AL-HADIID : 11

مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗ وَلَهٗٓ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

TERJEMAH :

Barangsiapa meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah akan mengembalikannya berlipat ganda untuknya, dan baginya pahala yang mulia,

TAFSIR :

Siapakah yang berinfak di jalan Allah dengan tulus dari hatinya tanpa mengungkit-ungkit dan menyakiti perasaan, lalu Rabb-nya akan melipat-gandakan pahala untuknya, dan Dia akan memperoleh balasan yang mulia, yaitu surga?

AL-HADIID : 12

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ يَسْعٰى نُوْرُهُمْ بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ بُشْرٰىكُمُ الْيَوْمَ جَنّٰتٌ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۗ ذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُۚ

TERJEMAH :

Pada hari engkau akan melihat orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan, betapa cahaya mereka bersinar di depan dan di samping kanan mereka, (dikatakan kepada mereka), “Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Demikian itulah kemenangan yang agung.”

TAFSIR :

Pada hari ketika kamu melihat orang-orang beriman, baik laki-laki maupun perempuan, cahaya mereka berjalan di atas Shirath di depan dan di sebelah kanan mereka, sesuai kadar amal mereka, seraya dikatakan kepada mereka, ”Kabar gembira untuk kalian pada hari ini, yaitu masuk surga yang luas yang mengalir sungai-sungai di bawah istana-istana dan pepohonannya, tidak akan keluar darinya selamanya. Balasan itu adalah keberuntungan yang besar bagi kalian di akhirat.

AL-HADIID : 13

يَوْمَ يَقُوْلُ الْمُنٰفِقُوْنَ وَالْمُنٰفِقٰتُ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوا انْظُرُوْنَا نَقْتَبِسْ مِنْ نُّوْرِكُمْۚ قِيْلَ ارْجِعُوْا وَرَاۤءَكُمْ فَالْتَمِسُوْا نُوْرًاۗ فَضُرِبَ بَيْنَهُمْ بِسُوْرٍ لَّهٗ بَابٌۗ بَاطِنُهٗ فِيْهِ الرَّحْمَةُ وَظَاهِرُهٗ مِنْ قِبَلِهِ الْعَذَابُۗ

TERJEMAH :

Pada hari orang-orang munafik laki-laki dan perempuan berkata kepada orang-orang yang beriman, “Tunggulah kami! Kami ingin mengambil cahayamu.” (Kepada mereka) dikatakan, ”Kembalilah kamu ke belakang dan carilah sendiri cahaya (untukmu).” Lalu di antara mereka dipasang dinding (pemisah) yang berpintu. Di sebelah dalam ada rahmat dan di luarnya hanya ada azab.

TAFSIR :

Pada hari ketika orang-orang munafik, baik laki-laki maupun perempuan, mengatakan kepada orang-orang yang beriman, ‘Tunggulah kami, agar kami dapat mengambil sebagian dari cahaya kalian.” Maka malaikat berkata kepada mereka, sebagai ejekan terhadap mereka, “Kembalilah ke belakang kalian. lalu carilah cahaya untuk diri kalian sendiri.” Lalu mereka dipisahkan dengan dinding-dinding yang mempunyai pintu, di bagian dalamnya yang dekat dengan orang-orang Mukmin terdapat rahmat, sedangkan di sebelah luarnya yang dekat dengan orang-orang munafik terdapat siksa.

AL-HADIID : 14

يُنَادُوْنَهُمْ اَلَمْ نَكُنْ مَّعَكُمْۗ قَالُوْا بَلٰى وَلٰكِنَّكُمْ فَتَنْتُمْ اَنْفُسَكُمْ وَتَرَبَّصْتُمْ وَارْتَبْتُمْ وَغَرَّتْكُمُ الْاَمَانِيُّ حَتّٰى جَاۤءَ اَمْرُ اللّٰهِ وَغَرَّكُمْ بِاللّٰهِ الْغَرُوْرُ

TERJEMAH :

Orang-orang munafik memanggil orang-orang mukmin, “Bukankah kami dahulu bersama kamu?” Mereka menjawab, “Benar, tetapi kamu mencelakakan dirimu sendiri, dan hanya menunggu, meragukan (janji Allah) dan ditipu oleh angan-angan kosong sampai datang ketetapan Allah; dan penipu (setan) datang memperdaya kamu tentang Allah.

TAFSIR :

Orang-orang munafik memanggil orang-orang Mukmin seraya berkata, “Bukankah kami dahulu bersama-sama dengan kalian semasa di dunia: kami melaksanakan syiar-syiar agama seperti kalian?” Orang-orang Mukmin berkata kepada mereka, “Benar, kalian bersama kami secara zhahirnya, tetapi kalian membinasakan diri kalian sendiri dengan kemunafikan dan kemaksiatan. Kalian menunggu Nabi tertimpa kematian dan kaum Mukmin mengalami  kehancuran, kalian ragu-ragu terhadap kebang-kitan setelah kematian. dan kalian telah ditipu oleh angan-angan kalian yang sia-sia. Kalian tetap demikian hingga kematian datang kepada kalian, dan kalian telah ditipu oleh setan terhadap Allah.”

AL-HADIID : 15

فَالْيَوْمَ لَا يُؤْخَذُ مِنْكُمْ فِدْيَةٌ وَّلَا مِنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْاۗ مَأْوٰىكُمُ النَّارُۗ هِيَ مَوْلٰىكُمْۗ وَبِئْسَ الْمَصِيْرُ

TERJEMAH :

Maka pada hari ini tidak akan diterima tebusan dari kamu maupun dari orang-orang kafir. Tempat kamu di neraka. Itulah tempat berlindungmu, dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.”

TAFSIR :

Pada hari ini tidak diterima dari salah seorang dari kalian. wahai orang-orang munafik, ganti untuk menebus dari adzab Allah, dan tidak pula diterima dari orang-orang yang kafir kepada Allah dan Rasul-Nya. Tempat kembali kalian semua adalah neraka. Itulah yang lebih patut bagi kalian daripada semua tempat, dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.

TAFSIR AL-MUYASAR SURAT AL-HADID 11-15

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *