Tafsir Al-Muyasar Surat Shaad 21-25

SHAAD : 21-

وَهَلْ أَتَاكَ نَبَأُ الْخَصْمِ إِذْ تَسَوَّرُوا الْمِحْرَابَ

TERJEMAH :

Dan adakah sampai kepadamu berita orang-orang yang berperkara ketika mereka memanjat pagar?

TAFSIR :

Apakah telah datang kepadamu (wahai Rasul) berita dua orang yang berselisih.

SHAAD : 22-

إِذْ دَخَلُوا عَلَى دَاوُودَ فَفَزِعَ مِنْهُمْ قَالُوا لَا تَخَفْ خَصْمَانِ بَغَى بَعْضُنَا عَلَى بَعْضٍ فَاحْكُم بَيْنَنَا بِالْحَقِّ وَلَا تُشْطِطْ وَاهْدِنَا إِلَى سَوَاء الصِّرَاطِ

TERJEMAH :

Ketika mereka masuk (menemui) Daud lalu ia terkejut karena kedatangan) mereka. Mereka berkata: “Janganlah kamu merasa takut; (kami) adalah dua orang yang berperkara yang salah seorang dari kami berbuat zalim kepada yang lain; maka berilah keputusan antara kami dengan adil dan janganlah kamu menyimpang dari kebenaran dan tunjukilah kami ke jalan yang lurus.

TAFSIR :

yang menyelinap masuk kepada Dawud di tempat ibadahnya sehingga hal itu mengejutkannya?? Mereka berkata kepadanya : Jangan takut, kami adalah dua seteru, salah seorang dari kami menzhalimi yang lain, berikanlah keputusan di antara kami dengan adil, jangan berbuat zhalim kepada kami dalam menetapkan hukum dan bimbinglah kami ke jalan yang lurus.

SHAAD : 23-

إِنَّ هَذَا أَخِي لَهُ تِسْعٌ وَتِسْعُونَ نَعْجَةً وَلِيَ نَعْجَةٌ وَاحِدَةٌ فَقَالَ أَكْفِلْنِيهَا وَعَزَّنِي فِي الْخِطَابِ

TERJEMAH :

Sesungguhnya saudaraku ini mempunyai sembilan puluh sembilan ekor kambing betina dan aku mempunyai seekor saja. Maka dia berkata : “Serahkanlah kambingmu itu kepadaku dan dia mengalahkan aku dalam perdebatan”.

TAFSIR :

Salah seorang dari keduanya berkata : Sesungguhnya ini adalah saudaraku, dia memiliki Sembilan puluh Sembilan domba, sedangkan saya hanya mempunyai seekor saja. Lalu yang ingin dimilikinya dia berkata kepadaku :  Berikanlah dombamu kepadaku. Dan dia mengalahkanku dengan hujjahnya.

SHAAD : 24-

قَالَ لَقَدْ ظَلَمَكَ بِسُؤَالِ نَعْجَتِكَ إِلَى نِعَاجِهِ وَإِنَّ كَثِيرًا مِّنْ الْخُلَطَاء لَيَبْغِي بَعْضُهُمْ عَلَى بَعْضٍ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَقَلِيلٌ مَّا هُمْ وَظَنَّ دَاوُودُ أَنَّمَا فَتَنَّاهُ فَاسْتَغْفَرَ رَبَّهُ وَخَرَّ رَاكِعًا وَأَنَابَ

TERJEMAH :

Daud berkata: “Sesungguhnya dia telah berbuat zalim kepadamu dengan meminta kambingmu itu untuk ditambahkan kepada kambingnya. Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebahagian mereka berbuat zalim kepada sebahagian yang lain, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh; dan amat sedikitlah mereka ini”. Dan Daud mengetahui bahwa Kami mengujinya; maka ia meminta ampun kepada Tuhannya lalu menyungkur sujud dan bertaubat.

TAFSIR :

Dawud berkata : Saudaramu itu telah menzhalimimu dengan meminta satu ekor kambingmu itu untuk digabungkan dengan kambing-kambingnya, dan sesungguhnya tidak sedikit partner yang melakukan pelanggaran terhadap yang lain, dan menzhaliminya dengan mengambil haknya dan tidak menetapkan keadilan untuk dirinya, kecuali orang-orang Mukmin yang shalih, sebagian dari mereka tidak melanggar sebagian yang lain, dan mereka berjumlah sedikit. Dan Dawud pun mengetahui bahwa Kami mengujinya dengan perseteruan ini, maka dia pun memohon ampun kepada Rabbnya, dia bersujud mendekatkan diri kepada Allah, kembali dan bertaubat kepada-Nya.

SHAAD : 25-

فَغَفَرْنَا لَهُ ذَلِكَ وَإِنَّ لَهُ عِندَنَا لَزُلْفَى وَحُسْنَ مَآبٍ

TERJEMAH :

Maka Kami ampuni baginya kesalahannya itu. Dan sesungguhnya dia mempunyai kedudukan dekat pada sisi Kami dan tempat kembali yang baik.

TAFSIR :

Maka Kami pun mengampuninya dan menjadikannya termasuk orang-orang yang dekat kepada Kami, Kami menyiapkan untuknya di akhirat tempat kembali yang baik.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*