Tafsir Al-Muyasar Surat Yunus 1-10

YUNUS : 1

الر تِلْكَ آيَاتُ الْكِتَابِ الْحَكِيمِ
Terjemah :
Alif laam raa [668]. Inilah ayat-ayat Al Qur an yang mengandung hikmah.

[668] Lihat not. 10.
Tafsir :
Aliif laam raa. Penjelasan tentang penggalan huruf (al-huruuf al-muqaththaah) ini telah dibahas pada awal Surat al-Baqarah. Ini adalah ayat-ayat Kitab (al-Qur an) yang jelas. Alla telah menjelaskan dan menerangkannya kepada hamba-hamba-Nya.

YUNUS : 2

أَكَانَ لِلنَّاسِ عَجَبًا أَنْ أَوْحَيْنَا إِلَى رَجُلٍ مِّنْهُمْ أَنْ أَنذِرِ النَّاسَ وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُواْ أَنَّ لَهُمْ قَدَمَ صِدْقٍ عِندَ رَبِّهِمْ قَالَ الْكَافِرُونَ إِنَّ هَـذَا لَسَاحِرٌ مُّبِينٌ
Terjemah :
Patutkah menjadi keheranan bagi manusia bahwa Kami mewahyukan kepada seorang laki-laki di antara mereka: “Berilah peringatan kepada manusia dan gembirakanlah orang-orang beriman bahwa mereka mempunyai kedudukan yang tinggi di sisi Tuhan mereka”. Orang-orang kafir berkata: “Sesungguhnya orang ini (Muhammad) benar-benar adalah tukang sihir yang nyata”
Tafsir :
Apakah mengherankan bagi manusia bahwa Kami mewahyukan al-Qur an kepada salah seorang di antara mereka yang mengingatkan akan siksa Allah dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, bahwa mereka akan mrndapat balasan yang baik atas amal shalih yang mereka kerjakan? Maka dari itu, tatkala Rasulullah صلی الله عليه وسلم  membawa firman Allah dan membacakannya di hadapan mereka, orang-orang kafir berkata : Sesungguhnya Muhammad adalah seorang penyihir. Yang disampaikannya itu tidak lain adalah sihir yang jelas-jelas tidak benar.

Asbabun Nuzul :

Ibnu Jarir meriwayatkan dari jalan adh-Dhahhak dari Ibnu Abbas berkata : Pada saat Allah mengutus Muhammad صلی الله عليه وسلم  sebagai Rasul, orang-orang Arab mengingkari hal itu, atau di antara mereka ada yang mengingkari, mereka berkata : Allah lebih agung untuk mengutus seorang manusia sebagai Rasul. Maka Allah menurunkan ayat 2 ini. Dia juga menurunkan : Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan orang laki-laki… (Yusuf:109). Ketika Allah mengulang-ngulang hujjah atas mereka, mereka berkata : Jika memang manusia yang diangkat menjadi Rasul, maka selaian Muhammad lebih berhak atas kerasulan ini. Dan mereka berkata : Mengapa al-Qur an ini tidak diturunkan kepada seorang besar dari salah satu dua negeri ini?? (Az-Zukhruf:31). Mereka berkata : Yang lebih mulia daripada Muhammad. Maksud mereka adalah al-Walid bin al-Mughirah dari Makkah dan Mas ud bin Amru ats-Tsaqafi dari Thaif, maka Allah menurunkan bantahan atas mereka : Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Tuhanmu?? (Az-Zukhruf: 32).

