TAFSIR AL-MUYASAR SURAT ATH-THUUR 31-35

ATH-THUUR : 31-

قُلْ تَرَبَّصُوا فَإِنِّي مَعَكُم مِّنَ الْمُتَرَبِّصِينَ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Tunggulah, maka sesungguhnya akupun termasuk orang yang menunggu (pula) bersama kamu”.

TAFSIR :

katakanlah kepada mereka, “Tunggulah kematianku, karena sesungguhnya aku pun termasuk orang-orang yang menunggu bersama kalian adzab menimpa kalian, dan kalian akan melihat bagi siapakah akibat yang baik.”

ATH-THUUR : 32-

أَمْ تَأْمُرُهُمْ أَحْلَامُهُم بِهَذَا أَمْ هُمْ قَوْمٌ طَاغُونَ

TERJEMAH :

Apakah mereka diperintah oleh fikiran-fikiran mereka untuk mengucapkan tuduhan-tuduhan ini ataukah mereka kaum yang melampaui batas?

TAFSIR :

Bahkan apakah orang-orang yang mendustakan itu diperintahkan oleh akal mereka untuk mengucapkan kata-kata yang kontradiktif ini? Sebab sifat-sifat perdukunan, syair dan kegilaan tidak mungkin terkumpul dalam satu waktu. Tetapi mereka adalah kaum yang melampaui batas dalam kedzaliman.

ATH-THUUR : 33-

أَمْ يَقُولُونَ تَقَوَّلَهُ بَل لَّا يُؤْمِنُونَ

TERJEMAH :

Ataukah mereka mengatakan: “Dia (Muhammad) membuat-buatnya”. Sebenarnya mereka tidak beriman.

TAFSIR :

Bahkan apakah orang-orang musyrik itu mengatakan, “Muhammad membuat-buat al-Qur’an dari dirinya sendiri?” bahkan mereka itu tidak beriman. Seandainya mereka beriman, niscaya tidak mengucapkan kata-kata seperti itu.

ATH-THUUR : 34-

فَلْيَأْتُوا بِحَدِيثٍ مِّثْلِهِ إِن كَانُوا صَادِقِينَ

TERJEMAH :

Maka hendaklah mereka mendatangkan kalimat yang semisal Al Qur’an itu jika mereka orang-orang yang benar.

TAFSIR :

Silahkan mereka mendatangkan kalam (kaliamt) semisal al-Qur’an, jika mereka orang-orang yang benar -dalam sangkaan mereka- bahwa Muhammad telah menagada-adakannya.

ATH-THUUR : 35-

أَمْ خُلِقُوا مِنْ غَيْرِ شَيْءٍ أَمْ هُمُ الْخَالِقُونَ

TERJEMAH :

Apakah mereka diciptakan tanpa sesuatupun ataukah mereka yang menciptakan (diri mereka sendiri)?

TAFSIR :

Apakah orang-orang musyrik itu diciptakan dengan tanpa Pencipta, ataukah mereka yang menciptaka diri mereka sendiri? Kedua perkara itu batil dan mustahil. Dengan demikian jelaslah bahwa Allah-lah yang menciptakan mereka, dan Dia sajalah yang berhak disembah, dan ibadah tidak patut diberikan kecuali untuk-Nya.

Bagikan

PPDB ONLINE

VIDEO PROFIL IBNU UMAR

Putar Video

TAFSIR AL- MUYASSAR

TAFSIR AL-MUYASAR SURAT ATH-THAGHAABUN AYAT 7

ATH-THAGHAABUN : 7- زَعَمَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَن لَّن يُبْعَثُوا قُلْ بَلَى وَرَبِّي لَتُبْعَثُنَّ ثُمَّ لَتُنَبَّؤُنَّ بِمَا عَمِلْتُمْ وَذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ TERJEMAHAN : Orang-orang yang kafir mengatakan bahwa mereka sekali-kali tidak akan dibangkitkan. Katakanlah: “Memang, demi Tuhanku, benar-benar kamu akan

Selengkapnya »