AL-QOMAR  : 41-

وَلَقَدْ جَاء آلَ فِرْعَوْنَ النُّذُرُ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya telah datang kepada kaum Fir’aun ancaman-ancaman.

TAFSIR :

Sesungguhnya telah datang kepada para pengikut Fir’aun peringatan Kami berupa hukuman bagi mereka atas kekafiran mereka.

AL-QOMAR  : 42-

كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا كُلِّهَا فَأَخَذْنَاهُمْ أَخْذَ عَزِيزٍ مُّقْتَدِرٍ

TERJEMAH :

Mereka mendustakan mu’jizat kami semuanya, lalu Kami azab mereka sebagai azab dari Yang Maha Perkasa lagi Maha Kuasa [1439]

[1439] Maksudnya 9 buah mu’jizat yang diberikan Allah kepada Nabi Musa u Lihat not [927] Peringatan kepada kaum musyrikin bahwa mereka tidak lebih kuat dari umat-umat yang telah dihancurkan Allah.

TAFSIR :

Mereka mendustakan bukti-bukti Kami seluruhnya yang menunjukkan atas keesaan Kami dan kenabian para nabi Kami. Lalu Kami hokum mereka dengan adzab sebagai hukuman dari Yang Mahaperkasa yang tidak terkalahkan, lagi Mahakuasa atas segala yang dikehendaki-Nya.

AL-QOMAR  : 43-

أَكُفَّارُكُمْ خَيْرٌ مِّنْ أُوْلَئِكُمْ أَمْ لَكُم بَرَاءةٌ فِي الزُّبُرِ

TERJEMAH :

Apakah orang-orang kafirmu (hai kaum musyrikin) lebih baik dari mereka itu, atau apakah kamu telah mempunyai jaminan kebebasan (dari azab) dalam Kitab-kitab yang dahulu [1440]

[1440] Maksudnya lebih baik tentang kedudukan duniawi, kekuasaan dan kekuatan.

TAFSIR :

Apakah kaum kafir kalian, wahai kaum Quraisy, lebih baik daripada orang-orang yang telah disebutkan, yaitu orang-orang yang dibinasakan dikarenakan pendustaan mereka. Ataukah kalian mempunyai jaminan keterbebasan dari adzab Allah yang tertulis dalam kitab-kitab yang diturunkan kepada para nabi terdahulu tentang terbebas dari adzab??

AL-QOMAR  : 44-

أَمْ يَقُولُونَ نَحْنُ جَمِيعٌ مُّنتَصِرٌ

TERJEMAH :

Atau apakah mereka mengatakan: “Kami adalah satu golongan yang bersatu yang pasti menang.”

TAFSIR :

Bahkan, apakah kaum kafir Makkah mengatakan : Kami adalah orang-orang yang memiliki tekad dan pendapat serta memiliki persatuan. Kami adalah golongan yang selalu menang, tidak bias dikalahkan oleh siapa saja yang bermaksud jahat kepada kami??

AL-QOMAR  : 45-

سَيُهْزَمُ الْجَمْعُ وَيُوَلُّونَ الدُّبُرَ

TERJEMAH :

Golongan itu pasti akan dikalahkan dan mereka akan mundur ke belakang.

TAFSIR :

Golongan kaum kafir itu akan kalah di hadapan kaum Mukmin, dan mereka akan mundur ke belakang. Ini benar-benar terjadi dalam perang Badar.

TAFSIR AL-MUYASAR SURAT AL-QOMAR 41-45
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*