YUNUS : 3

إِنَّ رَبَّكُمُ اللّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُدَبِّرُ الأَمْرَ مَا مِن شَفِيعٍ إِلاَّ مِن بَعْدِ إِذْنِهِ ذَلِكُمُ اللّهُ رَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ أَفَلاَ تَذَكَّرُونَ
Terjemah :
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafaat kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran?
Tafsir :
Sesungguhnya Rabb kalian adalah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari. Kemudian Allah ber istiwa (tinggi dan meninggi) di atas Arsy dengan cara istiwa yang sesuai dengan kemuliaan dan keagungan-Nya, mengatur segala urusan hamba-ya. Tidak ada seorang pun yang bisa menolak keputusan-Nya dan tidak ada seorang pun yang bisa memberi syafaat pada Hari Kiamat, kecuali dengan izin-Nya. Maka sembahlah Rabb kalian (yang memiliki sifat-sifat tersebut) dan beribadahlah dengan penuh keihlasan. Tidakkah kalian mengambil pelajaran dengan ayat-ayat dan dalil-dalil tersebut??

YUNUS : 4

إِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا وَعْدَ اللّهِ حَقًّا إِنَّهُ يَبْدَأُ الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيدُهُ لِيَجْزِيَ الَّذِينَ آمَنُواْ وَعَمِلُواْ الصَّالِحَاتِ بِالْقِسْطِ وَالَّذِينَ كَفَرُواْ لَهُمْ شَرَابٌ مِّنْ حَمِيمٍ وَعَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُواْ يَكْفُرُونَ
Terjemah :
Hanya kepadaNyalah kamu semuanya akan kembali; sebagai janji yang benar daripada Allah, sesungguhnya Allah menciptakan makhluk pada permulaannya kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali (sesudah berbangkit), agar Dia memberi pembalasan kepada orang-orang yang beriman dan yang mengerjakan amal saleh dengan adil. Dan untuk orang-orang kafir disediakan minuman air yang panas dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka.
Tafsir :
Hanya kepada-Nya lah kalian semua akan kembali kelak pada Hari Kiamat. Inilah janji Allah yang hak (benar). Dialah yang menciptakan makhluk pada permulaannya, kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali setelah mati. Maka dia menjadi hiduo seperti sebelum matinya, untuk memberikan pembalasan yang adil kepada orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan yang mengerjakan amal shalih, yaitu sebaik-baik balasan. Untuk orang-orang yang mengingkari keesaan Allah dan risalah Rasul-Nya, telah disediakan bagi mereka minuman yang sangat panas, yang bisa menghanguskan wajah dan menghancurkan isi perut. Bagi mereka siksa yang amat pedih lagi menyakitkan atas pengingkaran serta kesesatan mereka.

YUNUS : 5

هُوَ الَّذِي جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاء وَالْقَمَرَ نُورًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُواْ عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ مَا خَلَقَ اللّهُ ذَلِكَ إِلاَّ بِالْحَقِّ يُفَصِّلُ الآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ
Terjemah :
Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak [669]. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.

[669] Maksudnya: Allah menjadikan semua yang disebutkan itu bukanlah dengan percuma, melainkan dengan penuh hikmah.
Tafsir :
Allah-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, serta menetapkan peredaran bukan. Dengan matahari, engkau mengetahui bilangan hari. Lalu dengan bulan engkau akan mengetahui bilangan bulan dan tahun. Allah tidak menciptakan matahari dan bukan itu kecuali ada hikmah besar yang terkandung di dalamnya, serta untuk menunjukkan kekuasaan dan ilmu Allah. Selain itu, untuk menjelaskan tanda-tanda dan hujjah-hujjah kekuasaan-Nya kepada orang-orang yang mengetahui hikmah penciptaan makhluk.

YUNUS : 6

إِنَّ فِي اخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَمَا خَلَقَ اللّهُ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ لآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَتَّقُونَ
Terjemah :
Sesungguhnya pada pertukaran malam dan siang itu dan pada apa yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan-Nya) bagi orang- orang yang bertakwa.
Tafsir :
Sesungguhnya pada pergantian malam dan siang itu dan pada keajaiban-keajaiban yang Allah ciptakan dilangit dan di bumi, dan didalam keduanya merupakan tanda-tanda yang jelas bagi orang-orang yang takut akan hukuman, murka dan siksa dari Allah.

