Tafsir Al-Muyasar Surat Shaad 86-88

SHAAD : 86-

قُلْ مَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُتَكَلِّفِينَ

TERJEMAH :

Katakanlah (hai Muhammad): “Aku tidak meminta upah sedikitpun padamu atas da’wahku dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan.

TAFSIR :

Katakanlah (wahai Rasul) kepada orang-orang musyrikin dari kaummu : Saya tidak meminta upah atau balasan dari kalian atas dakwahku dan upayaku dalam membimbing kalian, saya tidak mengakui sesuatu yang bukan hakku. Sebaliknya saya hanya mengikuti apa yang diwahyukan kepadaku, saya juga tidak memaksakan diri untuk mengira-ngira atau membuat kebohongan.

SHAAD : 87-

إِنْ هُوَ إِلَّا ذِكْرٌ لِّلْعَالَمِينَ

TERJEMAH :

Al Qur’an ini tidak lain hanyalah peringatan bagi semesta alam.

TAFSIR :

Al-Qur’an ini hanyalah peringatan bagi alam semesta, jin dan manusia. Dengannya mereka mengetahui apa yang berguna bagi mereka terkait dengan kemaslahatan dunia dan agama mereka.

SHAAD : 88-

وَلَتَعْلَمُنَّ نَبَأَهُ بَعْدَ حِينٍ

TERJEMAH :

Dan sesungguhnya kamu akan mengetahui (kebenaran) berita Al Qur’an setelah beberapa waktu lagi [1306].

[1306] Kebenaran berita-berita Al Qur’an itu ada yang terlaksana di dunia dan ada pula yang terlaksana di akhirat; yang terlaksana di dunia seperti kebenaran janji Allah kepada orang-orang Mu’min bahwa mereka akan menang dalam peperangan dengan kaum musyrikin, dan yang terlaksana di akhirat seperti kebenaran janji Allah tentang balasan atau perhitungan yang akan dilakukan terhadap manusia.

TAFSIR :

Kalian (wahai orang-orang musyrikin) pasti akan mengetahui berita dan kebenaran al-Qur’an ini, saat Islam menang dan manusia masuk ke dalam agama Islam secara berbondong-bondong. Demikian pula saat adzab menimpa kalian dan segala sebab keselamatan terputus dari kalian.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*