Tafsir Al-Muyasar Surat Yaasiin 76-80

YAASIIN : 76-

فَلَا يَحْزُنكَ قَوْلُهُمْ إِنَّا نَعْلَمُ مَا يُسِرُّونَ وَمَا يُعْلِنُونَ

TERJEMAH :

Maka janganlah ucapan mereka menyedihkan kamu. Sesungguhnya Kami mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka nyatakan.

TAFSIR :

Janganlah kamu (wahai Rasul) bersedih karena kekufuran mereka kepada Allah, pendustaan mereka kepadamu dan penghinaan mereka kepadamu. Sesungguhnya Kami mengetahui apa yang mereka sembunyikan dan apa yang mereka tampakkan, dan Kami akan membalas mereka atasnya.

YAASIIN : 77-

أَوَلَمْ يَرَ الْإِنسَانُ أَنَّا خَلَقْنَاهُ مِن نُّطْفَةٍ فَإِذَا هُوَ خَصِيمٌ مُّبِينٌ

TERJEMAH :

Dan apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari setitik air (mani), maka tiba-tiba ia menjadi penantang yang nyata!

TAFSIR :

Apakah orang yang mengingkari kebangkitan itu tidak melihat awal mula penciptaannya sehingga dia bisa menjadikannya sebagai bukti atas kebangkitannya, bahwa Kami menciptakannya dari setetes air yang selanjutnya berproses sampai ia menjadi manusia dewasa, dan ternyata dia adalah pendebat yang ulung yang banyak menyangkal??

Asbabun Nuzul :

Nabi menjawab : Ya, Allah membangkitkan ini kemudian Dia mematikanmu, kemudian Dia menghidupkanmu kemudian memasukkanmu ke dalam Neraka Jahanam, maka turun ayat 77 sampai dengan akhir surat ini.

Ibnu Abu Hatim meriwayatkan dari beberapa jalan dari Mujahid, Ikrimah,Urwah bin az-Zubair dan as-Suddi yang senada dengannya, mereka menamakannya Ubay bin Khalaf.

YAASIIN : 78-

وَضَرَبَ لَنَا مَثَلًا وَنَسِيَ خَلْقَهُ قَالَ مَنْ يُحْيِي الْعِظَامَ وَهِيَ رَمِيمٌ

TERJEMAH :

Dan ia membuat perumpamaan bagi Kami; dan dia lupa kepada kejadiannya; ia berkata: “Siapakah yang dapat menghidupkan tulang belulang, yang telah hancur luluh?”

TAFSIR :

Orang yang mengingkari kebangkitan membuat perumpamaan kepada Kami  dengan sebuah perumpamaan yang tidak patut baginya untuk membuatnya. Yaitu menyamakan kuasa Khalik dengan kuasa makhluk, dan dia lupa awal penciptaannya. Maka dia berkata : Siapa yang akan menghidupkan tulang-tulang yang lapuk dan sudah menjadi tanah??

YAASIIN : 79-

قُلْ يُحْيِيهَا الَّذِي أَنشَأَهَا أَوَّلَ مَرَّةٍ وَهُوَ بِكُلِّ خَلْقٍ عَلِيمٌ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Ia akan dihidupkan oleh Tuhan yang menciptakannya kali yang pertama. Dan Dia Maha Mengetahui tentang segala makhluk.

TAFSIR :

katakan kepadanya : Yang menghidupkannya adalah yang menciptakannya pertama kali, dan Dia Maha Mengetahui seluruh makhluk-Nya, tidak ada sesuatu-pun yang samar bagi-Nya.

YAASIIN : 80-

الَّذِي جَعَلَ لَكُم مِّنَ الشَّجَرِ الْأَخْضَرِ نَارًا فَإِذَا أَنتُم مِّنْهُ تُوقِدُونَ

TERJEMAH :

yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu”.

TAFSIR :

Dia-lah yang mengeluarkan bagi kalian api yang membakar dari pohon basah lagi hijau, kalian menyalakan api dari pohon. Dia mampu mengeluarkan sesuatu dari lawannya. Hal ini mengandung dalil atas keesaan Allah dan kesempurnaan kuasa-Nya, dan diantaranya adalah menghidupkan kembali orang-orang yang mati dari kubur mereka.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*