Tafsir Al-Muyasar Surat Yaasiin 16-20

YAASIIN : 16-

قَالُوا رَبُّنَا يَعْلَمُ إِنَّا إِلَيْكُمْ لَمُرْسَلُونَ

TERJEMAH :

Mereka berkata: “Tuhan kami mengetahui bahwa sesungguhnya kami adalah orang yang diutus kepada kamu”.

TAFSIR :

Para Rasul itu menegaskan : Rabb kami yang mengutus kami mengetahui bahwa sesungguhnya kami adalah utusan-utusan kepada kalian,

YAASIIN : 17-

وَمَا عَلَيْنَا إِلاَّ الْبَلاَغُ الْمُبِينُ

TERJEMAH :

Dan kewajiban kami tidak lain hanyalah menyampaikan (perintah Allah) dengan jelas”.

TAFSIR :

Dan tugas kami hanyalah menyampaikan risalah dengan jelas, kami tidak memegang kunci hidayah kalian, karena hidayah ada di tangan Allah semata.

YAASIIN : 18-

قَالُوا إِنَّا تَطَيَّرْنَا بِكُمْ لَئِن لَّمْ تَنتَهُوا لَنَرْجُمَنَّكُمْ وَلَيَمَسَّنَّكُم مِّنَّا عَذَابٌ أَلِيمٌ

TERJEMAH :

Mereka menjawab: “Sesungguhnya kami bernasib malang karena kamu, sesungguhnya jika kamu tidak berhenti (menyeru kami), niscaya kami akan merajam kamu dan kamu pasti akan mendapat siksa yang pedih dari kami”.

TAFSIR :

Penduduk desa berkata : Sesungguhnya kami merasa pesimistis terhadap kalian. Bila kalian tidak menghentikan dakwah kalian kepada kami maka kami akan membunuh kalian dengan melempari kalian dengan batu, dan sungguh hukuman yang setimpal lagi berat akan menimpa kalian dari kami.

YAASIIN : 19-

قَالُوا طَائِرُكُمْ مَعَكُمْ أَئِن ذُكِّرْتُم بَلْ أَنتُمْ قَوْمٌ مُّسْرِفُونَ

TERJEMAH :

Utusan-utusan itu berkata: “Kemalangan kamu adalah karena kamu sendiri. Apakah jika kamu diberi peringatan (kamu bernasib malang)? Sebenarnya kamu adalah kaum yang melampui batas”.

TAFSIR :

Para utusan itu berkata : Pesimis kalian dan amal perbuatan kalian berupa syirik dan keburukan bersama kalian dan tertolak atas kalian. Apakah bila kalian diingatkan dengan sesuatu yang mengandung kebaikan bagi kalian, kalian merasa pesimis dan kalian malah mengancam kami dengan rajam dan hukuman?? Sebaliknya kalian adalah suatu kaum yang sudah terbiasa melampaui batas dalam berbuat maksiat dan mendustakan.

YAASIIN : 20-

وَجَاء مِنْ أَقْصَى الْمَدِينَةِ رَجُلٌ يَسْعَى قَالَ يَا قَوْمِ اتَّبِعُوا الْمُرْسَلِينَ

TERJEMAH :

Dan datanglah dari ujung kota, seorang laki-laki dengan bergegas- gegas ia berkata: “Hai kaumku, ikutilah utusan-utusan itu”.

TAFSIR :

Seorang laki-laki dari sebuah tempat yang jauh di kota datang dengan tergesa-gesa. (Hal itu saat dia mengetahui bahwa penduduk desanya berniat membunuh atau menyiksa para rasul), dia berkata : Wahai kaum, ikutilah para utusan dari Allah kepada kalian,

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*