Tafsir Al-Muyasar Surat Yaasiin 81-83

YAASIIN : 81-

أَوَلَيْسَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِقَادِرٍ عَلَى أَنْ يَخْلُقَ مِثْلَهُم بَلَى وَهُوَ الْخَلَّاقُ الْعَلِيمُ

TERJEMAH :

Dan tidaklah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi itu berkuasa menciptakan yang serupa dengan itu? Benar, Dia berkuasa. Dan Dialah Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui.

TAFSIR :

Bukankah Allah yang telah menciptakan langit, bumi dan apa yang ada pada keduanya mampu menciptakan yang semisal dengan mereka, lalu mengembalikan mereka sebagaimana Dia mengawali penciptaan mereka?? Benar, Dia mampu untuk itu. Karena Dia adalah Maha Pencipta terhadap seluruh makhluk-Nya. Maha Mengetahui segala apa yang telah Dia ciptakan dan akan Dia ciptakan, tidak ada sesuatu yang samar bagi-Nya.

YAASIIN : 82-

إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ

TERJEMAH :

Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” maka terjadilah ia.

TAFSIR :

Perkara Allah saat Dia menghendaki sesuatu adalah hanya dengan mengatakan : Jadilah. Maka ia pun jadi. Termasuk dalam hal ini mematikan, menghidupkan, membangkitkan dan mengumpulkan.

YAASIIN : 83-

فَسُبْحَانَ الَّذِي بِيَدِهِ مَلَكُوتُ كُلِّ شَيْءٍ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

TERJEMAH :

Maka Maha Suci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaaan atas segala sesuatu dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.

TAFSIR :

Mahasuci dan Mahatinggi Allah dari kesyirikan dan kelemahan. Karena Dia adalah Maharaja yang menguasai segala sesuatu, yang mengatur segala urusan makhluk-Nya tanpa penentang dan penghalang, dan bukti-bukti kekuasaan dan kesempurnaan nikmat-Nya telah terlihat, serta hanya kepada-Nya kalian akan dikembalikan untuk menghadapi hisab dan pembalasan.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*