yang menciptakan mereka? Ya, bahkan itu adalah perkara mudah bagi Allah yang tiada sesuatu apapun yang melemahkan-Nya. Sesungguhnya Dia Mahakuasa ataas segala sesuatu.

AL-AHQAAF: 34-

وَيَوْمَ يُعْرَضُ الَّذِينَ كَفَرُوا عَلَى النَّارِ أَلَيْسَ هَذَا بِالْحَقِّ قَالُوا بَلَى وَرَبِّنَا قَالَ فَذُوقُوا الْعَذَابَ بِمَا كُنتُمْ تَكْفُرُونَ

TERJEMAH :

Dan (ingatlah) hari (ketika) orang-orang kafir dihadapkan kepada neraka, (dikatakan kepada mereka): “Bukankah (azab) ini benar?” Mereka menjawab: “Ya benar, demi Tuhan kami”. Allah berfirman “Maka rasakanlah azab ini disebabkan kamu selalu ingkar”.

TAFSIR :

Pada hari Kiamat orang-orang kafir dihadapkan ke Neraka Jahannam untuk diadzab, lalu dikatakan kepada mereka, “Bukankah adzab ini menar?” mereka menjawab, “Ya, itu benar, demi Rabb kami.” Maka dikatakan kepada mereka, “Maka rasakanlah adzab ini disebabkan kalian mendustakan dan mengingkarinaya adzab neraka sewaktu di dunia.”

AL-AHQAAF: 35-

فَاصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُوْلُوا الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ وَلَا تَسْتَعْجِل لَّهُمْ كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوا إِلَّا سَاعَةً مِّن نَّهَارٍ بَلَاغٌ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلَّا الْقَوْمُ الْفَاسِقُونَ

TERJEMAH :

Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) suatu pelajaran yang cukup, maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik.

TAFSIR :

bersabarlah, wahai Rasul, terhadap musiabah yang menimpamu berupa gangguan dari kaummu yang mendustakanmu, sebagaimana kesabaran rasul-rasul Ulul ‘Azmi (yang mempunyai keteguhan hati) sebelummu – mereka menurut perdapat yang masyhur, adalah: Nuh, Ibrahom, Musa, Isa, dan kamu (Muhammad) – janganlah kamu meminta disegerakan adzab bagi kaummu. Ketika adzab itu datang dan mereka melihatnya seakan-akan mereka tidak tinggal di dunia melainkan sesaat dari waktu siang, ini adalah suatu pelajaran yang cukup bagi mereka dan selain mereka. Dan tidak dibinasakan dengan adzab Allah melainkan kaum yang keluar dari perintah dan ketaatan kepada-Nya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*