ASY-SYUURAA: 16-

وَالَّذِينَ يُحَاجُّونَ فِي اللَّهِ مِن بَعْدِ مَا اسْتُجِيبَ لَهُ حُجَّتُهُمْ دَاحِضَةٌ عِندَ رَبِّهِمْ وَعَلَيْهِمْ غَضَبٌ وَلَهُمْ عَذَابٌ شَدِيدٌ

TERJEMAH :

Dan orang-orang yang membantah (agama) Allah sesudah agama itu diterima maka bantahan mereka itu sia-sia saja, di sisi Tuhan mereka. Mereka mendapat kemurkaan (Allah) dan bagi mereka azab yang sangat keras.

TAFSIR :

Dan orang-orang yang mendebat agama Allah yang dengannya Aku mengutus Muhammad, setelah manusia menjawab ajakannya dan masuk Islam, hujjah dan debat mereka batil lagi sia-sia di sisi Rabb mereka. Bagi mereka dari Allah kemurkaan di dunia, dan di akhirat mereka mendapatkan adzab yang keras, yaitu api neraka.

Asbabun Nuzul :

Ibnul Mundzir meriwayatkan dari Ikrimah berkata : ketika turun surat an-Nashr ayat 1, orang-orang musyrik di Makkah berkata kepada orang-orang Mukmin yang ada di antara mereka : Orang-orang telah masuk ke dalam agama Allah dengan berbondong-bondong, lalu mereka semua telah dikeluarkan dari sisi kami, mengapa kalian masih tetap tinggal di sini?? Maka turun ayat 16 ini.

Abdurrazzaq meriwayatkan dari Qatadah tentang firman Allah ayat 16 ini. Dia berkata : Mereka adalah orang-orang Yahudi dan Nasrani, mereka berkata : Kitab kami ada sebelum kitab kalian, nabi kami ada sebelum nabi kalian dan kami lebih baik daripada kalian.

ASY-SYUURAA: 17-

اللَّهُ الَّذِي أَنزَلَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ وَالْمِيزَانَ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ قَرِيبٌ

TERJEMAH :

Allah-lah yang menurunkan kitab dengan (membawa) kebenaran dan (menurunkan) neraca (keadilan). Dan tahukah kamu, boleh jadi hari kiamat itu (sudah) dekat ?

TAFSIR :

Allah yang menurunkan al-Qur’an dan kitab-kitab lainnya dengan benar. Dia menurunkan timbangan, yaitu keadilan sebagai neraca hukum di antara manusia dengan obyektif. Siapa yang memberitahumu dan menyampaikan kepadamu bahwa saat kehadiran Kiamat memang sudah dekat??

ASY-SYUURAA: 18-

يَسْتَعْجِلُ بِهَا الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِهَا وَالَّذِينَ آمَنُوا مُشْفِقُونَ مِنْهَا وَيَعْلَمُونَ أَنَّهَا الْحَقُّ أَلَا إِنَّ الَّذِينَ يُمَارُونَ فِي السَّاعَةِ لَفِي ضَلَالٍ بَعِيدٍ

TERJEMAH :

Orang-orang yang tidak beriman kepada hari kiamat meminta supaya hari itu segera didatangkan dan orang-orang yang beriman merasa takut kepadanya dan mereka yakin bahwa kiamat itu adalah benar (akan terjadi). Ketahuilah bahwa sesungguhnya orang-orang yang membantah tentang terjadinya kiamat itu benar-benar dalam kesesatan yang jauh.

TAFSIR :

Orang-orang yang tidak beriman kepada Hari Kiamat meminta disegerakannya Kiamat sebagai bentuk perolok-olokan dan penghinaan. Sedangkan orang-orang yang beriman kepadanya takut kepadanya, mereka mengetahui bahwa ia adalah haq yang tidak mengandung kebimbangan. Ketahuilah bahwa orang-orang yang mendebat kedatangan Kiamat benar-benar dalam kesesatan yang jauh dari kebenaran.

ASY-SYUURAA: 19-

اللَّهُ لَطِيفٌ بِعِبَادِهِ يَرْزُقُ مَن يَشَاء وَهُوَ الْقَوِيُّ العَزِيزُ

TERJEMAH :

Allah Maha lembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezki kepada yang di kehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa.

TAFSIR :

Allah Mahakasih kepada hamba-hamba-Nya, melapangkan rizki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya atas siapa yang Dia kehendaki sesuai dengan hikmah-Nya. Dia Mahakuat yang memiliki seluruh kekuatan. Mahaperkasa dalam pembalasan-Nya terhadap orang-orang yang mendurhakai-Nya.

ASY-SYUURAA: 20-

مَن كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الْآخِرَةِ نَزِدْ لَهُ فِي حَرْثِهِ وَمَن كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الدُّنْيَا نُؤتِهِ مِنْهَا وَمَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِن نَّصِيبٍ

TERJEMAH :

Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat.

TAFSIR :

Barangsiapa menginginkan dengan amalnya pahala akhirat, maka dia menunaikan hak-hak Allah dan berinfak mendukung dakwah kepada agama, Kami menambahkan kebaikan pada amal perbuatannya, amal kebaikannya dilipatgandakan sampai sepuluh kali lipatnya sampai tambahan yang dikehendaki Allah. Dan barangsiapa menginginkan dunia semata dengan amal perbuatannya, maka Kami akan memberinya apa yang Kami bagikan untuknya, dan di akhirat dia tidak memperoleh pahala apa pun.

Tafsir Al-Muyasar Surat Asy-Syuuraa Ayat 16-20
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*