QAAF : 1-

ق وَالْقُرْآنِ الْمَجِيدِ

TERJEMAH :

Qaaf[1412] Demi Al Quran yang sangat mulia.


[1412] Lihat not. no 10.

TAFSIR :

Qaaf. Pembicaraan tentang potongan huruf ini telah dikemukakan di awal surat al-Baqarah. Allah bersumpah dengan Al-qur’an yang mulia, yang memiliki pujian dan kemuliaan.

QAAF : 2-

بَلْ عَجِبُوا أَن جَاءهُمْ مُنذِرٌ مِّنْهُمْ فَقَالَ الْكَافِرُونَ هَذَا شَيْءٌ عَجِيبٌ

TERJEMAH :

(Mereka tidak menerimanya) bahkan mereka tercengang karena telah datang kepada mereka seorang pemberi peringatan dari (kalangan) mereka sendiri, maka berkatalah orang-orang kafir :”Ini adalah suatu yang amat ajaib”.

TAFSIR :

Bahkan orang-orang yang mendustakan Rasul ﷺ itu tercengang, ketika datang kepada mereka seorang pemberi peringatan dari kalangan mereka sendiri yang memperingatkan mereka akan adzab Allah. Orang-orang yang kafir kepada Allah dan Rasul-Nya itu berkata, “ini adalah suatu keanehan yang mengherankan.”

QAAF : 3-

أَئِذَا مِتْنَا وَكُنَّا تُرَابًا ذَلِكَ رَجْعٌ بَعِيدٌ

TERJEMAH :

Apakah kami setelah mati dan setelah menjadi tanah (kami akan kembali lagi) ?, itu adalah suatu pengembalian yang tidak mungkin.

TAFSIR :

“Apakah jika Kami telah mati dan telah menjadi tanah, bagaimana mungkin akan dikembalikan lagi seperti sediakala? Itu adalah pengembalian yang tidak mungkin terjadi.”

QAAF : 4-

قَدْ عَلِمْنَا مَا تَنقُصُ الْأَرْضُ مِنْهُمْ وَعِندَنَا كِتَابٌ حَفِيظٌ

TERJEMAH :

Sesungguhnya Kami telah mengetahui apa yang dihancurkan oleh bumi dari (tubuh-tubuh) mereka, dan pada sisi Kamipun ada kitab yang memelihara (mencatat).

TAFSIR :

Sesungguhnya Kami telah mengetahui apa yang di kurangi dan dihancurkan oleh bumi dan jasad mereka, dan pada sisi Kami terdapat kitab yang terpelihara dari perubahan yang mencatat semua yang terjadi pada mereka dalam kehidupan mereka dan sesudah kematian mereka.

QAAF : 5-

بَلْ كَذَّبُوا بِالْحَقِّ لَمَّا جَاءهُمْ فَهُمْ فِي أَمْرٍ مَّرِيجٍ

TERJEMAH :

Sebenarnya, mereka telah mendustakan kebenaran tatkala kebenaran itu datang kepada mereka, maka mereka berada dalam keadaan kacau balau.

TAFSIR :

Bahkan orang-orang musyrik itu telah mendustakan al-Qur’an itu datang kepada mereka, lalu maka mereka berada dalam keadaan kacau balau, tidak kukuh pada satu pun, dan tidak ada satu pun yang memuaskan hati bagi mereka.

TAFSIR AL-MUYASAR SURAT QAAF 1-5
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*