Tafsir Al-Muyasar Surat Yaasiin 21-25

YAASIIN : 21-

اتَّبِعُوا مَن لاَّ يَسْأَلُكُمْ أَجْرًا وَهُم مُّهْتَدُونَ

TERJEMAH :

Ikutilah orang yang tiada minta balasan kepadamu; dan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.

TAFSIR :

ikutilah mereka yang tidak memungut harta dari kalian sebagai imbalan dia menyampaikan risalah kepada kalian. Mereka juga di atas petunjuk dalam apa yang mereka dakwahkan kepada kalian, yaitu ibadah hanya kepada Allah semata. Ayat ini mengandung petunjuk tentang keutamaan orang yang berusaha untuk beramar ma’ruf dan bernahi mungkar.

YAASIIN : 22-

وَمَا لِي لاَ أَعْبُدُ الَّذِي فَطَرَنِي وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

TERJEMAH :

Mengapa aku tidak menyembah (Tuhan) yang telah menciptakanku dan yang hanya kepada-Nya-lah kamu (semua) akan dikembalikan?

TAFSIR :

Apa yang menghalangiku untuk beribadah kepada Allah yang telah menciptakanku, dan hanya kepada-Nya-lah segala urusan akan kembali??

YAASIIN : 23-

أَأَتَّخِذُ مِن دُونِهِ آلِهَةً إِن يُرِدْنِ الرَّحْمَن بِضُرٍّ لاَّ تُغْنِ عَنِّي شَفَاعَتُهُمْ شَيْئًا وَلاَ يُنقِذُونِ

TERJEMAH :

Mengapa aku akan menyembah tuhan-tuhan selain Nya jika (Allah) Yang Maha Pemurah menghendaki kemudharatan terhadapku, niscaya syafaat mereka tidak memberi manfaat sedikitpun bagi diriku dan mereka tidak (pula) dapat menyelamatkanku?

TAFSIR :

Apakah aku menyembah Illah-Illah lain selain Allah yang tidak memiliki sedikit pun dar sebuah wewenang bila Allah Yang Maha Pengasih menghendaki keburukan terhadapku, Illah-Illah itu tidak kuasa menolak hal itu atau mencegahnya, dan ia juga tidak mampu menyelamatkanku dari apa yang sedang aku hadapi??

YAASIIN : 24-

إِنِّي إِذًا لَّفِي ضَلاَلٍ مُّبِينٍ

TERJEMAH :

Sesungguhnya aku kalau begitu pasti berada dalam kesesatan yang nyata.

TAFSIR :

Sesungguhnya bila aku melakukan hal itu, maka aku benar-benar dalam kesalahan yang sangat nyata.

YAASIIN : 25-

إِنِّي آمَنتُ بِرَبِّكُمْ فَاسْمَعُونِ

TERJEMAH :

Sesungguhnya aku telah beriman kepada Tuhanmu; maka dengarkanlah (pengakuan keimanan) ku.

TAFSIR :

Sesungguhnya aku beriman kepada Rabb kalian, maka dengarkanlah apa yang aku katakan kepada kalian, taatilah aku dengan beriman kepada-Nya. Manakala dia berkata demikian, kaumnya mengepungnya dan membunuhnya, maka Allah memasukkannya ke dalam surga.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*