AZ-ZUKHRUF : 76-

وَمَا ظَلَمْنَاهُمْ وَلَكِن كَانُوا هُمُ الظَّالِمِينَ

TERJEMAH :

Dan tidaklah Kami menganiaya mereka tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.

TAFSIR :

Kami tidak menzhalimi para penjahat tersebut dengan menyiksa mereka, sebaliknya justru merekalah yang menzhalimi diri mereka dengan kesyirikan dan pengingkaran mereka bahwa Allah adalah Rabb yang haq semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Di samping karena mereka menolak untuk mengikuti utusan-utusan Allah.

AZ-ZUKHRUF : 77-

وَنَادَوْا يَا مَالِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَ قَالَ إِنَّكُم مَّاكِثُونَ

TERJEMAH :

Mereka berseru: “Hai Malik [1366] biarlah Tuhanmu membunuh kami saja”. Dia menjawab: “Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)”.


[1366] Malik adalah malaikat penjaga neraka.

TAFSIR :

Para penjahat itu memanggil-manggil Malik penjaga Jahanam setelah mereka dimasukkan ke dalam neraka oleh Allah : Wahai Malik, biarlah Rabbmu mematikan kami saja, sehingga kami bisa beristirahat dari penderitaan ini. Maka Malik menjawab : Kalian akan tetap tinggal, kalian tidak akan bisa keluar darinya, dan kalian juga tidak bisa menghindar darinya.

AZ-ZUKHRUF : 78-

لَقَدْ جِئْنَاكُم بِالْحَقِّ وَلَكِنَّ أَكْثَرَكُمْ لِلْحَقِّ كَارِهُونَ

TERJEMAH :

Sesungguhnya Kami benar-benar telah memhawa kebenaran kepada kamu tetapi kebanyakan di antara kamu benci pada kebenaran itu.

TAFSIR :

Sungguh kami telah datang kepada kalian dengan kebenaran dan menjelaskannya untuk kalian, akan tetapi kebanyakan dari kalian membenci kebenaran yang dibawa oleh para Rasul.

AZ-ZUKHRUF : 79-

أَمْ أَبْرَمُوا أَمْرًا فَإِنَّا مُبْرِمُونَ

TERJEMAH :

Bahkan mereka telah menetapkan satu tipu daya (jahat), maka sesungguhnya Kami menetapkan pula [1367].


[1367] Maksudnya: kaum musyrikin Mekah bukan saja benci kepada kebenaran, bahkan mereka juga telah merencanakan hendak membunuh Nabi Muhammad s.a w. Tetapi rencana itu gagal, karena Allah juga mempunyai rencana untuk menyelamatkan Nabi.

TAFSIR :

Bahkan bukankah orang-orang musyrikin itu malah menyusun sebuah rencana untuk melawan kebenaran yang kami bawa kepada mereka?? Sesungguhnya Kami juga merencanakan sesuatu untuk mereka yang menghinakan mereka berupa adzab dan siksaan.

AZ-ZUKHRUF : 80-

أَمْ يَحْسَبُونَ أَنَّا لَا نَسْمَعُ سِرَّهُمْ وَنَجْوَاهُم بَلَى وَرُسُلُنَا لَدَيْهِمْ يَكْتُبُونَ

TERJEMAH :

Apakah mereka mengira, bahwa Kami tidak mendengar rahasia dan bisikan-bisikan mereka? Sebenarnya (Kami mendengar), dan utusan-utusan (malaikat-malaikat) Kami selalu mencatat di sisi mereka.

TAFSIR :

Apakah orang-orang yang mempersekutukan Allah itu menyangka bahwa Kami tidak mendengar apa yang mereka rahasiakan di jiwa mereka dan apa yang dibisik-bisikkan di antara mereka?? Benar, Kami mendengar dan mengetahui, sedangkan utusan-utusan Kami para malaikat penjaga yang mulia juga menulis apa yang mereka kerjakan atas mereka.

Tafsir Al-Muyasar Surat Az-Zukhruf Ayat 76-80
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*