TAFSIR AL-MUYASAR SURAT AL-MUMTAHANAH AYAT 1

AL-MUMTAHANAH: 1-

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا عَدُوِّي وَعَدُوَّكُمْ أَوْلِيَاء تُلْقُونَ إِلَيْهِم بِالْمَوَدَّةِ وَقَدْ كَفَرُوا بِمَا جَاءكُم مِّنَ الْحَقِّ يُخْرِجُونَ الرَّسُولَ وَإِيَّاكُمْ أَن تُؤْمِنُوا بِاللَّهِ رَبِّكُمْ إِن كُنتُمْ خَرَجْتُمْ جِهَادًا فِي سَبِيلِي وَابْتِغَاء مَرْضَاتِي تُسِرُّونَ إِلَيْهِم بِالْمَوَدَّةِ وَأَنَا أَعْلَمُ بِمَا أَخْفَيْتُمْ وَمَا أَعْلَنتُمْ وَمَن يَفْعَلْهُ مِنكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاء السَّبِيلِ

TERJEMAHAN :

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil musuh-Ku dan musuhmu menjadi teman-teman setia yang kamu sampaikan kepada mereka (berita-berita Muhammad), karena rasa kasih sayang; padahal sesungguhnya mereka telah ingkar kepada kebenaran yang datang kepadamu, mereka mengusir Rasul dan (mengusir) kamu karena kamu beriman kepada Allah, Tuhanmu. Jika kamu benar-benar keluar untuk berjihad di jalan-Ku dan mencari keridhaan-Ku (janganlah kamu berbuat demikian). Kamu memberitahukan secara rahasia (berita-berita Muhammad) kepada mereka, karena rasa kasih sayang. Aku lebih mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. Dan barangsiapa di antara kamu yang melakukannya, maka sesungguhnya dia telah tersesat dari jalan yang lurus.

TAFSIR :

Hai orang-orang yang membenarkan Allah dab Rasul-Nya serta mengamalkan syariat-Nya. Janganlah kalian menjadikan musuh-Ku dan musuh kalian sebagai teman-teman setia yang kalian berikan kasih sayang kepada mereka, lalu kalian menyampaikan kepada mereka berita-berita Rasul dan rahasia kaum muslimin. Padahal mereka telah mengingkari kebenaran yang datang kepada kalian, yaitu keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya serta al-Qur’an yang di turunkan kepadanya. Mereka mengusir Rasul dan mengusir kalian, wahai orang-orang Mukmin, dari Makkah, karena kalian percaya kepada Allah, Rabb kalian, dan mengesakan-Nya. Jika kalian, wahai orang-orang Mukmin, berhijrah untuk berjihad di jalan-Ku, mencari keridhaan-Ku kepada kalian, maka janganlah kalian mencintai musuh-Ku dan musuh kalian, dengan menyampaikan rahasia kepada mereka karena kasih sayang. Aku lebih mengetahui apa yang kalian sembunyikan dan apa yang kalian nyatakan. Barangsiapa di antara kalian yang melakukan hal itu, maka ia telah menyimpang dari jalan yang benar, dan tersesat dari jalan yang lurus.

Asbabun Nuzul :

Asy-Syaikhan meriwayatkan dari Ali berkata : Rasulullah mengirimku Bersama az-Zubair dan al-Miqdad bin al-Aswad, beliau bersabda : Pergilah ke Raudhah Khakh, di sana ada seorang wanita yang bepergian dengan membawa surat, ambillah  surat itu darinya dan berikan kepadaku. Kami berangkat, kami menyusul wanita itu, kami berkata kepadanya : Keluarkanlah surat. Dia menjawab : Aku tidak membawa surat. Kami berkata lagi : Keluarkan surat itu atau buka baju. Maka dia pun mengambilnya dari ikatan rambutnya, maka kami membawanya kepada Rasulullah, ternyata surat itu dari Hatib bin Abu Balta’ah kepada beberapa orang musyrik di Makkah yang berisi berita sebagian rahasia Nabi kepada mereka. Nabi bertanya kepada Hatib : Apa ini wahai Hatib?? Hatib menjawab : Ya Rasulullah, jangan terburu-buru marah kepadaku, aku orang yang hidup di antara Quraisy tetapi aku bukan dari mereka, orang-orang Muhajirin yang bersamamu mempunyai kerabat yang dengannya mereka menjaga keluarga dan harta mereka di Makkah, aku ingin pada saat aku tidak mempunyai hubungan nasab dengan mereka mempunyai jasa atas mereka yang dengannya mereka bersedia menjaga kerabatku. Aku tidak melakukan itu karena kekufuran dan murtad dari agamaku serta rela terhadap kekufuran. Nabi bersabda : Dia benar. Padanya turun ayat 1 ini.