ADZ-DZAARIYAAT : 51-

وَلَا تَجْعَلُوا مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ إِنِّي لَكُم مِّنْهُ نَذِيرٌ مُّبِينٌ

TERJEMAH :

Dan janganlah kamu mengadakan tuhan yang lain disamping Allah. Sesungguhnya aku seorang pemberi peringatan yang nyata dari Allah untukmu.

TAFSIR :

Janganlah kalian menjadikan sembahan yang lain bersama Allah. Sesungguhnya aku adalah seornag pemberi peringatan yang sangat jelas dari Allah untuk kalian.

ADZ-DZAARIYAAT : 52-

كَذَلِكَ مَا أَتَى الَّذِينَ مِن قَبْلِهِم مِّن رَّسُولٍ إِلَّا قَالُوا سَاحِرٌ أَوْ مَجْنُونٌ

TERJEMAH :

Demikianlah tidak seorang rasulpun yang datang kepada orang-orang yang sebelum mereka, melainkan mereka mengatakan: “Dia adalah seorang tukang sihir atau seorang gila.”

TAFSIR :

Sebagaimana kaum Quraisy mendustakan Nabinya, Muhammad ﷺ, dan mengatakan, “Ia adalah seorang tukang sihir atau ornag gila,” demikian pula umat-umat yang mendustakan para Rasul mereka sebelum kaum Quraisy melakukan hal yang sama, lalu Allah menimpakan adzab-Nya kepada mereka.

ADZ-DZAARIYAAT : 53-

أَتَوَاصَوْا بِهِ بَلْ هُمْ قَوْمٌ طَاغُونَ

TERJEMAH :

Apakah mereka saling berpesan tentang apa yang dikatakan itu. Sebenarnya mereka adalah kaum yang melampaui batas.

TAFSIR :

Apakah orang-orang terdahulu dan dan kemudian saling berpesan untuk mendustakan para Rasul, ketika mereka mengatakan itu semua? Bahkan mereka adalah kaum yang melampaui batas, yang serupa hati dan perbuatan mereka dengan kekufuran dan perbuatan melampaui batas, sehingga orang-orang yang terakhir dari mereka mengatakan demikian, sebagaimana para pendahulu mereka mengatakan demikian.

ADZ-DZAARIYAAT : 54-

فَتَوَلَّ عَنْهُمْ فَمَا أَنتَ بِمَلُومٍ

TERJEMAH :

Maka berpalinglah kamu dari mereka dan kamu sekali-kali tidak tercela.

TAFSIR :

Berpalinglah, wahai Rasul, dari orang-orang musyrik hingga datang perintah Allah kepadamu mengenai mereka. Kamu sekali-kali tidak dicela oleh seorang pun, karena engkau telah menyampaikan risalahmu.

ADZ-DZAARIYAAT : 55-

وَذَكِّرْ فَإِنَّ الذِّكْرَى تَنفَعُ الْمُؤْمِنِينَ

TERJEMAH :

Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman.

TAFSIR :

Di samping engkau tetap berpaling, wahai Rasul, dari mereka dan tidak menghiraukan pengabaian mereka, hendaklah engkau tetap berdakwah menyeru manusia kepada agama Allah, dan tetap menasihati orang-orang yang kepada merekalah engkau diutus. Karena peringatan dan nasihat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki hati yang beriman. Keduanya berisi penegakan hujjah terhadap orang-orang yang berpaling.

TAFSIR AL-MUYASAR SURAT ADZ-DZAARIYAAT 51-55
share

Tinggalkan Balasan

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*