Tafsir Al-Muyasar Surat Yaasiin 71-75

YAASIIN : 71-

أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّا خَلَقْنَا لَهُمْ مِمَّا عَمِلَتْ أَيْدِينَا أَنْعَامًا فَهُمْ لَهَا مَالِكُونَ

TERJEMAH :

Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebahagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami sendiri, lalu mereka menguasainya?

TAFSIR :

Apakah para makhluk tidak melihat bahwa Kami menciptakan ternak-ternak untuk mereka, Kami menundukkannya untuk mereka, lalu mereka memiliki urusan ternak-ternak itu??

YAASIIN : 72-

وَذَلَّلْنَاهَا لَهُمْ فَمِنْهَا رَكُوبُهُمْ وَمِنْهَا يَأْكُلُونَ

TERJEMAH :

Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka; maka sebahagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebahagiannya mereka makan.

TAFSIR :

Dan Kami menundukkannya untuk mereka. Di antara ternak-ternak itu ada yang mereka kendarai dalam perjalanan, ada yang mereka gunakan untuk membawa beban dan ada yang mereka makan dagingnya.

YAASIIN : 73-

وَلَهُمْ فِيهَا مَنَافِعُ وَمَشَارِبُ أَفَلَا يَشْكُرُونَ

TERJEMAH :

Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?

TAFSIR :

Mereka juga mendapat manfaat-manfaat lain yang bisa mereka petik, seperti manfaat wol, bulu dan rambut sebagai peralatan, pakaian dan lain-lainnya, mereka juga minum susunya. Mengapa mereka tidak mau bersyukur kepada Allah yang telah memberikan nikmat-nikmat ini kepada mereka dengan mengikhlaskan ibadah hanya kepada-Nya??

YAASIIN : 74-

وَاتَّخَذُوا مِن دُونِ اللَّهِ آلِهَةً لَعَلَّهُمْ يُنصَرُونَ

TERJEMAH :

Mereka mengambil sembahan-sembahan selain Allah, agar mereka mendapat pertolongan.

TAFSIR :

Orang-orang musyrikin mengangkat Illah-Illah lain selain Allah dengan harapan Illah-Illah itu bisa menolong mereka dan menyelamatkan mereka dari adzab Allah atas mereka.

YAASIIN : 75-

لَا يَسْتَطِيعُونَ نَصْرَهُمْ وَهُمْ لَهُمْ جُندٌ مُّحْضَرُونَ

TERJEMAH :

Berhala-berhala itu tiada dapat menolong mereka; padahal berhala- berhala itu menjadi tentara yang disiapkan untuk menjaga mereka.

TAFSIR :

Illah-Illah itu tidak kuasa menolong para penyembahnya dan tidak pula mampu menolong diri mereka sendiri. Orang-orang musyrikin berikut Illah-Illah yang mereka sembah, akan dihadirkan seluruhnya kepada adzab, sebagian berlepas diri dari sebagian yang lain.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*