TAFSIR AL-MUYASAR SURAT ASH-SHAFF AYAT 14

ASH-SHAFF : 14-

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُونوا أَنصَارَ اللَّهِ كَمَا قَالَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ لِلْحَوَارِيِّينَ مَنْ أَنصَارِي إِلَى اللَّهِ قَالَ الْحَوَارِيُّونَ نَحْنُ أَنصَارُ اللَّهِ فَآَمَنَت طَّائِفَةٌ مِّن بَنِي إِسْرَائِيلَ وَكَفَرَت طَّائِفَةٌ فَأَيَّدْنَا الَّذِينَ آَمَنُوا عَلَى عَدُوِّهِمْ فَأَصْبَحُوا ظَاهِرِينَ

TERJEMAHAN :

Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penolong (agama) Allah sebagaimana ‘Isa ibnu Maryam telah berkata kepada pengikut- pengikutnya yang setia: “Siapakah yang akan menjadi penolong- penolongku (untuk menegakkan agama) Allah?” Pengikut-pengikut yang setia itu berkata: “Kamilah penolong-penolong agama Allah”, lalu segolongan dari Bani Israil beriman dan segolongan lain kafir; maka Kami berikan kekuatan kepada orang-orang yang beriman terhadap musuh-musuh mereka, lalu mereka menjadi orang-orang yang menang.

TAFSIR :

Hai orang-orang yang membenarkan Allah dan Rasul-Nya serta melaksanakan syariat-Nya. Jadilah kalian para penolong agama Allah, sebagaimana para pengikut dan para sahabat setia Nabi Isa menjadi para penolong agama Allah, ketika Isa berkata kepada mereka : Siapakah di antara kalian yang bersedia menolong dan membantuku dalam perkara yang dapat mendekatkan kepada Allah?? Mereka menjawab : Kamilah para penolong agama Allah. Lalu segolongan dari Bani Israil mendapatkan petunjuk, dan segolongan yang lain tersesat. Maka Kami teguhkan orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, serta Kami menolong mereka terhadap orang-orang yang memusuhi mereka dari sekte-sekte sesat Nasrani, sehingga mereka menang atas musuh mereka. Yaitu dengan diutusnya Muhammad.