Tafsir Al-Muyasar Surat Shaad 1-5

SHAAD : 1-

ص وَالْقُرْآنِ ذِي الذِّكْرِ

TERJEMAH :

Shaad, demi Al Qur’an yang mempunyai keagungan.

TAFSIR :

Shaad. Pembicaraan tentang huruf-huruf penggalan telah hadir di awal surat al-Baqarah. Allah bersumpah dengan al-Qur’an yang berisi peringatan kepada manusia terhadap sesuatu dimana mereka lalai darinya.

SHAAD : 2-

بَلِ الَّذِينَ كَفَرُوا فِي عِزَّةٍ وَشِقَاقٍ

TERJEMAH :

Sebenarnya orang-orang kafir itu (berada) dalam kesombongan dan permusuhan yang sengit.

TAFSIR :

Akan tetapi orang-orang kafir menyombongkan diri di depan kebenaran dan menyimpang darinya.

SHAAD : 3-

كَمْ أَهْلَكْنَا مِن قَبْلِهِم مِّن قَرْنٍ فَنَادَوْا وَلَاتَ حِينَ مَنَاصٍ

TERJEMAH :

Betapa banyaknya umat sebelum mereka yang telah Kami binasakan, lalu mereka meminta tolong padahal (waktu itu) bukanlah saat untuk lari melepaskan diri.

TAFSIR :

Kami telah membinasakan banyak umat sebelum orang-orang musyrikin tersebut, maka mereka berteriak minta pertolongan dan mengikrarkan diri untuk bertaubat, padahal waktu tersebut bukanlah waktu diterimanya taubat, bukan pula waktu untuk selamat dan berlari dari apa yang menimpa mereka.

SHAAD : 4-

وَعَجِبُوا أَن جَاءهُم مُّنذِرٌ مِّنْهُمْ وَقَالَ الْكَافِرُونَ هَذَا سَاحِرٌ كَذَّابٌ

TERJEMAH :

Dan mereka heran karena mereka kedatangan seorang pemberi peringatan (rasul) dari kalangan mereka; dan orang-orang kafir berkata: “Ini adalah seorang ahli sihir yang banyak berdusta”.

TAFSIR :

Orang-orang kafir itu merasa aneh terhadap pengangkatan Allah terhadap seorang manusia seperti mereka, untuk mengajak mereka kepada Allah dan menakut-nakuti mereka terhadap adzab-Nya, dan mereka berkata : Dia bukanlah seorang Rasul, akan tetapi seorang pembohong dalam perkataannya, penyihir terhadap kaumnya.

SHAAD : 5-

أَجَعَلَ الْآلِهَةَ إِلَهًا وَاحِدًا إِنَّ هَذَا لَشَيْءٌ عُجَابٌ

TERJEMAH :

Mengapa ia menjadikan tuhan-tuhan itu Tuhan Yang Satu saja? Sesungguhnya ini benar-benar suatu hal yang sangat mengherankan.

TAFSIR :

Mana mungkin Illah-Illah yang sangat banyak itu dijadikan hanya satu saja?? Sesungguhnya apa yang dia bawa dan apa yang dia serukan adalah sesuatu yang aneh.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*