Tafsir Al-Muyasar Surat Muhammad 11-15

MUHAMMAD: 11-

ذَلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ مَوْلَى الَّذِينَ آمَنُوا وَأَنَّ الْكَافِرِينَ لَا مَوْلَى لَهُمْ

TERJEMAH :

Yang demikian itu karena sesungguhnya Allah adalah pelindung orang-orang yang beriman dan karena sesungguhnya orang-orang kafir itu tidak mempunyai pelindung.

TAFSIR :

Apa yang telah Kami perbuat terhadap kedua golongan, golongan orang beriman dan golongan orang kafir, karena Allah adalah pelindung dan penolong orang-orang yang beriman, sedangkan orang-orang kafir tiada mempunyai pelindung dan penolong. 

MUHAMMAD: 12-

إِنَّ اللَّهَ يُدْخِلُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَالَّذِينَ كَفَرُوا يَتَمَتَّعُونَ وَيَأْكُلُونَ كَمَا تَأْكُلُ الْأَنْعَامُ وَالنَّارُ مَثْوًى لَّهُمْ

TERJEMAH :

Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang mu’min dan beramal saleh ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Dan orang-orang kafir bersenang-senang (di dunia) dan mereka makan seperti makannya binatang. Dan jahannam adalah tempat tinggal mereka.

TAFSIR :

Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya serta mengerjakan amal shalih ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawah istana-istana dan pepohonannya sebagai anugerah bagi mereka. Perumpamaan orang-orang yang kafir dalam hal makan dan bersenang-senangnya mereka di dunia seperti binatang ternak yang tidak memiliki keinginan kecuali makan itu saja, dan nereka jahannam adalah tempat tinggal mereka.

MUHAMMAD: 13-

وَكَأَيِّن مِّن قَرْيَةٍ هِيَ أَشَدُّ قُوَّةً مِّن قَرْيَتِكَ الَّتِي أَخْرَجَتْكَ أَهْلَكْنَاهُمْ فَلَا نَاصِرَ لَهُمْ

TERJEMAH :

Dan betapa banyaknya negeri yang (penduduknya) lebih kuat dari pada (penduduk) negerimu (Muhammad) yang telah mengusirmu itu. Kami telah membinasakan mereka, maka tidak ada seorang penolongpun bagi mereka.

TAFSIR :

banyak dari penduduk negeri-negeri yang lebih kuat dari pada penduduk negerimu, Wahai Rasul, yaitu Makkah yang telah mengusirmu itu. Kami telah membinasakan mereka dengan berbagai macam adzab, dan mereka tidak mendapatkan seorang pun yang menolong mereka dari adzab Allah.

Asbabun Nuzul :

Abu Ya’la meriwayatkan dai Ibnu Abbas berkata, “Ketika Rasulullah ﷺ keluar dari gua, beliau melihat ke Makkah, beliau berkata. “Kamu adalah negeri Allah yang paling aku cintai, kalau pendudukmu tidak mengeluarkanku maka aku tidak akan keluar darimu.” Maka Allah menurunkan ayat, “Dan betapa banyaknya negeri yang (penduduknya) lebih kuat dari pada (penduduk ) negerimu (Muhammad) yang telah mengusirmu itu….” ayat 13.

MUHAMMAD: 14-

أَفَمَن كَانَ عَلَى بَيِّنَةٍ مِّن رَّبِّهِ كَمَن زُيِّنَ لَهُ سُوءُ عَمَلِهِ وَاتَّبَعُوا أَهْوَاءهُمْ

TERJEMAH :

Maka apakah orang yang berpegang pada keterangan yang datang dari Rabbnya sama dengan orang yang (shaitan) menjadikan dia memandang baik perbuatannya yang buruk itu dan mengikuti hawa nafsunya?

TAFSIR :

Apakah orang yang berpegang pada keterangan yang nyata pada Rabbnya dan mengetahui keEsaan-Nya itu sama dengan orang yang dijadikan setan memandang baik perbuatannya yang buruk dan mengikuti ajakan nafsunya berupa bermaksiat kepada Allah dan beribadah kepada selain-Nya dengan tanpa bukti dan ketenangan? Mereka tidaklah sama.

MUHAMMAD: 15-

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ فِيهَا أَنْهَارٌ مِّن مَّاء غَيْرِ آسِنٍ وَأَنْهَارٌ مِن لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُ وَأَنْهَارٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشَّارِبِينَ وَأَنْهَارٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّى وَلَهُمْ فِيهَا مِن كُلِّ الثَّمَرَاتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّن رَّبِّهِمْ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِي النَّارِ وَسُقُوا مَاء حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَاءهُمْ

TERJEMAH :

(Apakah) perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?

TAFSIR :

Sifat surga yang dijanjikan Allah kepada orang-orang yang bertakwa: di dalamnya ada sungai-sungai besar dari air yang tiada berubah, sungai-sungai dari susu yang tiada berubah rasanya, sungai-sungai dari khamer yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai dari madu yang telah disaring dari noda-noda yang mencampurinya. Di dalam surga ini orang-orang yang bertakwa akan memperoleh segala macam buah-buahan dan selainnya. Dan yang lebih besar dari pada itu ialah diampuni dosa-dosa mereka. Apakah orang yang berada di surga seperti ini sama dengan orang yang tinggal didalam neraka selama-lamanya tidak pernah bisa keluar darinya dan mereka diberi minuman dengan air yang mendidih hingga memotnog-motong usus mereka.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*