Tafsir Al-Muyasar Surat Thaha 56-60

THAHA : 56-

وَلَقَدْ أَرَيْنَاهُ آيَاتِنَا كُلَّهَا فَكَذَّبَ وَأَبَى

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya Kami telah perlihatkan kepadanya (Fir’aun) tanda-tanda kekuasaan Kami semuanya [927] maka ia mendustakan dan enggan (menerima kebenaran).

[927] Yang dimaksud dengan “tanda-tanda” di sini ialah tanda-tanda kenabian Musa surat (17) Al Isra’. Pada pertemuan antara nabi Musa u dengan Fir’aun ini,yang diperlihatkan baru dua, yaitu tongkat nabi Musa u menjadi ular dan tangannya menjadi putih cemerlang.

TAFSIR :

Sesungguhnya Kami telah memperlihatkan kepada Fir”aun tanda-tanda dan keterangan-keterangan Kami seluruhnya yang menunjukkan atas Uluhiyyah Kami dan kekuasaan Kami, serta kebenaran risalah Musa, lalu ia mendustakannya dan menolak menerima kebenaran.

THAHA : 57-

قَالَ أَجِئْتَنَا لِتُخْرِجَنَا مِنْ أَرْضِنَا بِسِحْرِكَ يَا مُوسَى

TERJEMAH :

Berkata Fir’aun: “Adakah kamu datang kepada kami untuk mengusir kami dari negeri kami (ini) dengan sihirmu, hai Musa?

TAFSIR :

Fir’aun berkata : Adakah kamu datang kepada kami, wahai Musa, untuk mengusir kami dari negeri kami sendiri dengan sihirmu ini??

THAHA : 58-

فَلَنَأْتِيَنَّكَ بِسِحْرٍ مِّثْلِهِ فَاجْعَلْ بَيْنَنَا وَبَيْنَكَ مَوْعِدًا لَّا نُخْلِفُهُ نَحْنُ وَلَا أَنتَ مَكَانًا سُوًى

TERJEMAH :

Dan kami pun pasti akan mendatangkan (pu|a) kepadamu sihir semacam itu, maka buatlah suatu waktu untuk pertemuan antara kami dan kamu, yang kami tidak akan menyalahinya dan tidak (pula) kamu di suatu tempat yang pertengahan (letaknya).

TAFSIR :

Kami akan mendatangkan sihir kepadamu seperti sihirmu, maka tetapkanlah waktu tertentu untuk pertemuan antara kami dan kamu, yang tidak akan kita selisihi, baik dari pihak kamimaupun kamu, di tempat pertengahan antara kami denganmu.

THAHA : 59-

قَالَ مَوْعِدُكُمْ يَوْمُ الزِّينَةِ وَأَن يُحْشَرَ النَّاسُ ضُحًى

TERJEMAH :

Berkata Musa: “Waktu untuk pertemuan (kami dengan) kamu itu ialah di hari raya dan hendaklah dikumpulkan manusia pada waktu matahari sepenggalahan naik”.

TAFSIR :

Musa berkata : Waktu yang ditentukan bagi kalian untuk pertemuan adalah hari raya, ketika manusia berhias, dan mereka akan berkumpul dari segala penjuru pada waktu Dhuha.

THAHA : 60-

فَتَوَلَّى فِرْعَوْنُ فَجَمَعَ كَيْدَهُ ثُمَّ أَتَى

TERJEMAH :

Maka Fir’aun meninggalkan (tempat itu), lalu mengatur tipu dayanya, kemudian dia datang [929].

[929] Maksudnya: sete;ah Fir’aun mengatur tipu dayanya dan waktu untuk pertemuan telah datang yaitu hari raya, maka Fir’aun bersama pengikut-pengikut nya datanglah ketempat yang ditentukan itu

TAFSIR :

Maka Fir’aun pergi dalam keadaan berpaling dari kebenaran yang dibawa oleh Musa, lalu ia mengumpulkan para penyihirnya, kemudian setelah itu, ia datang ke tempat pertemuan yang telah ditetapkan waktunya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*