Tafsir Al-Muyasar Surat Saba’ 26-30

SABA’ : 26-

قُلْ يَجْمَعُ بَيْنَنَا رَبُّنَا ثُمَّ يَفْتَحُ بَيْنَنَا بِالْحَقِّ وَهُوَ الْفَتَّاحُ الْعَلِيمُ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dia-lah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui”.

TAFSIR :

Katakanlah : Rabb kami yang mengumpulkan antara kami dengan kalian di Hari Kiamat, kemudian menetapkan keputusan di antara kita dengan adil. Dia Maha Memberi keputusan yang menetapkan hukum di antara makhluk-Nya, Maha Mengetahui apa yang seharusnya diputuskan di antara mereka, mengetahui keadaan makhluk-Nya, tiada sesuatu pun yang samar bagi-Nya.

SABA’ : 27-

قُلْ أَرُونِي الَّذِينَ أَلْحَقْتُم بِهِ شُرَكَاء كَلَّا بَلْ هُوَ اللَّهُ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Perlihatkanlah kepadaku sembah-sembahan yang kamu hu- bungkan dengan Dia sebagai sekutu-sekutu-Nya, sekali-kali tidak mungkin! Sebenarnya Dia-lah Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijak- sana.

TAFSIR :

Katakanlah : Tunjukkanlah aku dengan hujjah dan dalil orang-orang yang kalian samakan dengan Allah, lalu kalian menjadikan mereka sekutu-sekutu bagi Allah dalam ibadah, adakah mereka menciptakan sesuatu?? Perkaranya tidak sebagaimana yang mereka kira, karena hanya Allah-lah yang disembah dengan haq, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dia Mahaperkasa dalam membalas orang-orang yang mempersekutukan-Nya, Mahabijaksana dalam firman-firman-Nya, perbuatan-perbuatan-Nya dan pengaturan-Nya terhadap urusan makhluk-Nya.

SABA’ : 28-

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا كَافَّةً لِّلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

TERJEMAH :

Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruh- nya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui.

TAFSIR :

Dan Kami tidak mengutusmu (wahai Rasul) kecuali kepada manusia seluruhnya, sebagai pemberi kabar gembira pahala dari Allah, dan sebagai penyampai peringatan terhadap hukuman-Nya. Akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui kebenaran, sehingga mereka berpaling darinya.

SABA’ : 29-

وَيَقُولُونَ مَتَى هَذَا الْوَعْدُ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ

TERJEMAH :

Dan mereka berkata: “Kapankah (datangnya) janji ini, jika kamu ada- lah orang-orang yang benar?”.

TAFSIR :

Orang-orang musyrikin itu berkata memperolok-olok : Kapan janji yang kalian ancamkan kepada kami bahwa Allah akan mengumpulkan kami pada-Nya, kemudian Dia menetapkan keputusan-Nya di antara kita, bila kalian adalah orang-orang yang benar dalam apa yang kalian ancamkan kepada kami??

SABA’ : 30-

قُل لَّكُم مِّيعَادُ يَوْمٍ لَّا تَسْتَأْخِرُونَ عَنْهُ سَاعَةً وَلَا تَسْتَقْدِمُونَ

TERJEMAH :

Katakanlah: “Bagimu ada hari yang telah dijanjikan (hari kiamat) yang tiada dapat kamu minta mundur daripadanya barang sesaatpun dan tidak (pula) kamu dapat meminta supaya diajukan “.

TAFSIR :

Katakanlah kepada mereka wahai Rasul “ Kalian memilikil waktu yang telah ditetapkan dan ia pasti akan mendatangi kalian tidak bisa tidak, waktu itu adalah Hari Kiamat. Kalian tidak akan bisa menunda sesaat pun untuk bertaubat, kalian juga tidak bisa memajukannya sesaat pun sebelumnya untuk adzab. Hati-hatilah kepada hari itu, dan persiapkanlah dirimu untuk menghadapinya.

bagikan ini

Leave a Reply

You are not allowed to enter any URLs in the comment area.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*