AL-MU’MIN : 76-

ادْخُلُوا أَبْوَابَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا فَبِئْسَ مَثْوَى الْمُتَكَبِّرِينَ

TERJEMAH :

(Dikatakan kepada mereka): “Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong “.

TAFSIR :

76.Masuklah kalian melalui pintu-pintu Jahanam sebagai hukuman atas kekufuran kalian kepada Allah, dan kemaksiatan kalian, kalian kekal di dalamnya. Jahanam adalah seburuk-buruk tempat tinggal bagi orang-orang yang menyombongkan diri di dunia atas Allah.

AL-MU’MIN : 77-

فَاصْبِرْ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ فَإِمَّا نُرِيَنَّكَ بَعْضَ الَّذِي نَعِدُهُمْ أَوْ نَتَوَفَّيَنَّكَ فَإِلَيْنَا يُرْجَعُونَ

TERJEMAH :

Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar; maka meskipun Kami perlihatkan kepadamu sebagian siksa yang Kami ancamkan kepada mereka ataupun Kami wafatkan kamu (sebelum ajal menimpa mereka), namun kepada Kami sajalah mereka dikembalikan.

TAFSIR :

77.Maka bersabarlah (wahai Rasul) dan tetaplah berdakwah, sesungguhnya janji Allah adalah haq. Dia akan mewujudkan janji-Nya kepadamu. Bila Kami memperlihatkan kepadamu sebagian dari apa yang Kami ancamkan kepada orang-orang musyrikin itu berupa adzab, atau Kami mewafatkanmu sebelum adzab itu menimpa mereka, maka kepada Kamilah tempat mereka kembali di Hari Kiamat. Dan kami akan membuat mereka merasakan adzab yang keras akibat kekufuran mereka.

AL-MU’MIN : 78-

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلًا مِّن قَبْلِكَ مِنْهُم مَّن قَصَصْنَا عَلَيْكَ وَمِنْهُم مَّن لَّمْ نَقْصُصْ عَلَيْكَ وَمَا كَانَ لِرَسُولٍ أَنْ يَأْتِيَ بِآيَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ فَإِذَا جَاء أَمْرُ اللَّهِ قُضِيَ بِالْحَقِّ وَخَسِرَ هُنَالِكَ الْمُبْطِلُونَ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang rasul membawa suatu mu’jizat, melainkan dengan seizin Allah; maka apabila telah datang perintah Allah, diputuskan (semua perkara) dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil.

TAFSIR :

78.Dan sungguh Kami telah mengutus sebelummu (wahai Rasul) utusan-utusan dalam jumlah yang banyak kepada kaum mereka. Para utusan itu mengajak mereka dan bersabar atas gangguan kaum mereka. Di antara mereka ada yang Kami kisahkan beritanya kepadamu, dan di antara mereka ada yang Kami tidak kisahkan beritanya kepadamu. Semua utusan itu diperintahkan untuk menyampaikan apa yang Allah wahyukan kepada mereka. Dan salah seorang dari mereka tidak mendatangkan satu mukjizat pun, baik riil maupun aqli kecuali dengan izin Allah dan kehendak-Nya. Bila perintah Allah untuk mengadzab orang-orang yang mendustakan telah tiba, maka Allah menetapkan keputusan antara para utusan dengan orang-orang yang mendustakan mereka dengan adil. Pada saat itu para pembohong tersebut akan merugi karena kebohongan mereka atas nama Allah, dan penyembahan mereka terhadap selain-Nya.

AL-MU’MIN : 79-

اللَّهُ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَنْعَامَ لِتَرْكَبُوا مِنْهَا وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

TERJEMAH :

Allahlah yang menjadikan binatang ternak untuk kamu, sebagiannya untuk kamu kendarai dan sebagiannya untuk kamu makan.

TAFSIR :

79.Allah yang menciptakan hewan ternak untuk kalian agar kalian bisa mengambil manfaat darinya, manfaat mengendarai, makan dan manfaat-manfaat lainnya.

AL-MU’MIN : 80-

وَلَكُمْ فِيهَا مَنَافِعُ وَلِتَبْلُغُوا عَلَيْهَا حَاجَةً فِي صُدُورِكُمْ وَعَلَيْهَا وَعَلَى الْفُلْكِ تُحْمَلُونَ

TERJEMAH :

Dan (ada lagi) manfaat-manfaat yang lain pada binatang ternak itu untuk kamu [1328] dan supaya kamu mencapai suatu keperluan yang tersimpan dalam hati dengan mengendarainya. Dan kamu dapat diangkut dengan mengendarai binatang-binatang itu dan dengan mengendarai bahtera.


[1328] Yang dimaksud dengan manfa’at yang lain dari binatang ternak itu” ialah air susunya, kulitnya, bulunya dan sebagainya.

TAFSIR :

80.Dengan mengendarainya kalian bisa sampai ke negeri-negeri yang jauh di mana jal itu adalah hajat yang ada dalam dada kalian. Di atas punggung hewan-hewan inilah kalian diangkut di daratan sebagaimana kalian diangkut oleh bantera di lautan.

Tafsir Al-Muyasar Surat AL-Mu’min 76-80
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*