AZ-ZUKHRUF : 21-

أَمْ آتَيْنَاهُمْ كِتَابًا مِّن قَبْلِهِ فَهُم بِهِ مُسْتَمْسِكُونَ

TERJEMAH :

Atau adakah Kami memberikan sebuah kitab kepada mereka sebelum Al Qur’an, lalu mereka berpegang dengan kitab itu ?

TAFSIR :

Apakah mereka menghadiri penciptaan malaikat, atau Kami memberi mereka sebuah Kitab sebelum al-Qur’an yang Kami turunkan, sehingga mereka berpegang kepadanya dan mengamalkan isinya, lalu mereka pun berhujjah atasmu wahai Rasul??

AZ-ZUKHRUF : 22-

بَلْ قَالُوا إِنَّا وَجَدْنَا آبَاءنَا عَلَى أُمَّةٍ وَإِنَّا عَلَى آثَارِهِم مُّهْتَدُونَ

TERJEMAH :

Bahkan mereka berkata: “Sesungguhnya kami mendapati bapak-bapak kami menganut suatu agama, dan sesungguhnya kami orang-orang yang mendapat petunjuk dengan (mengikuti) jejak mereka”.

TAFSIR :

Sebaliknya mereka berkata : Sesungguhnya kami mendapati nenek moyang kami berjalan di atas sebuah jalan, ajaran dan agama, dan sesungguhnya kami hanya mengikuti dan meneladani jejak nenek moyang kami.

AZ-ZUKHRUF : 23-

وَكَذَلِكَ مَا أَرْسَلْنَا مِن قَبْلِكَ فِي قَرْيَةٍ مِّن نَّذِيرٍ إِلَّا قَالَ مُتْرَفُوهَا إِنَّا وَجَدْنَا آبَاءنَا عَلَى أُمَّةٍ وَإِنَّا عَلَى آثَارِهِم مُّقْتَدُونَ

TERJEMAH :

Dan demikianlah, Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang pemberi peringatanpun dalam suatu negeri, melainkan orang-orang yang hidup mewah di negeri itu berkata: “Sesungguhnya kami mendapati bapak- bapak kami menganut suatu agama dan sesungguhnya kami adalah pengikut jejak-jejak mereka”.

TAFSIR :

Kami tidak mengutus seorang pemberi peringatan sebelummu (wahai Rasul) pada sebuah perkampungan, lalu dia memperingatkan penduduknya terhadap hukuman Kami atas kekufuran mereka, dia memerintahkan mereka agar mewaspadai dan berhati-hati terhadap murka dan adzab Kami, kecuali para pemuka dan pemimpin mereka yang bergelimang kenikmatan berkata : Sesungguhnya kami mendapati leluhur kami di atas ajaran dan agama, dan sesunggguhnya kami hanya mengikuti dan meneladani jejak mereka.

AZ-ZUKHRUF : 24-

قَالَ أَوَلَوْ جِئْتُكُم بِأَهْدَى مِمَّا وَجَدتُّمْ عَلَيْهِ آبَاءكُمْ قَالُوا إِنَّا بِمَا أُرْسِلْتُم بِهِ كَافِرُونَ

TERJEMAH :

(Rasul itu) berkata: “Apakah (kamu akan mengikutinya juga) sekalipun aku membawa untukmu (agama) yang lebih (nyata) memberi petunjuk daripada apa yang kamu dapati bapak-bapakmu menganutnya?” Mereka menjawab: “Sesungguhnya kami mengingkari agama yang kamu diutus untuk menyampaikannya.”

TAFSIR :

Muhammad dan para Rasul yang mendahuluinya berkata kepada orang-orang yang menyangkalnya dengan syubhat batil ini : Apakah kalian tetap akan mengikuti nenek moyang kalian sekalipun aku telah datang kepada kalian dengan membawa sesuatu dari sisi Rabb kalian yang lebih membimbing ke jalan yang benar dan lebih menunjukkan jalan yang lurus daripada agama dan ajaran yang kalian warisi dari nenek moyang kalian?? Mereka menjawab dengan penuh pengingkaran : Sesungguhnya kami akan tetap ingkar dan kafir kepada apa yang kalian diutus dengannya.

AZ-ZUKHRUF : 25-

فَانتَقَمْنَا مِنْهُمْ فَانظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ

TERJEMAH :

Maka Kami binasakan mereka maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan itu.

TAFSIR :

Maka Kami membalas umat-umat yang mendustakan para Rasul tersebut dengan menimpakan hukuman kepada mereka berupa pembenaman, penenggelaman dan lainnya. Maka perhatikanlah (wahai Rasul) bagiamana akibat dari kehidupan mereka saat mereka mendustakan ayat-ayat Allah dan para utusan-Nya?? Hendaknya kaummu juga waspada sehingga mereka tidak bersikukuh mendustakan, akibatnya mereka juga akan ditimpa apa yang telah menimpa umat-umat sebelum mereka.

Tafsir Al-Muyasar Surat Az-Zukhruf Ayat 21-25
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*