Tafsir Al-Muyasar Surat Saba’ 46-50

SABA’ : 46-

قُلْ إِنَّمَا أَعِظُكُم بِوَاحِدَةٍ أَن تَقُومُوا لِلَّهِ مَثْنَى وَفُرَادَى ثُمَّ تَتَفَكَّرُوا مَا بِصَاحِبِكُم مِّن جِنَّةٍ إِنْ هُوَ إِلَّا نَذِيرٌ لَّكُم بَيْنَ يَدَيْ عَذَابٍ شَدِيدٍ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Sesungguhnya aku hendak memperingatkan kepadamu suatu hal saja, yaitu supaya kamu menghadap Allah (dengan ikhlas) berdua- dua atau sendiri-sendiri; kemudian kamu fikirkan (tentang Muhammad) tidak ada penyakit gila sedikitpun pada kawanmu itu. Dia tidak lain hanyalah pemberi peringatan bagi kamu sebelum (menghadapi) azab yang keras[1245].

[1245] “Berdua-dua atau sendiri-sendiri” maksudnya ialah bahwa dalam menghadap kepada Allah, kemudian merenungkan keadaan Muhammad r itu sebaiknya dilakukan dalam keadaan suasana tenang dan ini ti- dak dapat dilakukan dalam keadaan beramai-ramai.

TAFSIR :

Katakanlah (wahai Rasul) kepada orang-orang yang mendustakan lagi menentang itu : Aku hanya menasihatkan satu perkara kepada kalian : Hendaknya kalian menegakkan ketaatan kepada Allah, dua dua dan satu satu, kemudian renungkanlah keadaan teman kalian, Rasulullah dan apa yang dituduhkan kepadanya. Ternyata dia tidak gila, karena dia hanya pemberi peringatan kepada kalian, yang mengingatkan kalian terhadap adzab Jahanam sebelum kalian mencicipi panasnya.

SABA’ : 47-

قُلْ مَا سَأَلْتُكُم مِّنْ أَجْرٍ فَهُوَ لَكُمْ إِنْ أَجْرِيَ إِلَّا عَلَى اللَّهِ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Upah apapun yang aku minta kepadamu, maka itu untuk kamu[1246]. Upahku hanyalah dari Allah, dan Dia Maha Mengetahui sega- la sesuatu”.

[1246] Yang dimaksud dengan perkataan ini ialah bahwa Rasulullah r sekali-kali tidak meminta upah kepada mereka. Tetapi yang diminta Rasulullah r sebagai upah ialah agar mereka beriman kepada Allah. Dan iman itu adalah buat kebaikan mereka sendiri.

TAFSIR :

Katakanlah (wahai Rasul) kepada orang-orang kafir : Aku tidak meminta atas kebaikan yang aku bawa kepada kalian sebuah upah, sebaliknya ia untuk kalian saja. Upahku yang aku nanti-nantikan telah ditanggung oleh Allah Yang Maha Mengetahui amalku dan amal kalian, tiada sesuatu pun yang samar bagi-Nya. Dia membalas semua orang sesuai dengan apa yang menjadi haqnya.

SABA’ : 48-

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَقْذِفُ بِالْحَقِّ عَلَّامُ الْغُيُوبِ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku mewahyukan kebenaran. Dia Maha Mengetahui segala yang ghaib”.

TAFSIR :

Katakanlah (wahai Rasul) kepada pihak yang mengingkari tauhid dan risalah Islam : Sesungguhnya Rabbku melempari kebatilan dengan hujjah-hujjah kebenaran, maka hujjah-hujjah itu merobohkan dan menghancurkannya. Allah Maha Mengetahui perkara ghaib, tidak ada sesuatu pun yang samar bagi-Nya di bumi dan di langit.

SABA’ : 49-

قُلْ جَاء الْحَقُّ وَمَا يُبْدِئُ الْبَاطِلُ وَمَا يُعِيدُ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Kebenaran telah datang dan yang batil itu tidak akan memulai dan tidak (pula) akan mengulangi[1247]“.

[1247] Maksudnya ialah apabila kebenaran sudah datang maka kebatilan akan hancur binasa dan tidak dapat berbuat sesuatu untuk melawan dan meruntuhkan kebenaran itu.

TAFSIR :

Katakanlah (wahai Rasul) : Kebenaran dan syariat yang agung telah datang dari Allah. Kebatilan telah lenyap dan kekuasaannya telah sirna, sehingga tidak tersisa darinya yang bisa memulainya dan mengembalikannya.

SABA’ : 50-

قُلْ إِن ضَلَلْتُ فَإِنَّمَا أَضِلُّ عَلَى نَفْسِي وَإِنِ اهْتَدَيْتُ فَبِمَا يُوحِي إِلَيَّ رَبِّي إِنَّهُ سَمِيعٌ قَرِيبٌ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Jika aku sesat maka sesungguhnya aku sesat atas kemu- dharatan diriku sendiri; dan jika aku mendapat petunjuk maka itu adalah disebabkan apa yang diwahyukan Tuhanku kepadaku. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Dekat”.

TAFSIR :

Katakanlah : Bila aku menyimpang dari kebenaran, maku aku sendiri yang memikul dosa dari kesesatanku. Namun bila aku istiqomah diatasnya, maka hal itu dengan wahyu Allah yang Dia wahyukan kepadaku. Sesungguhnya Rabbku Maha Mendengar apa yang aku katakan kepada kalian, lagi Mahadekat kepada orang yang meminta dan berdoa kepada-Nya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*