TAFSIR AL-MUYASAR SURAT QAAF 36-40

QAAF : 36-

وَكَمْ أَهْلَكْنَا قَبْلَهُم مِّن قَرْنٍ هُمْ أَشَدُّ مِنْهُم بَطْشًا فَنَقَّبُوا فِي الْبِلَادِ هَلْ مِن مَّحِيصٍ

TERJEMAH :

Dan berapa banyaknya umat-umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka yang mereka itu lebih besar kekuatannya daripada mereka ini, maka mereka (yang telah dibinasakan itu) telah pernah menjelajah di beberapa negeri. Adakah (mereka) mendapat tempat lari (dari kebinasaan)?

TAFSIR :

Sebelum kaum musyrik Quraisy, Kami telah membinasakan banyak umat, yang mereka itu lebih besar kekuatannya daripada mereka ini. Umat-umat yang telah dibinasakan itu telah menjelajah di berbagai negeri dan menempuh semua jalan; untuk melarikan diri dari kebinasaan. Adakah orang yang bisa melarikan diri dari kebinasaan. Adakah orang yang bisa melarikan diri dari adzab Allah, ketika adzab itu datang kepada mereka?

QAAF : 37-

إِنَّ فِي ذَلِكَ لَذِكْرَى لِمَن كَانَ لَهُ قَلْبٌ أَوْ أَلْقَى السَّمْعَ وَهُوَ شَهِيدٌ

TERJEMAH :

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat peringatan bagi orang-orang yang mempunyai akal atau yang menggunakan pendengarannya, sedang dia menyaksikannya.

TAFSIR :

Sesungguhnya pada dibinasakannya umat-umat yang telah lalu itu benar-benar terdapat pelajaran bagi siapa yang mempunyai hati yang berpikir dengannya, atau menggunakan pendengarannya, sedang ia hadir dengan hatinya, tidak lalai dan lengah.

QAAF : 38-

وَلَقَدْ خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ وَمَا مَسَّنَا مِن لُّغُوبٍ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan Kami sedikitpun tidak ditimpa keletihan.

TAFSIR :

Sesungguhnya Kami telah menciptakan tujuh langit dan bumi serta apa yang ada di antara keduanya berupa bermacam-macam makhluk dan enam masa, dan Kami sedikit pun tidak mengalami kecapekan dan keletihan karenanya. Dalam kekuasaan yang besar ini, tentu saja terdapat bukti atas kekuasaan-Nya menghidupkan orang yang sudah mati.

QAAF : 39-

فَاصْبِرْ عَلَى مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوبِ

TERJEMAH :

Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya).

TAFSIR :

Maka bersabarlah, -wahai Rasul- terhadap apa yang dikatakan oleh orang-orang yang mendustakan, karena Allah mengawasi mereka, dan shalatlah sebagai bentuk pujian kepada Rabbmu, yaitu shalat subuh sebelum terbit matahari dan shalat Ashar sebelum terbenam.

QAAF : 40-

وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَأَدْبَارَ السُّجُودِ

TERJEMAH :

Dan bertasbihlah kamu kepada-Nya di malam hari dan setiap selesai sembahyang.

TAFSIR :

Shalatlah pula pada malam hari, dan bertasbihlah dengan memuji Rabbmu sesuai tiap-tiap shalat.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*