Tafsir Al-Muyasar Surat Saba’ 31-35

SABA’ : 31-

وَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا لَن نُّؤْمِنَ بِهَذَا الْقُرْآنِ وَلَا بِالَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَلَوْ تَرَى إِذِ الظَّالِمُونَ مَوْقُوفُونَ عِندَ رَبِّهِمْ يَرْجِعُ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ الْقَوْلَ يَقُولُ الَّذِينَ اسْتُضْعِفُوا لِلَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا لَوْلَا أَنتُمْ لَكُنَّا مُؤْمِنِينَ

TERJEMAH :

Dan orang-orang kafir berkata: “Kami sekali-kali tidak akan beriman kepada Al Qur’an ini dan tidak (pula) kepada kitab yang sebelumnya”. Dan (alangkah hebatnya) kalau kamu lihat ketika orang-orang yang za- lim itu dihadapkan kepada Tuhannya, sebahagian dari mereka menghadap kan perkataan kepada sebagian yang lain; orang-orang yang dianggap lemah berkata kepada orang-orang yang menyombongkan diri: “Kalau tidaklah karena kamu tentulah kami menjadi orang-orang yang beriman”.

TAFSIR :

Orang-orang kafir berkata : Kami tidak akan mau membenarkan al-Qur’an ini dan tidak pula kitab-kitab yang mendahuluinya, seperti Taurat, Injil dan Zabur. Sungguh mereka telah mendustakan seluruh kitab-kitab Allah. Seandainya kamu melihat (wahai Rasul), saat orang-orang zhalim ditahan di depan Rabb mereka untuk menjalani hisab, mereka berbisik-bisik di antara mereka, masing-masing menyalahkan yang lain, niscaya kamu akan melihat sesuatu yang menyeramkan. Orang-orang lemah berkata kepada orang-orang yang sombong, dan mereka adalah para tokoh dan pemimpin yang sesat lagi menyesatkan : Kalu saja kalian tidak menyesatkan kami dari petunjuk, niscaya kami telah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

SABA’ : 32-

قَالَ الَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا لِلَّذِينَ اسْتُضْعِفُوا أَنَحْنُ صَدَدْنَاكُمْ عَنِ الْهُدَى بَعْدَ إِذْ جَاءكُم بَلْ كُنتُم مُّجْرِمِينَ

TERJEMAH :

Orang-orang yang menyombongkan diri berkata kepada orang-orang yang dianggap lemah: “Kamikah yang telah menghalangi kamu dari petunjuk sesudah petunjuk itu datang kepadamu? (Tidak), sebenarnya kamu sen- dirilah orang-orang yang berdosa”.

TAFSIR :

Para pemimpin berkata kepada para pengikutnya : Apakah kami telah melarang kalian dari hidayah setelah ia datang kepada kalian?? Sebaliknya kalian adalah para pendosa dengan masuk ke dalam kekufuran dengan keinginan dari kalian sendiri dan kerelaan.

SABA’ : 33-

وَقَالَ الَّذِينَ اسْتُضْعِفُوا لِلَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا بَلْ مَكْرُ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ إِذْ تَأْمُرُونَنَا أَن نَّكْفُرَ بِاللَّهِ وَنَجْعَلَ لَهُ أَندَادًا وَأَسَرُّوا النَّدَامَةَ لَمَّا رَأَوُا الْعَذَابَ وَجَعَلْنَا الْأَغْلَالَ فِي أَعْنَاقِ الَّذِينَ كَفَرُوا هَلْ يُجْزَوْنَ إِلَّا مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

TERJEMAH :

Dan orang-orang yang dianggap lemah berkata kepada orang-orang yang menyombongkan diri: “(Tidak) sebenarnya tipu daya(mu) di waktu ma- lam dan siang (yang menghalangi kami), ketika kamu menyeru kami su- paya kami kafir kepada Allah dan menjadikan sekutu-sekutu bagi-Nya”. Kedua belah pihak menyatakan penyesalan tatkala mereka melihat azab. Dan kami pasang belenggu di leher orang-orang yang kafir. Mereka ti- dak dibalas melainkan dengan apa yang telah mereka kerjakan.

