Tafsir Al-Muyasar Surat Thaha 101-105

THAHA : 101-

خَالِدِينَ فِيهِ وَسَاء لَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حِمْلًا

TERJEMAH :

mereka kekal di dalam keadaan itu. Dan amat buruklah dosa itu sebagai beban bagi mereka di hari kiamat,

TAFSIR :

Mereka kekal dalam adzab, Amat buruklah beban dosa yang sangat berat itu; karena beban itu memasukkan mereka ke neraka.

THAHA : 102-

يَوْمَ يُنفَخُ فِي الصُّورِ وَنَحْشُرُ الْمُجْرِمِينَ يَوْمَئِذٍ زُرْقًا

TERJEMAH :

(yaitu) di hari (yang di waktu itu) ditiup sangkakala [943] dan Kami akan mengumpulkan pada hari itu orang-orang yang berdosa dengan muka yang biru muram;

[943] Maksudnya: Tiupan sangkakala yang kedua, yaitu tiupan untuk membangkitkan manusia dari kuburnya atau menghidupkannya kembali.

TAFSIR :

Pada hari ketika malaikat meniup pada sangkakala untuk menyuarakan kebangkitan, dan Kami akan menggiring orang-orang kafir pada hari itu dalam keadaan muram. Kulit dan mata mereka berubah karena sedemikian berat dan mencekamnya peristiwa-peristiwa itu.

THAHA : 103-

يَتَخَافَتُونَ بَيْنَهُمْ إِن لَّبِثْتُمْ إِلَّا عَشْرًا

TERJEMAH :

mereka berbisik-bisik di antara mereka: “Kamu tidak berdiam (di dunia) melainkan hanyalah sepuluh (hari)”

TAFSIR :

Mereka berbisik-bisik di antara mereka, berkata satu sama lain : Kalian tidak tinggal di dunia kecuali hanya sepuluh hari.

THAHA : 104-

نَحْنُ أَعْلَمُ بِمَا يَقُولُونَ إِذْ يَقُولُ أَمْثَلُهُمْ طَرِيقَةً إِن لَّبِثْتُمْ إِلَّا يَوْمًا

TERJEMAH :

Kami lebih mengetahui apa yang mereka katakan, ketika berkata orang yang paling lurus jalannya [944] di antara mereka: “Kamu tidak berdiam (di dunia), melainkan hanyalah sehari saja”.

[944] Yang dimaksud dengan “lurus jalannya”, ialah orang yang agak lurus pikirannya atau amalannya diantara orang-orang yang berdosa itu.

TAFSIR :

Kami lebih mengetahui apa yang mereka katakan dan apa yang mereka rahasiakan, ketika orang yang paling mengerti dan paling sempurna akalnya di antara mereka berkata : Kalian tidak tinggal di dunia melainkan hanya sehari saja, karena pendeknya masa dunia dalam hati mereka pada Hari Kiamat.

THAHA : 105-

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْجِبَالِ فَقُلْ يَنسِفُهَا رَبِّي نَسْفًا

TERJEMAH :

Dan mereka bertanya kepadamu tentang gunung-gunung, maka katakanlah: “Tuhanku akan menghancurkannya (di hari kiamat) sehancur-hancurnya,

TAFSIR :

Kaummu bertanya kepadamu, wahai Rasul, tentang kesudahan gunung-gunung pada Hari Kiamat. Katakanlah kepada mereka : Rabbku akan melenyapkannya dari tempatnya, lalu menjadikannya sebagai debu-debu yang berhamburan.

Asbabun Nuzul :

Ibnul Mundzir meriwayatkan dari Ibnu Juraij berkata : Orang-orang Quraisy berkata : Ya Muhammad, apa yang Rabbmu perbuat terhadap gunung-gunung ini pada Hari Kiamat?? Maka turun ayat 105 ini.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*