TAFSIR AL-MUYASAR SURAT AL-JUMU’AH AYAT 11

AL-JUMU’AH : 11-

وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا قُلْ مَا عِندَ اللَّهِ خَيْرٌ مِّنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِ وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

TERJEMAHAN :

Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah: “Apa yang di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perniagaan”, dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezki.

TAFSIR :

Ketika sebagian kaum muslimin melihat perniagaan atau sesuatu dari permainan dunia dan perhiasannya, maka mereka bubar menuju kepadanya dan mereka meninggalkanmu, wahai Rasul, berdiri berkhutbah di atas mimbar. Katakanlah kepada mereka, wahai Nabi : Apa yang ada di sisi Allah, berupa pahala dan kenikmatan, itu adalah lebih bermanfaat bagi kalian daripada permainan dan perniagaan. Allah sajalah sebaik-baik Pemberi Rizki, maka mintalah dari-Nya, dan jadikanlah ketaatan kepada-Nya sebagai penolong kalian untuk mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat yang ada di sisi-Nya.

ASBABUN NUZUL :

Asy-Syaikhan meriwayatkan dari Jabir, dia berkata : Nabi sedang berkhutbah pada hari jum’at, pada saat itu ada sebuah rombongan dagang tiba, maka mereka keluar kepadanya sehingga yang tersisa hanyalah dua belas orang, maka Allah menurunkan ayat 11 ini.

Ibnu Jarir meriwayatkan dari Jabir juga Berkata : Jika para gadis menikah maka merela melewati pandai besi dan seruling, mereka membiarkan Nabi berdiri berkhutbah di atas mimbar dan mereka menuju kepadanya, maka ia turun : Sepertinya ia turun pada keduanya sekaligus.

Lalu aku melihat Ibnul Mundzir meriwayatkannya dari Jabir tentang kisah pernikahan dan kedatangan rombongan dagang sekaligus dari satu jalan dan bahwa ia turun pada dua perkara sekaligus.

Bagikan

PPDB ONLINE

VIDEO PROFIL IBNU UMAR

Putar Video

TAFSIR AL- MUYASSAR

TAFSIR AL-MUYASAR SURAT AL-MUNAAFIQUN AYAT 5

AL-MUNAAFIQUN : 5- وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ تَعَالَوْا يَسْتَغْفِرْ لَكُمْ رَسُولُ اللَّهِ لَوَّوْا رُؤُوسَهُمْ وَرَأَيْتَهُمْ يَصُدُّونَ وَهُم مُّسْتَكْبِرُونَ TERJEMAHAN : Dan apabila dikatakan kepada mereka: Marilah (beriman), agar Rasulullah memintakan ampunan bagimu, mereka membuang muka mereka dan kamu lihat mereka berpaling

Selengkapnya »

TAFSIR AL-MUYASAR SURAT AL-MUNAAFIQUN AYAT 4

AL-MUNAAFIQUN : 4- وَإِذَا رَأَيْتَهُمْ تُعْجِبُكَ أَجْسَامُهُمْ ۖ وَإِن يَقُولُوا۟ تَسْمَعْ لِقَوْلِهِمْ ۖ كَأَنَّهُمْ خُشُبٌۭ مُّسَنَّدَةٌۭ ۖ يَحْسَبُونَ كُلَّ صَيْحَةٍ عَلَيْهِمْ ۚ هُمُ ٱلْعَدُوُّ فَٱحْذَرْهُمْ ۚ قَـٰتَلَهُمُ ٱللَّهُ ۖ أَنَّىٰ يُؤْفَكُونَ TERJEMAHAN : Dan apabila kamu melihat mereka, tubuh-tubuh mereka menjadikan

Selengkapnya »