TAFSIR :

Orang-orang lemah berkata kepada para pemimpin dalam kesesatan : Pengaturan kalian terhadap keburukan siang dan malam yang membuat kami terjerumus ke dalam kebinasaan. Kalian meminta kami agar kami kafir kepada Allah dan mengangkat sekutu-sekutu bagi-Nya dalam ibadah. Masing-masing kubu merintihkan penyesalan saat mereka melihat adzab disiapkan untuk mereka. Dan Kami menjadikan belenggu-belenggu di leher orang-orang kafir itu. Mereka tidak dihukum dengan hukuman ini kecuali disebabkan oleh kekufuran mereka kepada Allah dan perbuatan buruk mereka di dunia. Ayat ini memperingatkan dengan keras untuk tidak mengikuti para penyeru kepada kesesatan dan para imam kezhaliman.

SABA’ : 34-

وَمَا أَرْسَلْنَا فِي قَرْيَةٍ مِّن نَّذِيرٍ إِلَّا قَالَ مُتْرَفُوهَا إِنَّا بِمَا أُرْسِلْتُم بِهِ كَافِرُونَ

TERJEMAH :

Dan Kami tidak mengutus kepada suatu negeri seorang pemberi peri- ngatanpun, melainkan orang-orang yang hidup mewah di negeri itu ber- kata: “Sesungguhnya kami mengingkari apa yang kamu diutus untuk me- nyampaikannya”.

TAFSIR :

Dan Kami tidak mengutus di sebuah perkampungan seorang Rasul yang mengajak kepada Tauhid Allah dan mengesakan-Nya dalam ibadah, kecuali orang-orang dari penduduknya yang tenggelam dalam hawa nafsu dan syahwat berkata : Sesungguhnya kami (wahai para Rasul) mengingkari apa yang kalian bawa.

Asbabun Nuzul :

Ibnul Mundzir dan Ibnu Abu Hatim meriwayatkan dari jalan Sufyan dari Ashim dari Ibnu Abu Razin berkata : Ada dua orang yang berkongsi, salah satu dari keduanya pergi ke Syam sementara yang lain tetap tinggal, ketika Nabi صلی الله عليه وسلم   diutus dia menulis kepada kawannya apa yang dilakukannya?? Maka dia menulis jawaban, bahwa dia tidak diikuti oleh Quraisy kecuali orang-orang rendahan dan orang-orang miskin. Maka dia meninggalkan dagangnya lalu dia mendatangi sohibnya dan berkata : Tunjukkan aku kepadanya. Dia ini membaca sebagian kitab, maka dia datang kepada Nabi صلی الله عليه وسلم , dia bertanya : Kepada apa kamu mendakwahkan?? Nabi صلی الله عليه وسلم  bersabda : Kepada begini begini. Dia berkata : Aku bersaksi bahwa engkau adalah Rasulullah. Nabi صلی الله عليه وسلم  balik bertanya : Darimana kamu tahu?? Dia menjawab : Tidak akan diutus seorang Nabi kecuali dia diikuti oleh orang-orang rendahan dan orang-orang miskin. Maka turun ayat 43 ini. Maka Nabi صلی الله عليه وسلم  mengirimkan kepadanya : Allah telah menurunkan apa yang membenarkan perkataanmu.

SABA’ : 35-

وَقَالُوا نَحْنُ أَكْثَرُ أَمْوَالًا وَأَوْلَادًا وَمَا نَحْنُ بِمُعَذَّبِينَ

TERJEMAH :

Dan mereka berkata: “Kami lebih banyak mempunyai harta dan anak- anak (daripada kamu) dan kami sekali-kali tidak akan diazab[1242].

[1242] Maksudnya: Oleh karena orang-orang kafir itu mendapat ni’mat yang besar di dunia, maka mereka merasa bahwa mereka dikasihi Tuhan dan tidak akan diazab di akhirat.

TAFSIR :

Dan mereka berkata : Kami lebih banyak harta dan anak daripada kalian, dan Allah tidak akan memberikan nikmat-nikmat ini kepada kami kecuali karena dia ridha kepada kami, dan kami tidak akan disiksa di dunia dan di akhirat.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*