YUNUS : 7

إَنَّ الَّذِينَ لاَ يَرْجُونَ لِقَاءنَا وَرَضُواْ بِالْحَياةِ الدُّنْيَا وَاطْمَأَنُّواْ بِهَا وَالَّذِينَ هُمْ عَنْ آيَاتِنَا غَافِلُونَ
Terjemah :
Sesungguhnya orang-orang yang tidak mengharapkan (tidak percaya akan) pertemuan dengan Kami, dan merasa puas dengan kehidupan dunia serta merasa tenteram dengan kehidupan itu dan orang-orang yang melalaikan ayat-ayat Kami,
Tafsir :
Sesungguhnya orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan Kami di akhirat untuk dihisab, juga tidak menginginkan pahala atas amal mereka karena mereka mengingkari Hari Kebangkitan. Lalu mereka rela mengganti kehidupan akhirat dengan kehidupan di dunia dan mereka merasa tenteram didalamnya. Dan orang-orang yang melalaikan ayat-ayat kauniyah dan syariah.

YUNUS : 8

أُوْلَـئِكَ مَأْوَاهُمُ النُّارُ بِمَا كَانُواْ يَكْسِبُونَ
Terjemah :
mereka itu tempatnya ialah neraka, disebabkan apa yang selalu mereka kerjakan.
Tafsir :
Tempat kembali mereka di akhirat adalah Neraka Jahanam, sebagai balasan atas dosa dan kesalahan-kesalahan yang mereka perbuat selama di dunia.

YUNUS : 9

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُواْ وَعَمِلُواْ الصَّالِحَاتِ يَهْدِيهِمْ رَبُّهُمْ بِإِيمَانِهِمْ تَجْرِي مِن تَحْتِهِمُ الأَنْهَارُ فِي جَنَّاتِ النَّعِيمِ
Terjemah :
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya [670], di bawah mereka mengalir sungai- sungai di dalam syurga yang penuh kenimatan.
________________________________________
[670] Maksudnya: diberi petunjuk oleh Allah untuk mengerjakan amal-amal yang menyampaikan surga.
Tafsir :
Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya serta mengerjakan amal shalih, Allah akan menunjukkan mereka jalan ke surga, dan memberikan taufik untuk melakukan amal-amal yang bisa membawa ke surga disebabkan keimanan mereka. Kemudian memberikan balasan kepada mereka dengan memasukkan mereka ke dalam surga dan mendapatkan keridhaan-Nya. Mereka berada didalam surga yang penuh kenikmatan, yang mengalir sungai-sungai di bawah kamar-kamar dan rumah-rumahnya sungai-sungai.

YUNUS : 10

دَعْوَاهُمْ فِيهَا سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيهَا سَلاَمٌ وَآخِرُ دَعْوَاهُمْ أَنِ الْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Terjemah :
Doa [671] mereka di dalamnya ialah: “Subhanakallahumma” [672], dan salam penghormatan mereka ialah: “Salam” [673]. Dan penutup doa mereka ialah: “Alhamdulilaahi Rabbil aalamin [674].
________________________________________
[671] Maksudnya: puja dan puji mereka kepada Allah.
[672] Artinya: Maha Suci Engkau, wahai Tuhan kami.
[673] Artinya: sejahtera dari segala bencana [674] Artinya: segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
Tafsir :
Doa mereka di dalam surga adalah tasbih: Subhaanakallaahumma (Mahasuci Engkau, ya Allah), dan ucapan selamat dari Allah dan malaikat kepada mereka, juga antara sesama penghuni surga adalah salam. Dan penutup doa mereka adalah : Alhamdu lillaahi rabbil aalamiin (Segala puji bagi Allah, Rabb seluruh alam), yaitu bentuk rasa syukur dan pujian bagi Allah, Pencipta seluruh makhluk dan Pemelihara mereka lewat curahan nikmat-nikmat-Nya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*