Tafsir Al-Muyasar Surat Al-Mukminuun 106-110

AL-MUKMINUUN : 106-

قَالُوا رَبَّنَا غَلَبَتْ عَلَيْنَا شِقْوَتُنَا وَكُنَّا قَوْمًا ضَالِّينَ

TERJEMAH :

Mereka berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah dikuasai oleh kejahatan kami, dan adalah kami orang-orang yang sesat.

TAFSIR :

Yakni ketika para Rasul itu menyampaikan risalahnya kepada mereka dan memperingatkan mereka, mereka berkata pada Hari Kiamat : Wahai Rabb kami!! Kami telah dikalahkan oleh kejahatan diri kami, dan hawa nafsu kami yang telah menguasai diri kami dalam ilmu-Mu yang mendahului. Dan dikarenakan perbuatan kami ini, kami tersesat dari hidayah.

AL-MUKMINUUN : 107-

رَبَّنَا أَخْرِجْنَا مِنْهَا فَإِنْ عُدْنَا فَإِنَّا ظَالِمُونَ

TERJEMAH :

Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami daripadanya (dan kembalikanlah kami ke dunia), maka jika kami kembali (juga kepada kekafiran), sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zalim.”

TAFSIR :

Wahai Rabb kami!! Keluarkanlah kami dari neraka dan kembalikanlah kami ke dunia. Maka jika kami kembali pada kesesatan, sesungguhnya kami adalah orang-orang zhalim yang pantas untuk diadzab.

AL-MUKMINUUN : 108-

قَالَ اخْسَؤُوا فِيهَا وَلَا تُكَلِّمُونِ

TERJEMAH :

Allah berfirman: “Tinggallah dengan hina di dalamnya, dan janganlah kamu berbicara dengan Aku.

TAFSIR :

Allah berfirman kepada mereka : Tinggallah di dalam neraka dengan kehinaan dan janganlah kamu berbicara dengan diri-Ku. Maka terputuslah doa dan harapan mereka saat itu.

AL-MUKMINUUN : 109-

إِنَّهُ كَانَ فَرِيقٌ مِّنْ عِبَادِي يَقُولُونَ رَبَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَأَنتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ

TERJEMAH :

Sesungguhnya, ada segolongan dari hamba-hamba-Ku berdo’a (di dunia): “Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling Baik.

TAFSIR :

Sesungguhnya ada segolongan dari hamba-hamba-Ku yakni orang-orang yang beriman berdoa : Wahai Rabb kami!! Kami telah beriman, maka tutupilah dosa-dosa kami dan berilah kami rahmat, karena Engkau adalah sebaik-baik yang memberikan kasih saying.

AL-MUKMINUUN : 110-

فَاتَّخَذْتُمُوهُمْ سِخْرِيًّا حَتَّى أَنسَوْكُمْ ذِكْرِي وَكُنتُم مِّنْهُمْ تَضْحَكُونَ

TERJEMAH :

Lalu kamu menjadikan mereka buah ejekan, sehingga (kesibukan) kamu mengejek mereka, menjadikan kamu lupa mengingat Aku, dan adalah kamu selalu mentertawakan mereka,

TAFSIR :

Kalian sibuk mengejek mereka hingga kalian lupa mengingat Allah. Kalian selalu mendustakan dan kalian menertawakan mereka sebagai ejekan dan olokan.

Bagikan

PPDB ONLINE

VIDEO PROFIL IBNU UMAR

Putar Video

TAFSIR AL- MUYASSAR

TAFSIR AL-MUYASAR SURAT ATH-THAGHAABUN AYAT 1

ATH-THAGHAABUN : 1- يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ TERJEMAHAN : Bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi; hanya Allah lah yang

Selengkapnya »