AL-MU’MIN : 81-

وَيُرِيكُمْ آيَاتِهِ فَأَيَّ آيَاتِ اللَّهِ تُنكِرُونَ

TERJEMAH :

Dan Dia memperlihatkan kepada kamu tanda-tanda (kekuasaan-Nya); maka tanda-tanda (kekuasaan) Allah yang manakah yang kamu ingkari?

TAFSIR :

Dan Allah memperlihatkan kepada kalian bukti-bukti-Nya yang banyak dan jelas yang menunjukkan kodrat dan pengaturan-Nya atas makhluk-Nya. Lalu tanda kebesaran Allah yang manakah yang kalian ingkari dan tidak kalian akui??

AL-MU’MIN : 82-

أَفَلَمْ يَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَيَنظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ كَانُوا أَكْثَرَ مِنْهُمْ وَأَشَدَّ قُوَّةً وَآثَارًا فِي الْأَرْضِ فَمَا أَغْنَى عَنْهُم مَّا كَانُوا يَكْسِبُونَ

TERJEMAH :

Maka apakah mereka tiada mengadakan perjalanan di muka bumi lalu memperhatikan betapa kesudahan orang-orang yang sebelum mereka. Adalah orang-orang yang sebelum mereka itu lebih hebat kekuatannya dan (lebih banyak) bekas-bekas mereka di muka bumi [1329], maka apa yang mereka usahakan itu tidak dapat menolong mereka.


[1329] Lihat not 1320.

TAFSIR :

Apakah orang-orang yang mendustakan itu tidak berjalan di muka bumi lalu merenungkan akhir hidup umat-umat yang mendustakan sebelum mereka, bagaimana akibat yang menimpa mereka?? Padahal umat-umat terdahulu itu lebih kuat jumlahnya, perlengkapannya dan karya peninggalannya di muka bumi berupa bangunan besar, bangunan menjulang, pertanian dan lainnya, namun apa yang mereka usahakan itu tidak bisa membantu mereka saat adzab Allah turun menimpa mereka.

AL-MU’MIN : 83-

فَلَمَّا جَاءتْهُمْ رُسُلُهُم بِالْبَيِّنَاتِ فَرِحُوا بِمَا عِندَهُم مِّنَ الْعِلْمِ وَحَاقَ بِهِم مَّا كَانُوا بِهِ يَسْتَهْزِؤُون

TERJEMAH :

Maka tatkala datang kepada mereka rasul-rasul (yang diutus kepada) mereka dengan membawa ketarangan-keterangan, mereka merasa senang dengan pengetahuan yang ada pada mereka [1330] dan mereka dikepung oleh azab Allah yang selalu mereka perolok-olokkan itu.


[1330] “Mereka merasa senang dengan pengetahuan yang ada pada mereka” maksudnya ialah bahwa mereka sudah merasa cukup dengan ilmu pengetahuan yang ada pada mereka dan tidak merasa perlu lagi dengan ilmu pengetahuan yang diajarkan oleh rasul-rasul mereka. Malah mereka memandang enteng dan memperolok-olokkan keterangan yang dibawa rasul-rasul itu.

TAFSIR :

Manakala umat-umat yang mendustakan itu didatangi para utusan mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berbahagia karena tidak tahu dengan ilmu yang mereka miliki yang bertentangan dengan apa yang dibawa oleh utusan-utusan mereka. Adzab pun menimpa mereka, padahal sebelumnya mereka menghina dan mengejek para utusan untuk segera mendatangkan adzab tersebut. Ayat ini mengandung dalil bahwa setiap ilmu yang bertentangan dengan Islam, atau menciderai Islam, atau meragukan kebenaran Islam, maka ilmu tersebut adalah ilmu yang tercela dan dibenci, orang yang meyakininya bukanlah pengikut Muhammad صلی الله عليه وسلم.

AL-MU’MIN : 84-

فَلَمَّا رَأَوْا بَأْسَنَا قَالُوا آمَنَّا بِاللَّهِ وَحْدَهُ وَكَفَرْنَا بِمَا كُنَّا بِهِ مُشْرِكِينَ

TERJEMAH :

Maka tatkala mereka melihat azab Kami, mereka berkata: “Kami beriman hanya kepada Allah saja, dan kami kafir kepada sembahan-sembahan yang telah kami persekutukan dengan Allah”.

TAFSIR :

Manakala mereka melihat adzab Kami, mereka pun mengakui di saat di mana pengakuan tidak berguna. Mereka berkata : Kami sekarang beriman kepada Allah semata dan kafir kepada apa yang telah kami persekutukan dalam beribadah kepada Allah.

AL-MU’MIN : 85-

فَلَمْ يَكُ يَنفَعُهُمْ إِيمَانُهُمْ لَمَّا رَأَوْا بَأْسَنَا سُنَّتَ اللَّهِ الَّتِي قَدْ خَلَتْ فِي عِبَادِهِ وَخَسِرَ هُنَالِكَ الْكَافِرُونَ

TERJEMAH :

Maka iman mereka tiada berguna bagi mereka tatkala mereka telah melihat siksa Kami. Itulah sunnah Allah yang telah berlaku terhadap hamba-hamba-Nya. Dan di waktu itu binasalah orang-orang kafir.

TAFSIR :

Iman mereka tidak berguna bagi mereka saat mereka melihat adzab Kami. Hal itu karena iman dalam kondisi tersebut adalah iman yang terpaksa bukan iman suka rela dan pilihan. Sedangkan sunnah dan keputusan Allah yang berlaku untuk seluruh umat adalah iman tidak berguna saat pelakunya mengikrarkan iman dalam keadaan melihat adzab. Saat adzab Allah datang, maka orang-orang kafir dan orang-orang yang ingkar terhadap tauhid Allah dan tidak menaati-Nya hancur binasa.



Tafsir Al-Muyasar Surat AL-Mu’min 81-85
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*