AZ-ZUKHRUF : 86-

وَلَا يَمْلِكُ الَّذِينَ يَدْعُونَ مِن دُونِهِ الشَّفَاعَةَ إِلَّا مَن شَهِدَ بِالْحَقِّ وَهُمْ يَعْلَمُونَ

TERJEMAH :

Dan sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah tidak dapat memberi syafa’at; akan tetapi (orang yang dapat memberi syafa’at ialah) orang yang mengakui yang hak (tauhid) dan mereka meyakini(nya) [1368].


[1368] Maksudnya Nabi Muhammad dan Nabi yang lain dapat memberi syafa’at sesudah di beri izin oleh Allah I

TAFSIR :

Orang-orang yang disembah oleh orang-orang musyrikin itu tidak memiliki syafaat di sisi Allah untuk seseorang kecuali siapa yang bersaksi dengan benar, mengakui tauhid Allah dan kenabian Muhammad صلی الله عليه وسلم , sedangkan mereka mengetahui hakikat dari apa yang mereka akui dan saksikan.

AZ-ZUKHRUF : 87-

وَلَئِن سَأَلْتَهُم مَّنْ خَلَقَهُمْ لَيَقُولُنَّ اللَّهُ فَأَنَّى يُؤْفَكُونَ

TERJEMAH :

Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka: “Siapakah yang menciptakan mereka, niscaya mereka menjawab: “Allah”, maka bagaimanakah mereka dapat dipalingkan (dari menyembah Allah )?,

TAFSIR :

Bila kamu (wahai Rasul) bertanya kepada orang-orang musyrikin dari kaummu tentang siapa yang menciptakan mereka?? Pastilah mereka akan menjawab : Allah lah yang menciptakan kami. Lalu bagaimana mereka akhirnya berpaling dari penghambaan kepada Allah, dan mempersekutukan-Nya dengan sesuatu??

AZ-ZUKHRUF : 88-

وَقِيلِهِ يَارَبِّ إِنَّ هَؤُلَاء قَوْمٌ لَّا يُؤْمِنُونَ

TERJEMAH :

dan (Allah mengetabui) ucapan Muhammad: “Ya Tuhanku, sesungguhnya mereka itu adalah kaum yang tidak beriman”.

TAFSIR :

Muhammad صلی الله عليه وسلم  berkata mengadukan kaumnya yang mendustakannya kepada Rabbnya : Ya Rabbi, sesungguhnya orang-orang itu adalahnkaum yang tidak mau beriman kepada-Mu dan kepada apa yang Engkau mengutusku dengannya kepada mereka.

AZ-ZUKHRUF : 89-

فَاصْفَحْ عَنْهُمْ وَقُلْ سَلَامٌ فَسَوْفَ يَعْلَمُونَ

TERJEMAH :

Maka berpalinglah (hai Muhammad) dari mereka dan katakanlah: “Salam (selamat tinggal).” Kelak mereka akan mengetahui (nasib mereka yang buruk).

TAFSIR :

Maka Allah memerintahkannya untuk berpaling dari mereka dan dari gangguan mereka, serta membiarkan mereka disebabkan kekufuran mereka dan penentangan mereka. Jangan terlontar darimu (wahai Rasul) kecuali keselamatan bagi mereka sebagaimana yang diucapkan oleh orang-orang yang berakal dan beradab kepada orang-orang bodoh, karena orang-orang yang berakal tidak akan membalas kebodohan dan kebodohan tidak membalas keburukan dengan semisalnya. Mereka pasti akan mengetahui ujian dan bencana yang akan menimpa mereka. Ini merupakan ancaman dan peringatan keras bagi orang-orang kafir yang menentang dan orang-orang yang seperti mereka.

Tafsir Al-Muyasar Surat Az-Zukhruf Ayat 86-89
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*