AL-QOMAR: 1-

اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانشَقَّ الْقَمَرُ

TERJEMAH :

Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan [1435].

[1435] Yang dimaksud dengan “saat” di sini ialah terjadinya hari kiamat atau saat kehancuran kaum musyrikin, dan “terbelahnya bulan” ialah suatu mu’jizat Nabi Muhammad r.

TAFSIR :

Kiamat sudah dekat, dan bulan terbelah menjadi dua. Ketika kaum kafir Makkah meminta kepada Nabi صلی الله عليه وسلمsupaya memperlihatkan kepada mereka suatu tanda (mukjizat), maka Nabi berdoa kepada Allah, lalu Allah memperlihatkan tanda tersebut.

AL-QOMAR: 2-

وَإِن يَرَوْا آيَةً يُعْرِضُوا وَيَقُولُوا سِحْرٌ مُّسْتَمِرٌّ

TERJEMAH :

Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat suatu tanda (mu’jizat), mereka berpaling dan berkata: “(Ini adalah) sihir yang terus menerus”.

TAFSIR :

Jika orang-orang musyrik itu melihat tanda dan bukti atas kebenaran Rasul, Muhammadصلی الله عليه وسلم, mereka berpaling dari beriman kepadanya dan membenarkannya, mendustakan lagi mengingkari, dan berkata setelah melihat bukti, “Ini adalah sihir batil, yang akan hilang tidak berlanjut.”

AL-QOMAR: 3-

وَكَذَّبُوا وَاتَّبَعُوا أَهْوَاءهُمْ وَكُلُّ أَمْرٍ مُّسْتَقِرٌّ

TERJEMAH :

Dan mereka mendutakan (Nabi) dan mengikuti hawa nafsu mereka, sedang tiap-tiap urusan telah ada ketetapannya [1436]

[1436] Maksudnya bahwa segala urusan itu pasti berjalan sampai waktu yang telah ditetapkan terjadinya, seperti: urusan Rasulullah dalam meninggikan kalimat Allah pasti sampai pada akhirnya yaitu kemenangan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Sedang urusan orang yang mendustakannya pasti sampai pula pada akhirnya, yaitu kekalahan di dunia dan siksaan di akhirat.

TAFSIR :

Mereka mendustakan Nabi صلی الله عليه وسلمdan mengikuti kesesatan mereka serta ajakan hawa nafsu untuk melakukan kedustaan. Padahal tiap-tiap urusan, baik kebaikan maupun keburukan, akan menimpa pelakunya pada Hari kiamat ketika pahala dan siksa diperlihatkan.

AL-QOMAR: 4-

وَلَقَدْ جَاءهُم مِّنَ الْأَنبَاء مَا فِيهِ مُزْدَجَرٌ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka beberapa kisah yang di dalamnya terdapat cegahan (dari kekafiran).

TAFSIR :

Sesungguhnya telah datang kepada kaum kafir Quraisy beberapa berita umat-umat yang telah mendustakan rasul-rasul mereka berikut adzab yang menimpa mereka, yang semuanya itu sudah cukup untuk membuat mereka jera dari kekafiran dan kesesatan mereka.

AL-QOMAR: 5-

حِكْمَةٌ بَالِغَةٌ فَمَا تُغْنِ النُّذُرُ

TERJEMAH :

Itulah suatu hikmah yang sempurna maka peringatan-peringatan itu tidak berguna (bagi mereka).

TAFSIR :

Al-Qur’an yang datang kepada mereka itu adalah hikmah yang sangat besar sampai pada puncaknya, maka peringatan apakah yang berguna bagi kaum yang berpaling dan mendustakannya?

TAFSIR AL-MUYASAR SURAT AL-QOMAR 1-5
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*