Tafsir Al-Muyasar Surat Muhammad 21-25

MUHAMMAD: 21-

طَاعَةٌ وَقَوْلٌ مَّعْرُوفٌ فَإِذَا عَزَمَ الْأَمْرُ فَلَوْ صَدَقُوا اللَّهَ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ

TERJEMAH :

Ta’at dan mengucapkan perkataan yang baik (adalah lebih baik bagi mereka). Apabila telah tetap perintah perang (mereka tidak menyukainya). Tetapi jikalau mereka benar (imannya) terhadap Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.

TAFSIR :

Yang terbaik bagi orang-orang yang dalam hati mereka terdapat penyakit ialah mentaati Allah dan mengucapkan kata-kata yang sejalan dengan syariat. Apabila pereang telah diwajibkan dan datang perintah Allah yang mewajibkannya, maka orang-orang munafik tidak menyukainya. Jikalau mereka jujur kepada Allah dalam hal iman dan amal mereka, niscaya itu lebih baik bagi mereka daripada kemaksiatan dan pembangkangan.

MUHAMMAD: 22-

فَهَلْ عَسَيْتُمْ إِن تَوَلَّيْتُمْ أَن تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ وَتُقَطِّعُوا أَرْحَامَكُمْ

TERJEMAH :

Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan?

TAFSIR :

Maka suatu yang mungkin, jika kalian berpaling dari kitabullah dan sunnah Nabi-Nya, Muhammad ﷺ, kalian akan bermaksiat kepada Allah di muka bumi, dengan mengingkari-Nya, menumpahkan darah, dan memutuskan kaum kerabat kalian.

MUHAMMAD: 23-

أُوْلَئِكَ الَّذِينَ لَعَنَهُمُ اللَّهُ فَأَصَمَّهُمْ وَأَعْمَى أَبْصَارَهُمْ

TERJEMAH :

Mereka itulah orang-orang yang dila’nati Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya penglihatan mereka.

TAFSIR :

Mereka itulah orang-orangyang dijauhkan Allah dari rahmat-Nya, lalu Dia menjadikan mereka tidak mendengar apa yang bermanfaat bagi mereka, dan tidak melihatnya. Akibatnya, mereka tidak mengetahui keterangan dari Allah meskipun sedemikian banyaknya.

MUHAMMAD: 24-

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا

TERJEMAH :

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quraan ataukah hati mereka terkunci?

TAFSIR :

Apakah orang-orang munafik itu tidak memperhatikan pesan-pesan al-Quran dan memikirkan keterangan-keterangannya? Bahkan hati mereka terkunci sehingga tidak sampai kepadanya sedikitpun dari makna-makna al-Quran ini. Akibatnya ia tidak bisa memperhatikan peringatan-peringatan Allah dan pelajaran-pelajaran-Nya.

MUHAMMAD: 25-

إِنَّ الَّذِينَ ارْتَدُّوا عَلَى أَدْبَارِهِم مِّن بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمُ الْهُدَى الشَّيْطَانُ سَوَّلَ لَهُمْ وَأَمْلَى لَهُمْ

TERJEMAH :

Sesungguhnya orang-orang yang kembali ke belakang (kepada kekafiran) sesudah petunjuk itu jelas bagi mereka, syaitan telah menjadikan mereka mudah (berbuat dosa) dan memanjangkan angan-angan mereka.

TAFSIR :

Sesungguhnya orang-orang yang murtad dari petunnjuk dan keimanan, kembali ke belakang dalam keadaan kafir kepada Allah, sesudah kebenaran itu jelas bagi mereka, setan telah menjadikan mereka memandang baik dosa-dosa mereka, dan memanjangkan angan-angan mereka.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*