Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Ahqaaf 21-25

AL-AHQAAF: 21-

وَاذْكُرْ أَخَا عَادٍ إِذْ أَنذَرَ قَوْمَهُ بِالْأَحْقَافِ وَقَدْ خَلَتْ النُّذُرُ مِن بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا اللَّهَ إِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ عَظِيمٍ

TERJEMAH :

Dan ingatlah (Hud) saudara kaum ‘Aad yaitu ketika dia memberi peringatan kepada kaumnya di Al Ahqaaf dan sesungguhnya telah terdahulu beberapa orang pemberi peringatan sebelumnya dan sesudahnya (dengan mengatakan): “Janganlah kamu menyembah selain Allah, sesungguhnya aku khawatir kamu akan ditimpa azab hari yang besar”.

TAFSIR :

Ingatlah, wahai Rasul, nabi Allah Hud, saudara kaum ‘Ad dalam hal nasab bukan agama, ketika ia memberi peringatan kepada kaumnya bahwa adzab Allah akan menimpa mereka,saat mereka ditempar tinggala mereka yang dikenal dengan al-Ahqoof, yaitu pasir yang sangat banyak disebelah selatan jazirah arab. Sesungguhnya telah berlalu beberapa orang Rasul dengan membawa peringtan kepada kaumnya  sebelum Hud, dan sesudahnya (dengan mengatakan), “Janganlah kalian mempersekutukan Allah dengan sesuatupun dalam ibadah kalian kepada-Nya, sesungguhnya aku khawatir kalian akan ditimpa adzab Allah pada hari yang besar ketakutannya, yaitu Hari Kiamat.”

AL-AHQAAF: 22-

قَالُوا أَجِئْتَنَا لِتَأْفِكَنَا عَنْ آلِهَتِنَا فَأْتِنَا بِمَا تَعِدُنَا إِن كُنتَ مِنَ الصَّادِقِينَ

TERJEMAH :

Mereka menjawab: “Apakah kamu datang kepada kami untuk memalingkan kami dari (menyembah) tuhan-tuhan kami? Maka datangkanlah kepada kami azab yang telah kamu ancamkan kepada kami jika kamu termasuk orang-orang yang benar”.

TAFSIR :

mereka menjawab: “Apakah kamu datang kepada kami dengan membawa seruan untuk memalingkan kami dari menyembah sembahan-sembahan kami? Maka datngkanlah kepada kami adzab yang telah kamu ancamkan kepada kami, jika kamu termasuk orang-orang yang benar dalam berucap.”

AL-AHQAAF: 23-

قَالَ إِنَّمَا الْعِلْمُ عِندَ اللَّهِ وَأُبَلِّغُكُم مَّا أُرْسِلْتُ بِهِ وَلَكِنِّي أَرَاكُمْ قَوْمًا تَجْهَلُونَ

TERJEMAH :

Ia berkata: “Sesungguhnya pengetahuan (tentang itu) hanya pada sisi Allah dan aku (hanya) menyampaikan kepadamu apa yang aku diutus dengan membawanya tetapi aku lihat kamu adalah kaum yang bodoh”.

TAFSIR :

Hud  berkata, “Sesunggguhnya pengetahuan tentang waktu kedatangan adzab yang diancamkan kepada kalian hanya pada sisi Allah. Aku hanya Rasul Allah yang diutus kepada kalian. Aku menyapaikan kepada kalian dari-Nya apa yang Dia mengutus aku dengannya, tetapi aku melihat kalian sebagai kaum yang jahil karena meminta adzab disegerakan, dan karena kalian lancang terhadap Allah.

AL-AHQAAF: 24-

فَلَمَّا رَأَوْهُ عَارِضًا مُّسْتَقْبِلَ أَوْدِيَتِهِمْ قَالُوا هَذَا عَارِضٌ مُّمْطِرُنَا بَلْ هُوَ مَا اسْتَعْجَلْتُم بِهِ رِيحٌ فِيهَا عَذَابٌ أَلِيمٌ

TERJEMAH :

Maka tatkala mereka melihat azab itu berupa awan yang menuju ke lembah-lembah mereka, berkatalah mereka: “Inilah awan yang akan menurunkan hujan kepada kami”. (Bukan!) bahkan itulah azab yang kamu minta supaya datang dengan segera (yaitu) angin yang mengandung azab yang pedih,

TAFSIR :

Tatkala mereka melihat adzab yang mereka minta disegerakan itu berupa awan yang menuju kelembah-lembah mereka maka mereka berkata, inilah awan yang yang akan menurunkan hujan kepada kami”, Hud  mengatakan kepada mereka, “itu bukan awan yang kan menurunkan hujan dan rahmat, tetapi itu adalah awan adzab yang kalian minta disegerakan, yaitu angin yang mengandung adzab yang pedih lagi menyakitkan.

AL-AHQAAF: 25-

تُدَمِّرُ كُلَّ شَيْءٍ بِأَمْرِ رَبِّهَا فَأَصْبَحُوا لَا يُرَى إِلَّا مَسَاكِنُهُمْ كَذَلِكَ نَجْزِي الْقَوْمَ الْمُجْرِمِينَ

TERJEMAH :

yang menghancurkan segala sesuatu dengan perintah Tuhannya, maka jadilah mereka tidak ada yang kelihatan lagi kecuali (bekas-bekas) tempat tinggal mereka. Demikianlah Kami memberi balasan kepada kaum yang berdosa.

TAFSIR :

yang menghancurkan segala sesuatu yang dilewatinya, yaitu yang dikirimkan utnuk membinasakannya, dengan perintah Rabbnya dan kehendak-Nya, maka jadilah mereka tidak ada kelihatan lagi dinegri mereka kecuali rumah-rumah mereka yang dulu mereka diami. Balasan seperti inilah kami memberi balasan kepada kaum yang berdosa, disebabkan kejahatan dan perbuatan mereka yang melampaui batas.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*