FUSHSHILAT : 51-

وَإِذَا أَنْعَمْنَا عَلَى الْإِنسَانِ أَعْرَضَ وَنَأى بِجَانِبِهِ وَإِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ فَذُو دُعَاء عَرِيضٍ

TERJEMAH :

Dan apabila Kami memberikan ni’mat kepada manusia, ia berpaling dan menjauhkan diri; tetapi apabila ia ditimpa malapetaka, maka ia banyak berdo’a.

TAFSIR :

Bila Kami memberikan kenikmatan kepada manusia dengan kesehatan atau rizki atau lainnya, maka dia berpaling dan menyombongkan diri sehingga dia menolak tunduk kepada kebenaran. Bila dia ditimpa kesulitan, maka dia banyak-banyak berdoa kepada Allah agar mengangkat kesulitannya. Dia hanya mengetahui Rabbnya dalam keadaan susah saja dan tidak mengenalnya dalam keadaan senang.

FUSHSHILAT : 52-

قُلْ أَرَأَيْتُمْ إِن كَانَ مِنْ عِندِ اللَّهِ ثُمَّ كَفَرْتُم بِهِ مَنْ أَضَلُّ مِمَّنْ هُوَ فِي شِقَاقٍ بَعِيدٍ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Bagaimana pendapatmu jika (Al Quraan) itu datang dari sisi Allah, kemudian kamu mengingkarinya. Siapakah yang lebih sesat daripada orang yang selalu berada dalam penyimpangan yang jauh?”

TAFSIR :

Katakanlah (wahai Rasul) kepada orang-orang yang mendustakan itu : Katakan kepadaku bila al-Qur’an ini datang dari sisi Allah kemudian kalian mengingkarinya dan mendustakannya, tidak ada yang lebih sesat dari kalian, karena kalian dalam keadaan menyelisihi yang jauh dari kebenaran dengan kekufuran kalian kepada al-Qur’an dan pendistaan kalian terhadapnya.

FUSHSHILAT : 53-

سَنُرِيهِمْ آيَاتِنَا فِي الْآفَاقِ وَفِي أَنفُسِهِمْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَقُّ أَوَلَمْ يَكْفِ بِرَبِّكَ أَنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ

TERJEMAH :

Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quraan itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?

TAFSIR :

Kami akan memperlihatkan kepada orang-orang yang mendustakan itu ayat-ayat Kami berupa kemenangan dan keunggulan Islam yang membuka daerah-daerah dan agama-agama, di penjuru langit dan belahan bumi, peristiwa-peristiwa besar yang terjadi pada keduanya dan pada diri mereka sendiri yang mengandung keajaiban penciptaan Allah dan ayat-ayat-Nya, sehingga dari ayat-ayat tersebut mereka mengetahui dengan jelas dan tidak menyisakan keraguan bahwa al-Qur’an yang mulia ini adalah haq yang diwahyukan kepadamu dari Rabbil ‘alamin. Apakah belum cukup menjadi bukti bahwa al-Qur’an adalah haq, dan orang yang membawanya adalah benar kesaksian Allah?? Allah telah bersaksi dengan membenarkannya dan Dia Maha menyaksikan segala sesuatu, dan tidak ada kesaksian yang lebih besar daripada kesaksian Allah.

FUSHSHILAT : 54-

أَلَا إِنَّهُمْ فِي مِرْيَةٍ مِّن لِّقَاء رَبِّهِمْ أَلَا إِنَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ مُّحِيطٌ

TERJEMAH :

Ingatlah bahwa sesungguhnya mereka adalah dalam keraguan tentang pertemuan dengan Tuhan mereka. Ingatlah bahwa sesungguhnya Dia Maha Meliputi segala sesuatu.

TAFSIR :

Ketahuilah bahwa orang-orang kafir itu dalam keraguan yang besar terhadap kebangkitan sesudah mati. Ketahuilah bahwa sesungguhnya ilmu, kemuliaan dan kodrat Allah meliputi segala sesuatu, tiada sesuatu pun di langit dan di bumi yang samar bagi-Nya

Tafsir Al-Muyasar Surat Fushshilat Ayat 51-54
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*